Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Modal Sampah, Kamu Bisa Dapatkan 5 Keuntungan Finansial Ini

by Surtan Siahaan on 26 Februari, 2016

bisnis daur ulang _ pinjaman usaha - CekAja.com

Jika mendengar kata sampah, yang terlintas di benak banyak orang adalah masalah. Sampah menyebabkan polusi, kerusakan lingkungan bahkan bencana seperti banjir. Padahal, jika dikelola dengan benar, sampah masih punya nilai lho.

Ada banyak kisah sukses orang yang kaya dengan mengolah sampah. Bahkan, jika kamu bukan orang yang kreatif atau tidak punya waktu sekalipun untuk mengolahnya, sampah tetap berharga. Kamu bisa belanja bahan kebutuhan pokok, nonton konser, berobat hingga mendapatkan uang dari sampah. Tidak percaya? Makanya, simak artikel ini sampai tuntas.

1. Diskon belanja

Mau menghemat uang belanja tapi kebutuhan sedang banyak-banyaknya. Kalau kamu punya banyak sampah di rumah, sepertinya misi belanja hemat bulan ini bisa tercapai. Sebab, di HL Ecomart di Jalan Tubagus Ismail XIV, sampah bisa ditukarkan dengan voucher belanja.

Seperti dikutip dari Detik, minimarket yang dikelola oleh LSM Hijau Lestari ini menerima pembayaran dengan sampah. Teknisnya, sampah yang dibawa pengunjung akan dikonversi menjadi voucher belanja.

Untuk 1 kilogram sampah bisa ditukar dengan voucher belanja seharga Rp 2.000. Jika kamu punya 20 kilogram sampah, artinya kamu bisa memperoleh potongan belanja hingga Rp 40 ribu. Lumayan bukan?

2. Nonton konser musik

Sampah bahkan bisa jadi tiket nonton konser musik. Beberapa kali, Musisi senior Iwan Fals mengadakan konser dengan tiket masuk berupa sampah kertas. Untuk tiap 20 kilogram sampah akan dibanderol dengan potongan seharga Rp 25 ribu.

Sementara tiket masuknya sendiri berharga Rp 50 ribu. Memang agak ribet sih, tapi buat kamu yang ingin nonton gratis rame-rame, sepertinya bakal jadi momen yang seru banget.

(Baca juga: Ini Bisnis Sampingan yang Bisa Berikan Banyak Uang di Tahun 2016)

3. Wisata air gratis

Di Desa Sumampir, Kecamatan Rembang, Purbalingga anak-anak bisa bermain air gratis di Wahana Ruang Rindu, sebuah wisata permainan air dan kolam renang. Syaratnya cukup mudah yakni membawa dan menukarkan 30 gelas platik atau 10 botol air mineral dengan tiket masuk. Wahana permainan air ini dikelola oleh pegiat Bank Sampah Resik Mandiri.

4. Berobat

Biaya kesehatan identik dengan harga yang mahal. Tapi tidak di klinik yang satu ini. Sebab, orang bisa berobat dan berkonsultasi gratis dengan dokter hanya dengan membawa sampah.

Klinik unik ini dikelola oleh dr Gamal Albinsaid di Kota Malang, Jawa Timur. Saat ini, Gamal sudah memiliki 5 unit klinik kesehatan yang diberi nama Klinik Asuransi Sampah. Tidak cuma konsultasi kesehatan, klinik ini menyediakan obat dan layanan cek kesehatan dengan bayaran sampah.

(Baca juga: Daftar Harga Mobil 2016 Termurah dan Terbaru di Indonesia yang Bisa Kamu Beli)

5. Tukar sampah dengan uang

Di pengepul barang bekas, sampah bisa langsung ditukarkan dengan uang tunai. Nah, daripada sampah kertas, plastik hingga besi teronggok di gudang rumah kamu, lebih baik bawa pada pengepul barang bekas.

Selain bikin rumah bersih dan sehat, kamu bisa dapat uang tunai. Begitu juga jika kamu punya banyak ponsel yang sudah rusak. Sebuah e commerce produk ponsel bernama smart jual membanderol tiap ponsel bekasmu seharga Rp 10 ribu.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami