Nama Tarian dari Daerah Bali Paling Populer, Lengkap Dengan Sejarah

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Indonesia, terkenal melalui salah satu pulau yang mendunia, yakni Bali. Selain keindahan pulaunya, beberapa nama tarian dari daerah Bali, juga sangat menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tarian Bali Masih Eksis Sebagai Daya Tarik Wisatawan

Bagaimana tidak, nama tarian daerah Bali ini, sudah menjadi salah satu jenis kebudayaan, yang masih dilestarikan karena masih eksis.

Tidak hanya satu, tapi ada banyak nama tarian dari daerah Bali, yang memang sering disediakan masyarakat Bali, untuk menjadi daya tarik wisatawan.

Sudah menjadi kebiasaan yang mengakar, pada setiap masyarakatnya, terkadang beberapa dari nama tarian dari daerah Bali ini, memang sengaja digelar untuk acara-acara adat tertentu.

Nah, acara-acara adat ini lah, yang bisa sekaligus menjadi sebuah pertunjukkan bagi para wisatawan.

Pasalnya, deretan nama tarian dari daerah Bali, yang sering dibawakan dalam acara-acara adat, merupakan budaya warisan dari leluhur.

(Baca Juga: 7 Kesenian Tradisional Khas Bali yang Belum Banyak Orang Tahu)

Sehingga, sampai saat ini, masih dilestarikan, khususnya bagi warga Bali. Bahkan, di dunia pendidikan pun, deretan nama tarian dari daerah Bali ini, terus dipelajari di sekolah.

Lantas kira-kira apa saja sih daftar nama tarian dari daerah Bali, yan paling terkenal dan masih eksis hingga saat ini?

Yuk, langsung saja simak nama tarian dari daerah Bali sat per satu, beserta sejarah dan contoh gambar tariannya, berikut ini:

Nama Tarian dari Daerah Bali

1. Tari Barong

Nama tarian dari daerah Bali yang pertama adalah Tari Barong. Barong sendiri, merupakan sebuah tokoh “bahruang” atau beruang yang dibuat menyerupai bertopeng seram, yang terkenal asal Bali.

Sehingga, sudah dipastikan, bahwa tarian ini wajib dibawakan menggunakan topeng barong, yang menyeramkan, dilengkapi dengan ornamen-ornamen bali.

Bukan hanya menampilkan sosok berupa beruang menyeramkan, barong juga bisa berupa barong gajah, barong asu, macan, blasblasan, dan lainnya.

Tarian Baron sendiri biasa dimainkan dua orang laki-laki, di mana yang satu berada di depan untuk memegang topeng, sementara yang belakang bertugas memegang ekor tubuhnya.

Selain itu, tarian ini juga memiliki arti, yakni mencerminkan sifat baik yang diperankan oleh barong, dan sosok rangda yang memerankan tokoh jahat.

Bahkan, saking populernya barong di Bali, topeng barong pun dijual belikan sebagai cenderamata.

2. Tari Pendet

Nama tarian dari daerah Bali yang kedua adalah Tari Pendet. Dibawakan oleh penari wanita, tarian ini biasa dibawakan di tempat peribadatan umat Hindu, sebagai bentuk tarian pemujaan.

Jika diartikan, Tari Pendet sendiri artinya adalah tarian yang digelar, sebagai bentuk penyambutan dari kedatangan Dewa dari langit.

Penari-penari wanita ini, juga menggunakan pakaian khas Bali, untuk membawakan Tarian Pendet ini.

Ciri khas lainnya dari Tari Pendet ini adalah, para penari wanitanya, memasang wajah tegas, dengan mata yang membesar atau melotot.

Tidak hanya digelar ketika ada acara penyambutan Dewa dari langit. Kini Tari Pendet juga digunakan untuk penyambutan para tamu atau wisatawan, yang berkunjung ke Bali.

3. Tari Legong

Tak kalah populer nama tarian dari daerah Bali yang satu ini bernama Tari Legong. Sebenarnya, penyebutan dari nama tarian ini adalah “Le” dan “gong”.

Adapun “Le” memiliki arti luwes, dan “gong” yang memiliki arti gamelan khas Bali. Sejarah awalnya, tarian ini hanya ditampilkan di lingkungan keraton saja.

Namun, seiring berjalannya waktu, Tari Legong juga ditampilkan, dalam berbagai kegiatan dan acara-acara adat maupun acara wisata, yang ada di Bali.

