Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Strategi Amankan Uang untuk Beli Hewan Kurban Tiap Tahun

by Tisyrin N. T on 7 September, 2016

Idul Adha tiba, bagi kamu umat muslim pasti akan merasa tenang dan bahagia apabila dapat berkurban.

Namun, bagi kamu yang gagal untuk berkurban, tentunya sedih bukan? Apalagi jika hal ini terjadi bukan untuk pertama kalinya. Dari tahun ke tahun, selalu menyesal karena gagal membeli hewan kurban. Padahal, gadget terbaru atau barang mahal lain gampang dibeli.

Bila demikian ada yang salah dari cara mengatur uang. Agar tahun depan bisa ikut berkurban, berikut ini sejumlah strategi yang dapat dipakai untuk mengamankan uang.

Niat berkurban

Sebelum bicara panjang lebar soal strategi mengamankan uang, cobalah tanamkan dalam-dalam niat untuk berkurban. Kalau kamu sudah memantapkan niatmu, niscaya langkahmu akan lebih mudah. Jika kamu belum memiliki niat, sudah pasti tahun depan kamu akan gagal lagi.

Kamu akan lebih mudah menghabiskan uang untuk nongkrong cantik bersama teman-teman atau shopping sesuka hati. Kamu seakan-akan lupa bahwa ada hal yang lebih penting yaitu mengumpulkan uang untuk berkurban.

(Baca juga: Anti Rugi, Penuhi Syarat Ini Saat Beli Hewan Kurban

Tabungan khusus kurban

Ini cara yang mainstream agar bisa sukses berkurban tahun depan. Walaupun kamu sudah tahu dan paham betul apa itu menabung, tetapi belum tentu kamu berhasil dalam melaksanakannya bukan? Menabung memang tak segampang yang dibayangkan. Karena itu, jika sudah menanamkan niat, coba atur strategi menabungmu yagar rencanamu untuk berkurban tahun depan berjalan lancar.

Caranya, coba lakukan survei berapa harga rata-rata kambing atau sapi tahun ini. Jika kamu sudah punya angkanya, buatlah estimasi harga hewan kurban tahun depan. Rata-rata kenaikan harga hewan kurban adalah 10% per tahun.  Jika sudah ketemu, cobalah bagi menjadi 10-11 bulan. Hasil dari perhitungan tersebut adalah jumlah uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya.

Kamu harus disiplin menyisihkan uangmu setiap bulan sesuai jumlah tersebut, sehingga saat mendekati Idul Adha tahun depan, danamu sudah siap. Namun, menabung dengan cara konvensional yakni menyetor uang pada sebuah rekening biasanya rentan gagal.

Kamu bisa tergoda untuk mengambil tabunganmu sebelum waktunya dan menggunakannya untuk keperluan lain. Tenang saja, ada cara lain yang ampuh untuk menabung agar kamu bisa membeli hewan kurban yaitu dengan membuka tabungan khusus kurban.

Beberapa bank telah menyediakan tabungan khusus kurban. Dengan tabungan semacam ini, uangmu akan terpotong setiap bulan secara otomatis (autodebet). Jadi, kamu akan lebih disiplin dalam menabung. Dan saat waktunya tiba, tak terasa uangmu sudah terkumpul sehingga kamu bisa berkurban.

(Baca juga: Mengapa Bisnis Sampingan yang Kamu Bangun Sulit ‘Naik Kelas’?)

Beli emas

Ketika kamu sudah mengumpulkan uang untuk berkurban tahun ini dan ternyata jumlahnya belum mencukupi,  kamu pun gagal berkurban. Nah, daripada uang tersebut menganggur di rekening tabunganmu, cobalah pergunakan untuk membeli emas. Tahun depan, kamu tinggal mencairkan emasmu dan siap membeli hewan kurban.

Dengan membeli emas, uangmu akan terparkir dengan aman. Selain itu, harga emas relatif stabil bahkan kamu juga berpeluang mendapatkan keuntungan. satu hal lagi, investasi lewat emas tergolong likuid atau mudah untuk dicairkan.

(Baca juga: Cara Bedakan Tas Bermerek Asli dan KW)

Jika kamu belum punya dana sama sekali untuk berkurban, kamu bisa membeli emas setiap bulan dari gajimu dan mengumpulkannya hingga Idul Adha tahun depan. Pasang target berapa kali kamu harus membeli emas selama setahun ke depan dan berapa alokasi dana yang harus kamu keluarkan dalam setiap pembelian emas tersebut. Sebaiknya, kamu punya catatan tentang pembelian emasmu agar lebih mudah mengontrol rencanamu untuk berkurban.

Beli reksa dana

Selain emas, jenis investasi lain yang tepat untuk membantumu mengamankan uang untuk berkurban tahun depan adalah reksa dana. Ada dua reksa dana yang bisa jadi pilihan yakni reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap. Keduanya merupakan jenis investasi yang memiliki risiko rendah dan sedang. Seperti halnya emas, keduanya juga mudah dicairkan.

Dalam ilmu perencanaan keuangan, reksa dana pasar uang dinilai cocok untuk membantu mencapai tujuan jangka pendek atau kurang dari setahun. Sedangkan reksa dana pendapatan tetap dinilai cocok untuk membantu mencapai tujuan dalam 1-3 tahun ke depan. Tujuan kamu adalah berkurban tahun depan bukan? Karena itu coba pertimbangkan untuk berinvestasi lewat reksa dana.

Cara ini juga berpotensi menoreh keuntungan. Dengan adanya keuntungan tersebut, kamu punya cadangan uang untuk mengantisipasi perubahan harga hewan kurban tahun depan.  Jadi, mulai sekarang sisihkan uangmu setiap bulan untuk membeli reksa dana.

Beli hewan kurban dengan cara pelihara

Niat berkuban dengan cara membeli hewan kurban yang masih kecil tentu harganya jauh lebih murah. Memang harus pelihara. Tapi bila tidak mau repot, kita hanya perlu mencari tempat peternakan dan peternak yang bisa dibayar untuk merawatnya. Barulah saat Idul Adha tahun depan tiba, usia hewan sudah cukup untuk menjadi hewan kurban.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami