8 Peraturan Baru Nonton Bioskop Saat Pandemi yang Wajib Diketahui

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Sejumlah peraturan baru nonton bioskop saat pandemi perlu diketahui, sebelum mulai menonton bioskop kembali setelah sempat tutup beberapa waktu karena pandemi. Peraturan baru nonton bioskop yang ditetapkan pun, sebenarnya tidak jauh-jauh dari protokol kesehatan.

Dihadirkannya peraturan baru tersebut, tentu untuk mencegah munculnya klaster baru virus Covid-19 dari bioskop.

Namun meski dibuat peraturan baru, setiap pengunjung bioskop tetap harus memperhatikan dan memastikan kondisi kesehatannya terlebih dahulu.

Apabila sedang sakit atau baru merasakan gejala sakit, seperti badan pegal-pegal, batuk atau pilek, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk nonton bioskop.

Sebab jika dipaksakan, hal itu hanya akan membuka peluang untuk tubuh terpapar virus Covid-19.

Atau bahkan, bisa saja kamu yang merasakan gejala tersebut ternyata sudah terinfeksi virus Covid-19.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk nonton bioskop, ada baiknya jika kamu memeriksa kondisi kesehatan terlebih dahulu dan mengetahui sejumlah peraturan baru nonton bioskop saat pandemi, yang akan diulas secara lengkap pada artikel kali ini.

Daftar Bioskop yang Sudah Buka

Sebelum membahas lebih jauh tentang peraturan baru nonton bioskop saat pandemi, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu daftar bioskop di Indonesia yang sudah buka.

Meski belum 100 persen bioskop di Indonesia dibuka, namun beberapa bioskop CGV dan Cinema XXI di daerah tertentu sudah buka.

Untuk bioskop CGV sendiri, ia sudah mengantongi Surat Keputusan (SK) dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta nomor 268 tahun 2020, tentang pembukaan kembali usaha pariwisata di masa PSBB transisi, terhitung tanggal 20 Oktober 2020.

Pemberian Surat Keputusan (SK) tersebut diberikan, sesuai dengan hasil penilaian dari tim teknis Pemprov DKI Jakarta, yang terdiri dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi, Dinas Kesehatan dan Kominfo.

Hasil penilaian tersebut mengungkapkan, kalau bioskop CGV dianggap sudah menerapkan protokol kesehatan, sesuai dengan ketentuan dari Pemprov DKI Jakarta.

Sehingga, bioskop CGV di beberapa daerah sudah diperbolehkan untuk beroperasi kembali, dengan menerapkan beberapa protokol kesehatan. Namun selain CGV, bioskop Cinema XXI di sejumlah daerah pun terlihat sudah kembali dibuka.

Untuk itu, buat kamu yang ingin kembali nonton bioskop, di bawah ini CekAja.com akan memberikan daftar bioskop CGV dan Cinema XXI yang sudah kembali buka, di antaranya yaitu:

CGV

  • CGV Grand Indonesia
  • CGV AEON Mall Jakarta Garden City
  • CGV Green Pramuka Mall
  • CGV Transmart Cempaka Putih
  • CGV Miko Mall
  • CGV Paris Van Java
  • CGV Paskal Shopping Center
  • CGV BEC
  • CGV Metro Indah Mall
  • CGV Kings Shopping Center.

(Baca Juga: Daftar Film Kontroversial Indonesia)

Cinema XXI

  • Jatiland XXI, Ternate
  • Jayapura XXI
  • Transmart Pontianak XXI
  • TSM XXI, Bandung
  • Ciwalk XXI, Bandung
  • Studio XXI, Banjarmasin
  • Big Mall XXI, Samarinda
  • SCP XXI, Samarinda
  • Transmart Pangkal Pinang XXI
  • E-Walk XXI, Balikpapan
  • Malkartini XXI, Bandar Lampung
  • OPI Mall XXI, Palembang
  • Empire XXI, Yogyakarta
  • Jogja City XXI, Yogyakarta
  • Mega XXI, Batam
  • Summarecon Mall Bekasi XXI
  • Ciputra Cibubur XXI, Bekasi
  • Transmart Padang XXI
  • LEM XXI, Mataram
  • Jamtos XXI, Jambi
  • WTC XXI, Jambi.

Peraturan Baru Nonton Bioskop Saat Pandemi

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kali ini CekAja.com akan mengulas sejumlah peraturan baru nonton bioskop saat pandemi.

Yang mana, peraturan baru nonton bioskop saat pandemi ini sebenarnya tidak jauh-jauh dari protokol kesehatan, seperti wajib menggunakan masker, melakukan physical distancing, pengecekan suhu tubuh dan lain sebagainya.

