Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Segudang Manfaat Buah Gandaria yang Jarang Diketahui Orang

by Kyla Damasha on 11 Desember, 2019

Buah Gandaria merupakan salah satu jenis buah yang hanya bisa tumbuh di wilayah tropis dan dapat ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Thailand, Laos, Malaysia dan Indonesia. Tidak hanya memiliki rasa asam-manis yang menyegarkan, buah gandaria ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan yang mungkin masih jarang diketahui oleh orang.

Mulai dari air, protein, lemak, karbohidrat, serat, hingga vitamin C yang terkandung di dalam buah itu membuatnya sangat baik apabila dikonsumsi secara rutin. Tidak hanya itu saja, buah yang berbentuk bulat kecil menyerupai kelereng ini juga bisa dijadikan sebagai bahan dari obat-obatan herbal lho.

Nah, bagi yang baru pertama kali mendengar buah gandaria, sebenarnya apa saja sih khasiat dari buah yang menjadi maskot flora di Jawa Barat Ini apabila dikonsumsi secara rutin?

Khasiat dan Manfaat Buah Gandaria bagi Tubuh
1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah gandaria dapat membantu pembentukan jaringan kolagen yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Selain itu, kandungan betakaroten dan air yang terdapat di dalamnya juga membantu kulit tetap lembab.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang telah disinggung di poin sebelumnya bahwa buah gandaria mengandung cukup banyak air, sehingga tidak hanya membantu menjaga kelembaban kulit, melainkan juga mempermudah penyerapan zat besi agar lebih efektif.

(Baca juga: Yuk Intip Manfaat Buah Ini Untuk Kesehatan Anak!)

Air yang banyak, ditambah kandungan zat besi dapat meningkatkan ketahanan tubuh terhadap berbagai infeksi kuman atau virus yang berpotensi menyerang tubuh.

Maka dari itu, jika kamu mengkonsumsi buah gandaria secara rutin, secara tidak langsung tubuhmu juga akan lebih kebal terhadap berbagai serangan penyakit.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Balik lagi dengan kandungan air yang cukup banyak di dalam buah gandaria, hal tersebut ternyata juga mampu memperbaiki sistem pencernaan kita lho.

Selain itu, kandungan serat yang cukup banyak juga membuat proses penyerapan menjadi lebih cepat dan lancar, bahkan dalam waktu yang cenderung singkat, sehingga sangat baik untuk mencegah terjadinya endapan yang menyebabkan kanker di dalam saluran pencernaan.

Kandungan vitamin C di dalamnya juga dapat melindungi sel-sel tubuh serta menangkal berbagai macam efek radikal bebas yang bisa menghindari kemungkinan timbulnya kanker di dalam tubuh.

4. Obat Sariawan

Datangnya sariawan terkadang membuat aktivitas menjadi tidak nyaman dan terganggu karena rasa sakit yang ditimbulkan. Nah, jika kamu termasuk salah satu yang sering sariawan, maka mengkonsumsi buah gandaria bisa jadi solusi.

Sariawan biasa terjadi karena kurangnya vitamin C yang masuk ke dalam tubuh, dan kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam buah gandaria bisa membantu mencegah sampai mengobati sariawan.

Buah gandaria memiliki kandungan vitamin C sekitar 100 mg, lebih tinggi dari kebutuhan harian vitamin C untuk tubuh sebanyak 60 mg.

5. Melancarkan Peredaran Darah

Kadar air yang tinggi di dalam jenis buah satu ini mampu membantu dalam mencukupi kebutuhan air tubuh, yang mana cairan tersebut juga diperlukan untuk menjaga kekentalan di dalam sistem peredaran darah dan membuatnya menjadi lebih lancar.

6. Menjaga Fungsi Otak

Perlu diketahui bahwa 70% otak kita terdiri dari air, sehingga untuk tetap menjaga dengan baik fungsi otak tersebut, maka otak membutuhkan asupan air yang cukup.

Maka dari itu, kandungan air yang terdapat di buah gandaria juga dapat menjaga fungsi otak agar tetap bisa berfungsi dengan baik.

7. Mencegah Stroke

Stroke merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya dan menjadi penyebab kematian. Maka dari itu, ada baiknya untuk melakukan pencegahan dibandingkan penyembuhan, bukan? Sebuah studi menunjukan bahwa serat dapat mengikat kolestetol serta membuangnya bersama dengan feses.

Kandungan serat yang mencapai 150 mg di dalam buah gandaria bisa membantu dalam mengikat kolesterol agar lebih efektif, sehingga akan meminimalisir timbulnya kolesterol dan mengurangi risiko penyakit stroke yang mengancam.

8. Mencegah Risiko Diabetes

Khasiat dari buah gandaria selanjutnya adalah dapat mencegah risiko diabetes. Sebuah studi yang dilakukan oleh American Medical Association pada 12 Februari tahun 1997 silam mengungkapkan bahwa salah satu fungsi serat yaitu mencegah terjadinya risiko diabetes.

(Baca juga: Pusing Habis Makan Kambing? Konsumsi 5 Buah Penekan Kolesterol Ini)

Nah, jenis serat yang bisa dikonsumsi adalah serat larut di dalam air seperti yang terdapat di dalam buah gandaria.

Serat tersebut dikenal dapat memperbaiki kondisi penderita diabetes sekaligus mengurangi risiko terkena penyakit diabetes itu sendiri.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Banyak orang yang menganggap bahwa kalsium hanya terkandung di dalam susu atau dairy product lainnya, tanpa tahu bahwa ternyata buah gandaria juga turut mengandung kalsium yang diperlukan oleh tulang.

Kandungan kalsium serta peran mineral di dalamnya mampu membantu dalam proses pembentukan tulang yang sangat vital serta menyehatkan tulang dan membuatnya menjadi lebih kuat.

10. Menjaga Penglihatan

Beta karoten yang ditemukan di dalam buah gandaria diketahui dapat membantu menjaga kesehatan mata. Beta karoten akan diubah menjadi vitamin A yang akan menjaga kesehatan mata serta memperlambat penurunan kemampuan penglihatan yang biasanya akan menurun sering bertambahnya usia.

Nah, sudah tahu kan manfaat dari buah gandaria bagi kesehatan? Untuk memberikan perlindungan lebih bagi kesehatan kamu dan keluarga, tidak ada salahnya memiliki asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih dan dapatkan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda