Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Meski Tidak Umum, 4 Cara Ini Bisa Wujudkan Impian Kamu Berlibur ke Luar Negeri

by Surtan Siahaan on 6 April, 2016

Bagi orang yang punya keinginan berlibur ke luar negeri, masalah finansial biasanya jadi kendala. Maklum melawat ke negeri orang memang tidak murah. Selain biaya tiket pesawat, biaya penginapan, makan dan transportasi saat berlibur sangat bisa menguras kocek.

Tapi, dengan sedikit trik, sebenarnya berlibur ke luar negeri bisa lebih terjangkau. Caranya, persiapkan strategi keuangan sebelum kamu berangkat. Mau tahu lebih jelasnya? Berikut ini 4 strategi yang bisa wujudkan mimpi kamu berlibur ke luar negeri:

Nabung dolar

Orang bilang, jika ingin bisa berlibur ke luar negeri kamu harus menabung. Meski tidak salah, nasihat ini tidak sepenuhnya tepat. Banyak kejadian ketika orang sudah menabung sekian lama untuk menyiapkan dana liburan ke luar negeri, terjadi fluktuasi nilai tukar.

Akibatnya, uang yang sudah kita persiapkan malah tidak cukup. Untuk menyiasati hal ini, trik menabung harus tetap dilanjutkan. Namun, cobalah untuk menukar mata uang yang kamu simpan itu dengan dolar Amerika Serikat. (Baca juga: Liburan ke Luar Negeri Tidak Harus Mahal? Ini Strateginya)

Saat ini sudah banyak bank di dalam negeri yang membuka layanan simpanan dolar. Dengan menabung dolar kamu punya dua keuntungan. Pertama, nilai tabungan kamu lebih stabil dan kedua, kamu bisa memperoleh keuntungan dari menguatnya dolar terhadap nilai tukar mata uang negara tujuan liburanmu.

Contohnya saat ini di mana dolar cenderung menguat 15% hingga 55% dibandingkan kebanyakan mata uang lain. Jika kamu memiliki tabungan dolar, lima negara seperti Afrika Selatan, Rusia, Brazil, Jepang dan negara-negara Eropa cenderung murah dalam lima tahun terakhir.

Open trip

Trik liburan ke luar negeri selanjutnya adalah mengikuti layanan open trip. Buat yang penasaran, coba saja riset kecil kecilan di internet. Banyak kok yang mengadakan program open trip. Salah satunya open trip yang sering diadakan penulis buku traveling, Claudia Kaunang.

Liburan kamu bisa jauh lebih murah karena penyelenggara open trip biasanya orang yang sudah kenal daerah yang akan dituju. Kamu pun tidak perlu ribet memilih tempat menginap, transportasi hingga tempat makan. Semuanya sudah disediakan dengan membayar biaya tertentu.

Widget TRV Insurance

Kunjungi negara bebas visa

Salah satu penyebab bengkaknya biaya liburan ke luar negeri adalah biaya Visa. Tidak percaya, coba saja tengok biaya untuk mendapatkan visa turis ke Amerika Serikat. Harganya bisa mencapai Rp 2,1 juta. Nilainya lumayan bukan untuk menambah bujet oleh oleh?

Sebenarnya banyak kok negara di luar negeri yang membebaskan visa turis untuk warga Indonesia contohnya Jepang, Macau, Hongkong atau Peru. Agar biaya perjalanan liburan kamu lebih murah lagi, pastikan membeli tiket pada maskapai penerbangan murah dan memesan hotel jauh-jauh hari. (Baca juga: Kenapa Sebuah Supermarket Bisa Membuatmu Habiskan Lebih Banyak Uang?)

Ikut program komunitas luar negeri

Jika dana kamu belum cukup namun sudah ngebet ingin berlibur ke luar negeri, kenapa tidak coba program yangs atu ini. Namanya Worl Wide Opportunities on Organic Farm atau disingkat WWOOF. Ini merupakan komunitas yang membuka kesempatan bagi volunter untuk menjadi petani atau peternak di negara tujuan.

Keuntungannya, kamu bisa mengenal alam dan budaya di negeri tujuan. Asyiknya lagi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk penginapan. Komunitas ini ada di beberapa negara seperti Australia, Selandia Baru, Eropa dan Amerika Selatan.

Tentang Penulis