Obat Alami Rematik Paling Sederhana, Mulai dari Minyak Ikan hingga Yoga

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Keluhan nyeri sendi di bagian kaki dan tangan, atau biasa disebut dengan rematik, memang seringkali dialami oleh para lansia. Untuk meredakan nyeri tersebut, tidak sedikit dari mereka yang diberikan obat anti peradangan oleh dokter. Namun, ternyata kamu juga bisa loh, melakukan dan mengonsumsi obat alami rematik, yang sederhana tanpa biaya mahal tentunya.

Obat Alami Rematik Paling Sederhana, Mulai dari Minyak Ikan hingga Yoga

Apa Itu Penyakit Rematik?

Penyakit rematik atau biasa disebut Rheumatoid Arthritis (RA), merupakan penyakit peradangan atau pembengkakan yang terjadi di persendian dan otot, sehingga menimbulkan gejala nyeri sendi di bagian tubuh mana pun, kaku di pergelangan kaki hingga tangan.

Pembengkakan ini terjadi ketika kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan-jaringan sendi. Nah, sendi-sendi yang terserang ini akan mengalami peradangan, dengan munculnya tanda-tanda sebagai berikut:

  • Kaku di sendi dan pergelangan kaki dan tangan, terutama pada pagi hari, atau jika bagian tersebut sudah lama tidak digerakkan
  • Sendi terlihat menjadi membengkak, akibat cairan yang menumpuk
  • Bagian sendi atau pergelangan yang bengkak, akan memerah dan terasa panas
  • Bagian sendi atau pergelangan juga akan terasa sakit, akibat peradangan yang aktif

Apa Bahayanya Jika Dibiarkan?

Reumatik atau peradangan tersebut bisa berkembang jika tidak diobati. Selain itu, ia juga akan menyebabkan penurunan fungsi sendi, perubahan bentuk sendi, hingga kerusakan total secara permanen.

Jika kondisinya sudah parah, rematik juga tidak hanya menimbulkan gejala yang dirasakan pada sendi atau pergelangan. Rematik juga akan menyebabkan gejala-gejala lainnya, seperti sakit kepala, nyeri otot, hingga berkurangnya nafsu makan.

Rematik Bisa Menyerang Usia Muda?

Tentu bisa, nyatanya rematik tidak hanya menyerang dewasa muda dan lansia saja. Rematik juga bisa menyerang usia muda, yang bisa dipengaruhi oleh pola diet dan gaya hidup tidak sehat.

Namun, dilansir dari Liputan6.com, rematik yang menyerang usia muda, didukung juga dengan gen dan hormon. Dibandingkan pria, faktor hormon yang dikaitkan dengan rematik, lebih sering menyerang wanita. Hal itu terjadi, ketika kadar hormon estrogen dan progesteron bereproduksi.

Sehingga, rematik yang sering melanda kaum wanita usia muda ini, lebih mudah terjadi selama dan pasca menstruasi. Ayo, siapa di antara kamu yang sering mengeluh nyeri sendi hingga pegal-pegal ketika menstruasi?

Penyakit Rematik Sulit Sembuh Total

Tidak hanya itu, umumnya penyakit rematik juga disebut tidak bisa disembuhkan secara total, namun dengan pengobatan yang tepat, akan membantu penderita untuk tetap bisa hidup produktif. Namun, mengonsumsi obat dokter secara terus menerus, mungkin akan menimbulkan efek lain yang berbahaya bagi tubuh, seperti sakit ginjal.

Selain menjadi ketergantungan, obat rematik juga tergolong mahal dan memiliki banyak jenis, yang harus dikonsumsi sekaligus. Sehingga, kamu perlu mengetahui rekomendasi obat alami rematik, yang paling sederhana, dan mudah ditemukan berikut ini.

(Baca Juga: Cara Cek Kadar Asam Urat Beserta Gejala, Penyebab dan Obatnya)

Obat Alami Rematik Paling Sederhana

Berikut beberapa rekomendasi obat alami rematik, yang bisa kamu gunakan untuk meredakan gejala yang biasa timbul.

1. Mengonsumsi Minyak Ikan

Obat alami rematik yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi minyak ikan. Pasalnya, beberapa peneliti mengungkapkan bahwa minyak ikan bisa membantu mengurangi rasa sakit serta meredakan kaku pada sendi akibat rematik.

Selain itu, kandungan asam lemak dan omega-3 yang ada pada minyak ikan, bisa membantu memerangi peradangan dengan cara menghalangi reseptor peradangan. Kamu bisa mengonsumsi minyak ikan dari ikan salmon, cod, mackerel, tuna, dan herring.

Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, terkait jumlah minyak ikan yang bisa dikonsumsi. Karena, beberapa orang mungkin tidak suka hingga mengeluh mual dengan minyak ikan, karena bau amis.

2. Minum Ramuan Obat Alami dari Kunyit

Kunyit menjadi obat alami rematik berikutnya, karena bisa meringankan peradangan, karena bersifat anti-inflamasi. Kunyit juga menjadi ramuan alami, karena bahan aktifnya telah digunakan dalam pengobatan sejak zaman dulu.

Rempah yang biasa digunakan untuk memasak ini, disebut bisa bekerja dengan baik dalam memerangi penyakit nyeri sendi akibat rematik. Kamu bisa mengonsumsi obat alami dari kunyit ini, dengan cara mengolahnya menjadi minuman.

Agar rasanya lebih nikmat, kamu bisa menambahkan bahan-bahan lainnya, seperti lemon, madu, jahe, gula merah, dan lain-lain.

3. Minum Ramuan Obat Alami dari Ekstrak Teh Hijau

Menjadi minuman tradisional yang sangat terkenal di Jepang, ramuan obat alami rematik dari ekstrak teh hijau, juga bisa membantu meredakan peradangan pada tubuh. Ekstrak teh hijau ini juga sudah sering dijadikan untuk obat radang sendi akibat rematik, yang diolah dalam bentuk minuman, tablet, maupun tincture.

Untuk kamu yang suka dengan rasa teh hijau, cocok sekali jika ekstrak teh hijau diolah menjadi minuman. Terlebih, kini juga sudah banyak berbagai jenis minuman yang memiliki kandungan teh hijau.

4. Minum Ramuan Obat Alami dari Kayu Manis

Rempah yang mudah ditemukan di Indonesia, yakni kayu manis ini juga bisa digunakan sebagai obat alami rematik. Sama seperti kunyit, kayu manis juga memiliki khasiat melawan peradangan, jika digunakan dalam dosis yang tepat.

Kulit kayu manis, biasa diolah menjadi bubuk dan dicampurkan ke makanan. Kayu manis juga bisa diolah menjadi minuman menyehatkan, seperti dicampur ke teh.

Gunakan kayu manis dengan jumlah yang tepat, karena penggunaan yang berlebihan justru akan membuat darah menjadi menggumpal, hingga mengganggu kerja obat pengencer darah. Jadi lebih baik konsultasikan penggunaan kayu manis ke dokter.

5. Mengonsumsi Bawang Putih

Biasa digunakan sebagai bumbu masak paling penting, bawang putih juga bisa dijadikan sebagai obat alami rematik. Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan di Food and Chemical Toxicology mencatat bahwa bawang putih memiliki efek anti radang yang cukup baik.

Hal tersebut dikarenakan, bawang putih bisa menghambat produksi sitokin, yaitu zat yang berperan dalam peradangan. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih mentah, atau juga bisa dicampur dengan bahan lain agar rasanya lebih enak.

(Baca Juga: Rekomendasi Jamu Menyehatkan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh)

6. Melakukan Yoga

Tidak hanya dengan cara mengonsumsi obat alami rematik, kamu juga bisa melakukan yoga, sebagai cara sederhana untuk meredakan nyeri sendi akibat rematik. Yoga merupakan sebuah latihan pernapasan dan gerakan, yang tidak begitu keras.

Kamu bisa mengolah pernapasan dan meditasi, yang juga baik untuk tubuh dan pikiran. Gerakan sederhana namun sangat berpengaruh ini, bisa meredakan nyeri persendian, meningkatkan fleksibilitas tubuh, hingga menghilangkan stres dan ketegangan.

7. Rutin Olahraga atau Bergerak

Seperti yang diketahui bahwa rematik seringkali menimbulkan rasa sakit, ketika kamu baru bangun tidur. Hal itu dikarenakan, tubuhmu sudah lama tidak digerakan, sehingga rutin olahraga dan bergerak bisa menjadi cara sederhana, serta sebagai obat alami rematik paling mudah.

Melakukan olahraga secara rutin, bisa membuat tubuhmu melawan rasa kelelahan, memperkuat otot. hingga meningkatkan jangkauan gerak sendi. Tidak perlu olahraga yang keras dan lama, kamu cukup melakukan gerakan seperti jogging, berenang, hingga aerobik.

8. Rutin Mengompres dengan Es dan Mandi Air Hangat

Obat alami rematik yang paling sederhana berikutnya adalah dengan cara rutin mengompres bagian sendi, menggunakan es. Setelah itu, kamu juga bisa menggunakan air hangat ketika mandi.

Seperti yang diketahui, es dapat meringankan pembengkakan hingga menghilangkan rasa sakit, serta bisa merelaksasi kejang otot. Mandi dengan air hangat juga bisa membantu mengendurkan otot tegang, mengurangi rasa sakit, dan kaku pada sendi.

Nah itu dia beberapa rekomendasi obat alami rematik, serta cara sederhana memerangi rematik. Sangat mudah dan sederhana bukan? Selain melakukan rekomendasi di ata, penting juga bagi kamu untuk memiliki asuransi kesehatan.

Pasalnya, rematik merupakan salah satu penyakit yang datangnya tiba-tiba. Risiko penyakit ini, tentunya bisa mengancam kesehatan kamu.

Maka dari itu, lindungi diri dengan memiliki asuransi kesehatan. Yuk, ajukan asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhanmu, hanya di CekAja.com!