Perbedaan Kartu Kredit Visa, MasterCard dan American Express

Visa, MasterCard dan Amex merupakan tiga kartu kredit yang paling populer di dunia. Ketiganya merupakan provider yang membuat bank bisa menerbitkan kartu kredit yang diterima oleh merchant atau penyedia barang dan jasa.

Visa, MasterCard dan Amex juga memiliki perbedaan dalam hal keamanan, layanan dan fitur-fiturnya. Nah, bagi kamu pemilik kartu kredit, perbedaan antara ketiga provider ini harus diketahui agar bisa memperoleh manfaat maksimal. Apa saja sih perbedaan, kelebihan dan kekurangan dari ketiganya? Berikut ini bocorannya:

Visa

Saat ini Visa diterima di lebih dari 200 negara di dunia. Untuk urusan keamanan, Visa terkenal ketat. Setiap transaksi yang dilakukan selalu  diverifikasi oleh Visa. Hal ini penting di era jual-beli  online yang semakin marak.

Bagi yang hobi  jalan-jalan ke luar negeri, provider satu ini memberi  banyak penawaran menarik selama traveling seperti  promo exclusive travel, belanja hingga promo makan malam. Untuk mengakses informasi ini, kamu  bisa langsung melihatnya di  situs official visa atau aplikasi ponsel.

Dengan visa, pengguna juga  mendapatkan penggantian apabila terjadi kehilangan bagasi. Belum lagi, saat ini sudah banyak tersebar mesin payWafe yang merupakan salah satu fasilitas pembayaran contactless kepada merchant dengan cukup menggesekkan kartu kamu pada mesin tersebut.

(Baca juga:  10 Orang yang Miliki Mobil Termahal di Dunia)

MasterCard

Mastercard merupakan  kartu kredit yang sering dipakai di wilayah Amerika dan Eropa. Tidak heran, kartu ini kurang dikenal di  negara-negara Asia. Saat ini Mastercard telah diterima di lebih dari 122 negara di seluruh dunia. Fasilitas keamanan Mastercard juga cukup baik.  Contohnya, pengguna  dapat mengatur sebuah kode pribadi yang disebut dengan MasterCard SecureCode yang membuat kartu kredit kamu lebih aman.

Dengan MasterCard maka kamu dapat menggunakan berbagai fasilitas ketika pergi ke luar negeri antara lain: Airport lounge, travel asisstance services, roadside assistance, gratis akses tol untuk keadaan darurat, asuransi kendaraan, asuransi pencurian, asuransi kecelakaan dalam perjalanan, hingga asuransi pembatalan perjalanan dan segudang keuntungan perjalanan lainnya.

American Express

Jika dibandingkan dengan Visa dan MasterCard, nama American Express  memang tidak terlalu familiar di Indonesia. Tetapi di negara-negara lain, American Express sangat terkenal. Bahkan, di beberapa negara, kartu satu ini dapat menjadi pengganti passport untuk warga negara asing.

Tetapi, untuk memiliki kartu ini  cukup sulit. American Express  bisanya hanya dimiliki oleh nasabah  ekslusif dengan skor  kredit yang tinggi. Tidak heran jika  fasilitas yang diberikan seperti asuransi kehilangan bagasi, hotline 24 jam sepekan, layanan perjalanan khusus, dan asuransi kecelakaan dalam perjalanan.

(Baca juga:  7 Pertanyaan Wawancara Kerja yang Bisa Menilai Kecerdasan Emosional)

Bahkan, pengguna kartu ini memperoleh garansi tambahan, perlindungan dalam pembayaran, dan fasilitas penukaran balang atau refund hingga 90 hari setelah pembelian saat berbelanja. Tidak hanya itu, pengguna American Express  juga akan  mendapatkan tiket presale untuk acara-acara hiburan internasional.

Untuk urusan keamanan,  kartu ini sangat canggih karena  menggunakan fitur Pre-Purchase Verification. Pengguna kartu ini  juga dilengkapi dengan  aplikasi mobile Amex untuk mengawasi akun kartu kredit dan mencari tahu penawaran serta hadiah-hadiah yang bisa diperoleh.