Tarian ini dibawakan oleh penari wanita, yang memiliki tubuh gemulai dan elok, sambil membawa kipas. Ditambah alunan gamelan yang merdu, membuat tarian ini begitu memesona.

Tari Legong sendiri juga memiliki beberapa jenis, diantaranya Legong Jobog, Legong Legod Bawa, Legong Keraton, dan Legong Kuntul.

4. Tari Kecak

Selanjutnya ada Tari Kecak, yang menjadi salah satu nama tarian dari daerah Bali, yang dikenal dengan jumlah penari laki-laki, mencapai puluhan.

Buat kamu yang sudah pernah ke Bali, mungkin sudah tidak asing lagi dengan tarian yang satu ini.

Pasalnya, berbeda dengan tarian pada umumnya, tarian ini dilakukan penari dengan cara duduk melingkar, dan menyerukan kata “cak,cak,cak” secara bersamaan.

Dengan kekompakan dan bisa memberikan suasana ramai dan semangat, membuat penonton pun dibuat terkesima.

Nah, jika dilihat dari sejarahnya, Tari Kecak ini merupakan tarian, yang memiliki kandungan makna.

Adapun cerita dari Tari Kecak ini adalah tentang Ramayana, yang bertempur dengan Rahwana dibantu oleh pasukan kera.

Bahkan, tak sedikit dari wisatawan lokal maupun asing, yang datang ke Bali hanya karena penasaran dengan tarian ini.

5. Tari Cendrawasih Bali

Nama tarian dari daerah Bali bernama Tari Cendrawasih Bali ini, diciptakan oleh I Gde Manik, yang pertama kali ditampilkan di sub distrik atau kecamatan Sawah di Kabupaten Buleleng, pada 1920-an.

Meski sudah diciptakan lama, namun tarian ini masih tetap eksis, meski beberapa gerakan telah diaransemenkan pada penampilan pertamanya di 1988.

Aransemen tersebut diolah oleh koreografi N. L. B. Swasthi Wijaya Bandem. Untuk arti dibalik tarian ini adalah memperlihatkan bagaimana keindahan burung Cendrawasih.

Di Bali burung Cendrawasih dikenal sebagai Manuk Dewata. Tarian Cendrawasih sendiri dipentaskan oleh dua orang wanita, yang diibaratkan sebagai sepasang ekor Cendrawasih.

Gerakan tariannya, menggambarkan sepasang burung yang sedang memadu kasih, Bergerak meliuk-liuk, seperti sedang menari dan menyanyi, menjelang perkawinan.

Nah, itu dia beberapa deret nama tarian dari daerah Bali, yang paling terkenal dan populer, di telinga masyarakat Indonesia, maupun warga asing.

Kita patut bangga, atas kelestarian tarian Bali, yang masih eksis hingga saat ini, untuk memperkuat daya tarik wisatawan.

Yuk, Persiapkan Liburan ke Bali & Booking Hotel Pakai Kartu Kredit Biar Praktis!

Nah, buat kamu yang penasaran dengan tarian-tarian Bali tersebut, kamu bisa menontonnya di Youtube. Tapi, jika ingin melihat mendengar, dan merasakan tarian indah tersebut, kamu juga bisa sekaligus liburan ke Bali loh.

(Baca Juga: Yuk Intip 8 Restoran Romantis Untuk Dinner Di Bali)

Sambil menunggu Covid-19 mereda, kamu bisa cek tiket pesawat beserta hotel, untuk persiapan liburan pasca Corona.

Untuk masalah pembayaran booking tiket pesawat dan hotel, kamu bisa menggunakan kartu kredit loh.

Dengan kartu kredit, kamu bisa dengan mudah melakukan transaksi. Belum lagi, kamu bisa berkesempatan mendapatkan promo menarik.

Mulai dari cashback, diskon, hingga cicilan nol persen. Sangat mudah, praktis, dan menguntungkan bukan? Bagaimana buat yang belum punya kartu kredit?

Tak perlu khawatir! Karena kamu bisa dengan mudah mengajukan kartu kredit terbaik, pilihanmu melalui CekAja,com!

Tidak hanya ada satu pilihan bank, CekAja.com justru menyediakan banyak pilihan produk kartu kredit, dari berbagai bank ternama Indonesia.

Nah, kapan lagi mengajukan kartu kredit di CekAja.com bisa semudah ini?

Yuk, agar proses booking hotel dan pesawat berjalan lancar, dan biaya lebih hemat, segera miliki kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!