Untuk tahu lebih lengkap dan jelas apa saja peraturan baru nonton bioskop saat pandemi, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Penerapan sistem pembayaran digital dan pemesanan tiket online

Peraturan baru nonton bioskop saat pandemi yang pertama, yaitu penerapan sistem pembayaran digital dan pemesanan tiket online.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir risiko penularan virus Covid-19, baik dari sentuhan dengan benda maupun orang lain.

Untuk bioskop CGV sendiri, mereka hanya akan menerima pembayaran digital saja atau eWallet saja.

Namun selain itu, pengunjung juga bisa membeli tiket bioskop secara online, ataupun melalui mesin tiket otomatis yang tersedia di dalam bioskop.

2. Mengisi data online

Setelah berhasil membeli tiket dan masuk studio bioskop, selanjutnya kamu selaku pengunjung harus mengisi data online untuk tracing, sebagai salah satu bentuk dari peraturan baru nonton bioskop saat pandemi.

Form yang berisikan data-data tersebut bisa kamu dapatkan, dengan melakukan scan QR code yang sudah disediakan.

Setelah melakukan scan QR code, nantinya data-data yang diminta akan muncul dan harus diisi dengan lengkap, mulai dari nama, alamat rumah, nomor telepon hingga NIK (Nomor Induk Kependudukan).

3. Penerapan physical distancing

Penerapan physical distancing, nyatanya juga menjadi bagian dari peraturan baru nonton bioskop saat pandemi.

Ketika berada di dalam studio, pengunjung nantinya tidak diperbolehkan berpindah-pindah tempat duduk, berlalu lalang, dan duduk secara berkerumun.

Pengunjung dianjurkan untuk menempati kursi yang sudah ditentukan, atau setidaknya menjaga jarak sejauh 1,5 meter antar tempat duduk.

Pihak bioskop juga sudah mengatur posisi tempat duduk antar pengunjung, dengan memberikan jarak satu kursi antar penonton (social distance seating).

Perlu diketahui, penerapan physical distancing ini tidak hanya berlaku di dalam studio saja, tetapi juga berlaku di seluruh lingkungan bioskop dan patut dilakukan oleh seluruh pengunjung dan petugas bioskop.

4. Melakukan pengecekan suhu tubuh

Selain melakukan physical distancing, setiap pengunjung dan petugas bioskop pun harus melakukan pengecekan suhu tubuh, sebelum masuk ke area bioskop.

Peraturan baru nonton bioskop saat pandemi yang satu ini wajib dilakukan, untuk mengetahui kondisi setiap orang yang masuk ke dalam bioskop baik-baik saja.

Apabila ditemukan pengunjung atau petugas yang memiliki suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius, maka harus dimasukkan ke dalam ruang isolasi sementara yang disediakan pihak bioskop, untuk kemudian ditindaklanjuti oleh petugas medis.

5. Wajib menggunakan masker

Tidak hanya melakukan empat hal di atas, pengunjung dan petugas bioskop pun wajib menggunakan masker, sebagai bagian dari peraturan baru nonton bioskop saat pandemi.

Pasalnya, bioskop menjadi salah satu tempat yang sangat rentan untuk setiap orang tertular virus Covid-19. Sehingga, penggunaan masker menjadi satu hal yang wajib dilakukan, sebelum memasuki area bioskop.

Untuk jenis maskernya sendiri, pihak bioskop tidak memberikan ketentuan khusus jenis masker apa yang boleh dikenakan.

Namun sebaiknya, setiap pengunjung dan petugas bioskop menggunakan masker yang sesuai dengan standar WHO (World Health Organizations), seperti masker bedah, masker kain atau masker N95.

6. Pembatasan jumlah penonton

Dilakukannya pemberian jarak antar kursi penonton, secara tidak langsung membuat jumlah penonton dalam satu studio menjadi terbatas.

Ini merupakan salah satu bagian dari peraturan baru nonton bioskop saat pandemi, yang mana pembatasan jumlah penonton dilakukan untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19.

Untuk satu studio, pihak bioskop hanya menyediakan kapasitas sebanyak 25 persen. Kapasitas tersebut juga menjadi batas maksimal penonton, yang bisa ditampung oleh satu studio bioskop.

Apalagi, peraturan baru nonton bioskop saat pandemi menetapkan pengunjung yang berusia di bawah 12 tahun dan di atas 60 tahun, tidak diperbolehkan masuk ke area bioskop. Sebab, golongan usia tersebut sangat rentan untuk terpapar virus Covid-19.

Sehingga, sudah bisa dibayangkan bukan, jumlah penonton dalam satu studio sangat sedikit. Bahkan, hal itu juga tidak memungkinkan untuk kamu saling mengobrol dengan teman, pasangan, atau keluarga.

7. Menyediakan hand sanitizer

Peraturan baru nonton bioskop saat pandemi, yang juga perlu diketahui adalah disediakannya hand sanitizer di setiap area bioskop.

Penyediaan hand sanitizer tersebut, menjadi salah satu upaya agar setiap pengunjung dan petugas bioskop selalu terjaga kebersihannya, serta memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Tidak hanya hand sanitizer, setiap area bioskop pun selalu menyediakan sabun cuci tangan di setiap toiletnya, baik toilet laki-laki maupun perempuan.

8. Dilarang makan, minum dan mengobrol di dalam studio

Peraturan baru nonton bioskop saat pandemi yang terakhir, yaitu pengunjung dilarang makan, minum dan mengobrol di dalam studio bioskop.

Semua hal tersebut penting dilakukan, agar risiko penularan virus Covid-19 dapat dicegah. Pasalnya, makan, minum dan mengobrol, menuntutmu harus membuka masker. Dan pada saat itulah, risiko terpapar virus Covid-19 sangat besar.

Sebab, ketika menonton film lucu dan isi satu bioskop semua tertawa, maka hal itu sangat berisiko untuk terjadi penyebaran virus Covid-19.

Apakah Sebenarnya Aman Nonton Bioskop Saat Pandemi?

Selain mengetahui peraturan baru nonton bioskop saat pandemi, kamu juga perlu mengetahui apakah sebenarnya nonton bioskop saat pandemi itu aman? Atau hanya membahayakan diri saja?

Jika melihat dari keadaan yang ada saat ini, mungkin nonton bioskop saat pandemi terbilang aman, asalkan menerapkan protokol kesehatan.

Sebab, kini beberapa bioskop dan daerah-daerah tertentu sudah dibuka, seperti misalnya Jakarta, Bandung, Batam dan sebagainya.

Namun sebenarnya, nonton bioskop saat pandemi sangat berisiko. Hal tersebut karena, setiap pengunjung akan menonton dan berada di dalam ruangan tertutup selama berjam-jam, bersama orang asing.

Apalagi, virus Covid-19 masih berkemungkinan memiliki sifat airborne atau menyebar melalui udara.

Sehingga, akan sangat rentan sebenarnya untuk setiap orang tertular virus Covid-19 di dalam studio bioskop.

Jika memang ingin menonton bioskop, alangkah lebih baik jika kamu memilih menonton film dari dalam mobil, atau yang dikenal dengan sebutan Bioskop Drive In.

Pasalnya, cara menonton bioskop tersebut lebih aman dibandingkan menonton film di bioskop biasa.

Melalui Bioskop Drive In, kamu bisa menonton film dari dalam mobil bersama pasangan, keluarga atau rekan yang sudah dikenal dan berasal dari satu wilayah. Dengan begitu, risiko penularan virus Covid-19 pun setidaknya dapat berkurang.

Berbeda dengan bioskop biasa, yang kondisi studionya gelap, dingin dan tertutup. Ketika ada pengunjung yang batuk atau bersin, kamu tidak bisa mengetahuinya dan menghindar. Bahkan, rasa ingin keluar dari ruangan pun sulit.

Apalagi, microdroplet yang keluar dari pengunjung yang batuk atau bersin pun, kemungkinan besar masih berada di dalam studio.

Sehingga, kapanpun kamu membuka masker, kamu bisa saja langsung terpapar virus Covid-19.

Maka dari itu, apabila kamu benar-benar ingin nonton bioskop, namun bioskop terdekat dari tempat tinggalmu adalah bioskop biasa, sebisa mungkin pastikan kamu selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, membawa hand sanitizer dan menjaga jarak.

(Baca Juga: Jadwal Tayang Film yang Terpaksa Ditunda Akibat Corona)

Beberapa informasi terkait peraturan baru nonton bioskop saat pandemi, sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua peraturan tersebut perlu diperhatikan dan dilakukan ketika masuk ke area bioskop, untuk mencegah penularan virus Covid-19 dan munculnya klaster baru virus Covid-19 dari bioskop.

Namun selain menerapkan peraturan tersebut, akan lebih baik jika kamu juga melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menanggung semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Jadi, apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada kondisi kesehatanmu, kamu tidak perlu ragu untuk memeriksakannya ke dokter, karena seluruh biaya sudah ditanggung oleh asuransi.

Maka dari itu, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani