Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

5 Obat Sariawan Alami Paling Ampuh Bebas Nyeri

by Estrin Vanadianti Lestari on 13 Juli, 2020

Sariawan membuatmu tak nyaman untuk makan, bicara, bahkan untuk tersenyum sekalipun? Sariawan memang kerap datang tiba-tiba, dan menimbulkan rasa nyeri. Tapi tenang, karena dengan deretan obat sariawan alami berikut ini, kamu bisa meredakan sariawan dengan cepat, tanpa menimbulkan rasa nyeri dan perih. 

5 obat sariawan alami paling ampuh bebas nyeri

Pasalnya, rasa nyeri dan perih seringkali menjadi keluhan, ketika seseorang sedang mengobati sariawan, selain menggunakan obat sariawan alami. Hal tersebut dikarenakan, zat kimia yang terkandung di obat tersebut, bisa menimbulkan rasa nyeri dan perih.  

Apa Itu Sariawan dan Apa Penyebabnya

Bukan menjadi penyakit asing, sariawan sering kita jumpai bahkan semua orang mungkin pernah mengalami sariawan. Sariawan sendiri merupakan sebuah kondisi adanya luka atau peradangan di bibir dan di area mulut. 

Sariawan seringkali menimbulkan rasa nyeri dan membuat tidak nyaman. Mengapa sariawan bisa muncul tiba-tiba? Sebenarnya tidak secara tiba-tiba, karena pasti ada penyebabnya, sehingga terjadinya sariawan, berikut penyebabnya:

  • Bibir, atau lidah tak sengaja tergigit
  • Terjadi kesalahan dalam menyikat gigi
  • Adanya infeksi jamur, virus, atau bakteri di mulut atau di bagian tubuh lain
  • Sedang menderita penyakit autoimun, seperti lupus
  • Sedang mengalami kondisi tertentu, seperti perubahan hormon, kekurangan nutrisi, stres, merokok, dan faktor genetik
(Baca Juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi Paling Ampuh dan Efektif)
Ciri-ciri Sariawan
  • Sariawan bisa muncul di bagian area mulut mana saja, mulai dari bibir, lidah, langit-langit, gusi, pipi bagian dalam, dan lainnya
  • Umumnya, sariawan berbentuk bulat, berwarna putih atau kekuningan, dengan tepi berwarna merah
  • Ukuran dan jumlahnya bervariasi, bahkan bisa lebih dari dua
  • Sariawan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu

Meski sariawan bisa sembuh dan menghilang dengan sendirinya, yakni sekitar 1-2 minggu, tapi apakah lebih baik jika kamu memberinya obat sariawan alami, agar sariawan bisa hilang lebih cepat? 

Nah, daripada kamu terganggu dengan kehadiran sariawan, dilansir dari laman sehatq.com yang telah ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri, berikut rekomendasi obat sariawan alami paling ampuh bebas nyeri, yang bisa kamu coba!

5 Obat Sariawan Alami
1. Soda Kue

Soda Kue - 5 Obat Sariawan Alami Paling Ampuh Bebas Nyeri

Obat sariawan alami paling ampuh yang pertama adalah dengan soda kue. Biasa digunakan untuk membuat kue agar lebih renyah, soda kue juga sering digunakan untuk mengobati sariawan. 

Mengapa soda kue bisa mengobati sariawan? Hal tersebut dikarenakan soda kue mengandung alkaline yang bisa menetralisir kondisi asam, pemicu iritasi pada sariawan. 

Tidak hanya itu, soda kue juga mampu membunuh bakteri yang ada pada sariawan, sehingga proses penyembuhannya pun bisa lebih cepat, dan kamu tidak perlu menunggu 1 – 2 minggu lamanya. 

Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah, kamu hanya cukup melarutkan satu sendok teh soda kue ke dalam wadah berisi air hangat, setelah itu kamu bisa berkumur. Lakukan hal tersebut secara rutin, pagi dan malam sebelum tidur. 

2. Lidah Buaya

Lidah Buaya - 5 Obat Sariawan Alami Paling Ampuh Bebas Nyeri

Obat sariawan alami paling ampuh dan bebas nyeri, yang selanjutnya adalah dengan lidah buaya. Lendirnya yang menyerupai gel ini, bisa bantu mempercepat proses penyembuhan luka pada sariawan. 

Gel lidah buaya yang sering digunakan untuk perawatan rambut ini , juga sangat efektif untuk menyembuhkan sariawan. Hal tersebut karena lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi/peradangan dan menenangkan. 

Dengan lidah buaya, rasa nyeri dan perih pun akan segera mereda, dan sariawan akan cepat hilang. 

Untuk cara pengaplikasiannya, cukup oleskan gel lidah buaya ke titik sariawan, diamkan sekitar 15 menit, dan usahakan jangan tertelan. Setelah itu bilas dengan air hangat.

3. Kantong Teh

Kantong Teh - 5 Obat Sariawan Alami Paling Ampuh Bebas Nyeri

Setelah habis menyeduh teh, jangan buru-buru buang kantong tehnya ya. Karena kantung teh juga bisa digunakan sebagai obat sariawan alami yang ampuh loh. 

Pasalnya, kantung teh berfungsi untuk menetralisir lingkungan asam di mulut, agar bisa mengurangi rasa sakit pada sariawan. Cara menerapkannya juga sangat mudah, dan kamu hanya membutuhkan kantong teh saja.

Pertama, ambil kantuh teh yang telah digunakan untuk menyeduh minuman teh, peras kantung teh (jangan sampai kering), tempelkan ke bagian sariawan kurang lebih selama 5 menit. 

Ulangi cara tersebut, hingga rasa nyeri pada sariawan sedikit mereda. Namun, perhatikan juga kondisi kebersihan di kantung teh, jangan sampai kamu telah menggunakan kantung teh yang sudah tidak steril.   

4. Air Garam

Air Garam - 5 Obat Sariawan Alami Paling Ampuh Bebas Nyeri

Obat sariawan alami paling ampuh dan paling mudah didapat adalah dengan air garam. Tidak hanya meredakan sakit gigi, air garam juga mampu meredakan sariawan secara alami. 

Air garam yang mengandung yodium dan unsur natrium chloride, dimana bisa masuk ke dalam golongan halogen. Bahkan, air garam ternyata memiliki kesamaan dengan salah satu cairan alami tubuh, atau disebut saline yang bisa memberikan lapisan sariawan.

Caranya, kamu cukup kumur-kumur dengan air garam selama kurang lebih 30 detik. Lakukan hal ini secara rutin pagi dan malam sebelum tidur, sampai sariawan mereda. 

5. Teh Akar Manis

Teh Akar Manis - 5 Obat Sariawan Alami Paling Ampuh Bebas Nyeri

Pernah dengar teh akar manis? Teh yang memiliki tambahan akar manis ini, disebut bisa mengatasi sariawan membandel. Akar manis atau biasa disebut licorice ini, sering dijadikan bahan tambahan teh, pasta gigi, skin care, obat batuk, hingga obat lambung.

Nah, bagi kamu yang sedang sariawan, bisa mencoba obat sariawan alami dari akar manis dengan mudah. Caranya, kamu hanya tinggal merebus satu kantong teh akar manis, diamkan selama 10 menit. 

(Baca Juga: Jenis dan Manfaat Vitamin B Complex untuk Kesehatan)

Bukan ditempelkan seperti menggunakan kantung teh, obat sariawan alami dari akan manis ini harus kamu minum. Namun, perlu diingat, minuman teh akar manis ini, tidak disarankan untuk kamu yang menderita tekanan darah tinggi. 

Karena, akar manis dikenal bisa memancing meningkatkan tekanan darah atau bisa menurunkan level potasium. Jadi, kamu bisa menggunakan 4 obat sariawan alami sebelumnya, untuk meredakan sariawan. 

Nah, itu dia beberapa obat sariawan alami yang direkomendasikan dan telah ditinjau oleh dokter. Pasalnya, jika dibiarkan, sariawan juga bisa menjadi tambah berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kanker mulut.  

Waspadai Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Bahkan, jika sariawan lama sembuhnya, yakni melebihi 1-2 minggu, kamu juga patut mewaspadainya. Maka dari itu, rajinlah membersihkan rongga mulut dan gigi, agar sariawan bisa sembuh lebih cepat.

Makan makanan yang mengandung banyak vitamin C, dan vitamin lainnya. Jangan lupa juga melindungi diri dari berbagai risiko penyakit berbahaya dengan asuransi kesehatan. 

Di musim penyakit seperti ini, produk finansial berupa asuransi kesehatan sangat bermanfaat. Yuk, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera ajukan hanya di CekAja.com. 

CekAja.com, akan memberikanmu kemudahan dalam memilih, membandingkan, hingga mengajukan secara online. Kapan lagi bisa mengajukan asuransi kesehatan terbaik dengan mudah dan praktis, seperti CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk