Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

10 Obat Herbal Untuk Kolesterol Dijamin Alami dan Efektif

by Vera Khairifah on 25 Februari, 2020

Memiliki tingkat kolesterol yang tinggi bisa diderita oleh setiap orang, termasuk kalangan muda. Alih-alih mengkonsumsi obat dari dokter atau obat generik yang tersedia di apotik, obat herbal untuk kolesterol bisa menjadi pilihanmu.

10 Obat Herbal Untuk Kolesterol Dijamin Alami dan Efektif

Obat herbal untuk kolesterol disarankan untuk rutin dikonsumsi karena bisa perlahan menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kandungan alami dijamin tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kondisi tubuh.

Berikut ada 10 obat herbal untuk kolesterol yang bisa kamu coba.

1. Ramuan Jus Buah-buahan

Ramuan Jus Buah-buahan - 10 Obat Herbal Untuk Kolesterol Dijamin Alami dan Efektif

Buah-buahan memang memiliki kandungan baik untuk kesehatan. Jus dari aneka buah yang membantu menurunkan kolesterol bisa kamu konsumsi setiap hari.

Rasanya yang enak dan menyegarkan membuatmu seolah tak merasa sedang minum obat herbal untuk kolesterol.

Campurlah buah jeruk nipis, anggur, jambu biji, kulit manggis kemudian blender jan minum jusnya. Buah-buah ini mengandung berbagai jenis antioksidan yang tinggi. Jeruk nipis mengandung antioksidan flavonoid, anggur mengandung piceatannol dan resveratrol.

Kemudian jambu biji dengan vitamin A, C, B3, B6, kalium dan banyak lainnya. Sedangkan kulit manggis mengandung xanthone sebagai pelawan sumber penyakit dan vitamin C dan C.

2. Adonan Aneka Biji-bijian

Adonan Aneka Biji-bijian - 10 Obat Herbal Untuk Kolesterol Dijamin Alami dan Efektif

Biji-bijian juga bisa kamu jadikan sebagai obat herbal untuk kolesterol. Misalnya saja bekatul atau sisa padi yang sudah digiling halus, oatmeal, kacang kedelai, gandum, granola, dan masih banyak lagi lainnya.

Aneka biji-bijian mengandung protein, magnesium, zat besi, fosfor, mangan, selenium, vitamin B, seng, dan tembaga. Selain mampu menurunkan kolesterol, makanan ini juga mengenyangkan. Bisa banget kamu jadikan sebagai pengganti nasi.

Cara mengkonsumsinya yakni dengan menghaluskan aneka biji-bijian yang kamu pilih, lalu kukus selama 30 menit. Bubuk biji-bijian juga bisa kamu seduh dengan air panas untuk dijadikan bubur.

3. Air Daun Binahong

Air Daun Binahong - 10 Obat Herbal Untuk Kolesterol Dijamin Alami dan Efektif

Daun binahong sudah dikenal sejak lama sebagai obat herbal untuk kolesterol. Ini adalah daun yang tumbuh di dataran rendah dan tinggi ini biasanya ditanam sebagai obat maupun tanaman hias.

Untuk mengambil manfaatnya, kamu bisa mencuci bersih daun binahong kemudian merebusnya dengan 3 gelas air hingga hanya tersisa 2 gelas saja. kemudian sari air daun binahong ini bisa kamu minum setiap hari.

4. Jamu Kunyit

Jamu Kunyit - 10 Obat Herbal Untuk Kolesterol Dijamin Alami dan Efektif

Jamu gendong yang biasanya menawarkan menu jamu kunyit juga bisa menjadi obat herbal untuk kolesterol. Kunyit mengandung kurkumin yang bermanfaat menguras asam empedu serta melawan efek lemak jenuh yang merupakan penyebab meningkatnya kadar kolesterol.

(Baca Juga: Segudang Manfaat Buah Gandaria yang Jarang Diketahui Orang)
5. Ramuan dari Bumbu Dapur Alami

Ramuan dari Bumbu Dapur Alami - 10 Obat Herbal Untuk Kolesterol Dijamin Alami dan Efektif

Bumbu dapur seperti seledri, ketumbar, dan bawang putih bisa kamu jus dan minum setiap pagi hari. Dengan begitu, lemak jahat yang menjadi penyebab terbentuknya kolesterol akan berkurang.

6. Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel - 10 Obat Herbal Untuk Kolesterol Dijamin Alami dan Efektif

Sari cuka apel memang dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kandungan High Density Lipoprotein (HDL) akan menetralkan kolesterol jahat dan memperlancar proses pembuangan racun di dalam tubuh. Cuka sari apel aman dikonsumsi setiap hari.

7. Buah Cermai

Buah Cermai - 10 Obat Herbal Untuk Kolesterol Dijamin Alami dan Efektif

Buah cermai atau Gooseberry India dalam bentuk teh bubuk maupun buah langsung bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol. Pilihan bentuk teh bubuk yang bisa dibeli online ini bisa menjadi alternatif jika kamu tak kuat dengan rasa asam dari buah ini jika dikonsumsi secara langsung.

8. Jus Mengkudu

Jus Mengkudu - 10 Obat Herbal Untuk Kolesterol Dijamin Alami dan Efektif

Kalium dan antioksidan tinggi pada buah mengkudu sangat baik untuk proses detoks tubuh. Kolesterol dan racun-racun lainnya akan dibuang. Jus mengkudu akan memiliki aroma yang kurang sedap dan rasa yang pahit.

Jika kamu kurang menikmati jus mengkudu ini, kamu bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami.

9. Minyak Kelapa Organik

Minyak Kelapa Organik - 10 Obat Herbal Untuk Kolesterol Dijamin Alami dan Efektif

Penderita kolesterol tinggi akan disarankan makan makanan sehat seperti salad. Nah, minyak kelapa organik bisa kamu tambahkan sebagai dressing salad.

Kamu disarankan mengkonsumsinya hanya satu sampai dua sendok makan setiap harinya. Tapi ingat, jangan memilih minyak kelapa olahan atau yang sudah diproses, ya.

10. Minyak Ikan

Minyak Ikan - 10 Obat Herbal Untuk Kolesterol Dijamin Alami dan Efektif

Lemak di dalam darah atau trigliserida yang berbahaya untuk kesehatan bisa ditekan jumlahnya dengan konsumsi minyak ikan teratur. Pengurangan trigliserida dan kolesterol akan melancarkan aliran darah.

Selain mengonsumsi obat herbal untuk kolesterol, kamu juga harus melindungi dirimu dengan asuransi kesehatan. Yuk, cek produk asuransi yang pas untukmu serta ajukan melalui CekAja.com sekarang juga.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast