Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Pekerjaan Jurusan Vokasi yang Paling Dibutuhkan di Industri

by Kyla Damasha on 22 November, 2019

Saat ini mungkin masih banyak orang yang belum tahu bahwa pekerjaan jurusan vokasi sudah terbuka begitu lebar bagi para lulusannya. Padahal, bukan hanya peluang pekerjaannya saja, melainkan juga jurusan vokasi itu sendiri yang semakin populer dari waktu ke waktu.

Bahkan semakin kesini, banyak perusahaan-perusahaan yang justru lebih memilih para lulusan vokasi karena dianggap lebih menguasai keahlian praktikal dan siap terjun ke dunia pekerjaan jurusan vokasi yang ada saat ini.

Bagi yang belum tahu, jurusan vokasi atau kejuruan merupakan pendidikan yang lebih menekankan mahasiswanya pada keahlian praktikal yang dibutuhkan oleh dunia pekerjaan, khususnya untuk pekerjaan jurusan vokasi itu sendiri.

Ilmu yang mereka pelajari pun cenderung fokus dan lebih mengedepankan praktek dengan topik yang lebih spesifik. Sebagai contoh, Seni Kuliner Prancis, Multimedia, Character Design dan masih banyak lagi.

Pendidikan vokasi ini biasanya mewajibkan para mahasiswanya untuk magang di bagian pekerjaan jurusan vokasi yang tersedia sebelum menamatkan pendidikannya dan biasanya, para mahasiswa ini lulus dengan gelar Certificate, Diploma atau Advanced Diploma.

Selain itu, biasanya pendidikan vokasi cenderung lebih singkat dibandingkan pendidikan sarjana, yakni sekitar 1 hingga 3 tahun saja, tergantung program yang dipilih.

Nah, bagi yang masih ragu untuk memilih jurusan vokasi, ketahui dulu yuk mengenai beberapa hal tentang jurusan vokasi beserta peluang pekerjaan jurusan vokasi yang kedepannya akan menantimu.

Keuntungan Kuliah Jurusan Vokasi
1. Lebih Banyak Praktik Dibanding Teori

Universitas jurusan vokasi pada dasarnya memiliki kurikulum yang jauh lebih beriorientasi pada ilmu-ilmu keterampilan yang akan mempersiapkan para lulusannya dalam menghadapi dunia pekerjaan.

Jika kamu tidak terlalu suka dengan teori-teori yang rumit, maka sekolah jurusan vokasi bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Sebagian besar dosen-dosen yang mengajar di sekolah vokasi berasal dari praktisi dengan keahlian di bidangnya masing-masing.

Sehingga di semester akhir, mahasiswa akan diwajibkan untuk melakukan magang di berbagai perusahaan agar kedepannya mereka akan siap terjun ke pekerjaan jurusan vokasi yang sesungguhnya.

2. Kuliah Singkat

Nah, mungkin ini sering kali menjadi salah satu faktor yang membuat jurusan vokasi semakin memiliki banyak peminat, yakni jangka waktu pendidikan cenderung singkat.

Biasanya, pendidikan vokasi paling lama hanya membutuhkan waktu 3 tahun saja, berbeda dengan sarjana yang biasanya membutuhkan waktu 4 tahun.

Selain itu, jika sarjana diwajibkan untuk membuat skripsi terlebih dahulu, maka berbeda pula dengan vokasi yang hanya diharuskan untuk membuat laporan tugas akhir (TA) yang disesuaikan dengan apa yang mereka lakukan pada saat magang.

3. Pilihan Jurusan yang Bervariasi

Jurusan di sekolah vokasi lebih spesifik, sehingga pilihan jurusan yang tersedia pun juga cenderung lebih bervariasi, yang tentunya dapat disesuaikan dengan minat, sebagai contoh seperti Manajemen Perhotelan, Paramedik Veteriner, Manajemen Agribisnis dan masih banyak lagi.

4. Prospek Kerja yang Besar dan Peluang untuk Melanjutkan ke Jenjang Ekstensi

Saat ini, lulusan vokasi juga mendapatkan peluang yang sama dengan lulusan sarjana dalam hal mendapatkan pekerjaan. Bahkan, ada pula beberapa perusahaan yang justru lebih memilih para lulusan vokasi yang dianggap memiliki keterampilan yang jauh lebih baik.

Lulus dengan gelar keahlian, adanya sertifikat profesi, serta pengalaman magang yang mumpuni membuat hal tersebut sering kali dijadikan bahan pertimbangan yang potensial untuk perusahaan dalam merekrut para lulusan jurusan vokasi.

Selain itu, lulusan vokasi juga memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang sarjana atau eksistensi hanya dalam kurun waktu 2 tahun saja.

(Baca Juga: 5 Pekerjaan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Berpeluang Tinggi, Gaji Mumpuni)
Pilihan Jurusan Vokasi yang Banyak Dibutuhkan di Dunia Pekerjaan
1. Broadcasting

Jurusan pertama yang memiliki peluang besar di pekerjaan jurusan vokasi yaitu broadcasting atau penyiaran. Sebenarnya bidang satu ini merupakan bagian dari jurusan Ilmu Komunikasi. Hanya saja ada beberapa Perguruan Tinggi yang memang menjadikan broadcasting sebagai salah satu jurusannya, agar mahasiswa bisa lebih terfokus dalam belajar.

Ilmu-ilmu yang dipelajari di jurusan broadcasting pada dasarnya memang berhubungan sama ilmu komunikasi, namun lebih terfokus pada media massa elektronik seperti televisi, radio dan internet.

Disini kamu akan mempelajari banyak hal-hal yang menarik dan tentunya tidak membosankan, seperti dasar-dasar presenting dan wawancara, sinematografi, teknik editing, produksi dan masih banyak lagi.

Jika kamu tertarik untuk masuk sekolah vokasi dengan jurusan broadcasting, ada beberapa Perguruan Tinggi yang bisa kamu pilih, antara lain Universitas Indonesia, Bina Sarana Informatika dan Akademik Komunikasi Indonesia YPK.

2. Pariwisata

Perlu diketahui bahwa saat ini lulusan vokasi sekolah pariwisata sudah banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan lho. Mengapa? Karena jumlah tenaga ahli yang ada tidak berimbang dengan potensi pariwisata yang ada di Indonesia.

Sehingga banyaknya orang yang membangun hotel, restaurant, hingga tempat wisata lainnya membutuhkan banyak tenaga ahli yang bisa mendukung berjalannya bisnis-bisnis tersebut.

Di sekolah vokasi jurusan pariwisata, kamu akan mempelajari berbagai hal yang menarik, diantaranya seperti manajemen destinasi, perhotelan, tour and travel dan sebagainya yang tentunya berhubungan dengan fenomena pariwisata yang ada saat ini, khususnya di Indonesia.

Nah, bagi yang tertarik masuk ke jurusan vokasi pariwisata, ada beberapa Perguruan Tinggi yang bisa kamu jadikan pilihan, antara lain seperti Politeknik Sahid, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dan masih banyak lagi.

3. Hubungan Masyarakat

Jurusan vokasi lainnya adalah hubungan masyarakat atau yang dikenal dengan public relation. Sama halnya dengan broadcasting, PR pun juga masuk ke dalam salah satu ilmu komunikasi.

Hanya saja, di PR ini kamu akan lebih fokus kepada membentuk serta memelihara citra suatu perusahaan yang sekaligus merupakan penghubung antara perusahaan dan individu atau kelompok yang menjalin relasi dengan perusahaan tersebut, seperti investor, masyarakat, pemerintah, dan sejenisnya.

Seorang PR harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sehingga ilmu-ilmu yang akan dipelajari pun tidak akan jauh beda dengan ilmu komunikasi, diantaranya seperti psikologi komunikasi, marketing public relation, hubungan media, lobby dan negosiasi, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik dengan PR, beberapa Perguruan Tinggi yang bisa kamu pilih adalah Universitas Negeri Jakarta, Universitas Diponegoro dan Universitas Sahid Jakarta.

Prospek Pekerjaan Jurusan Vokasi

Dengan mengetahui keuntungan serta aneka ragam jurusan vokasi, apakah kamu sudah mulai tertarik untuk masuk ke sekolah vokasi dan terjun langsung di pekerjaan jurusan vokasi?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa peluang pekerjaan jurusan vokasi dapat dikatakan tidak jauh berbeda dengan peluang pekerjaan para sarjana.

Bahkan, ada beberapa perusahaan yang justru lebih memilih lulusan dari sekolah vokasi karena dianggap memiliki keterampilan dan kemampuan yang jauh lebih mumpuni dari pada para lulusan sarjana.

Jadi, jika kamu merupakan lulusan dari sekolah vokasi, janganlah berkecil hati atau merasa terintimidasi.

Saat ini kita akan membahas mengenai beberapa pekerjaan jurusan vokasi yang bisa kamu jadikan pilihan ketika lulus nanti. Apa sajakah itu?

(Baca Juga: Tips Membuat CV yang Out of The Box Saat Melamar Kerja)
1. Penyiar Berita

Pekerjaan jurusan vokasi yang pertama adalah penyiar berita. Kunci utama dari seorang penyiar berita adalah kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan menyampaikan pesan. Dapat dikatakan bahwa pekerjaan jurusan vokasi satu ini justru sangat sesuai untuk para lulusan vokasi.

Khususnya yang mengambil jurusan broadcasting karena tentu saja mereka sudah dibekali dengan sejumlah keterampilan dan kemampuan yang berhubungan dengan penyiaran berita.

Sesuai dengan namanya, penyiar berita memiliki tugas utama yaitu menyampaikan berita secara langsung, baik itu melalui televisi maupun radio kepada khalayak secara luas.

Seorang penyiar berita dituntut untuk bisa berhadapan dengan kamera dan memiliki kemampuan dalam penggunaan kosa kata yang baik, agar berita yang mereka siarkan mudah dicerna oleh khalayak.

Ketika kamu memutuskan untuk terjun ke pekerjaan jurusan vokasi ini, pada nantinya ada beberapa jenis penyiaran berita yang bisa kamu pilih, antara lain seperti penyiar berita televisi, reporter, newscaster dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu saja, penyiar berita juga akan dibagi ke beberapa fokus tema khusus, seperti penyiar berita khusus acara olah raga, lifestyle, event, dan masih banyak lagi.

2. Pemandu Wisata

Pekerjaan jurusan vokasi selanjutnya adalah sebagai pemandu wisata. Bagi kamu yang merupakan lulusan sekolah pariwisata, menjadi pemandu wisata merupakan salah satu profesi yang sesuai, apalagi jika kamu juga senang jalan-jalan atau traveling.

Tugas utama dari pemandu wisata adalah merencanakan, mengatur dan melakukan perjalanan. Baik itu untuk perjalanan jarak jauh, tur, ataupun ekspedisi dalam bentuk individu maupun kelompok.

Sebagai pemandu wisata kamu bisa bekerja dibawah suatu perusahaan, tempat wisata atau pekerja lepas.

3. Event Organizer

Sesuai dengan namanya, event organizer merupakan salah satu pekerjaan jurusan vokasi yang fokus pada penyelenggaraan suatu event. Sebagai seorang EO kamu dituntut untuk memiliki sikap yang gesit, memiliki kemampuan inisatif yang tinggi, serta keterampilan dalam bernegosiasi.

Jika kamu mengambil sekolah vokasi public relation, bekerja sebagai EO bisa dijadikan sebagai alternatif. Profesi satu ini sangat cocok bagi kamu lebih senang bekerja di lapangan.

Dibandingkan jika kamu hanya dibelakang meja dan tentunya dalam EO berisikan orang-orang yang tahan banting dan siap berhadapan dengan aneka ragam tantangan.

4. Staff Administrasi

Staff administrasi ternyata tidak hanya cocok menjadi salah satu pekerjaan jurusan vokasi, melainkan juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan bagi para lulusan SMK.

Pada dasarnya staff administrasi merupakan salah satu unit yang memberikan dukungan terhadap kegiatan operasional suatu perusahaan.

Tugas utama dari pekerjaan jurusan vokasi satu ini yaitu mengurus berbagai hal yang berhubungan dengan korespondensi, data entry, penyimpanan dan penataan dokumen.

Termasuk membantu unit lainnya terkait mempersiapkan data yang harus dilaporkan kepada pihak menajamen perusahaan.

Ternyata cukup banyak juga prospek pekerjaan jurusan vokasi yang bisa kamu jadikan pilihan, bukan? Semua itu bisa kamu pilih sesuai dengan bidang dan passion yang kamu miliki lho.

Ingin melanjutkan kuliah tetapi belum memiliki dana yang cukup? Jangan khawatir! Yuk segera ajukan pinjaman untuk dana pendidikan mu melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda