Ini Perbedaan Kredit Emas dan Tabungan Emas, Mana yang Cocok untuk Kamu?

Sebelum melakukan investasi emas, ada baiknya ketahui terlebih dahulu perbedaan kredit emas dan tabungan emas. Terlebih jika dana yang kamu miliki saat ini, belum mencukupi untuk membeli emas secara tunai.

Ini Perbedaan Kredit Emas dan Tabungan Emas, Mana yang Cocok untuk Kamu?

Seperti yang diketahui, membeli emas secara tunai akan memakan biaya yang sangat besar. Hari ini saja, tepatnya 29 Maret 2021, harga satu gram emas mencapai Rp838 ribu. Itu pun masih harga dasar, belum diakumulasi dengan harga lainnya.

Buat kamu yang tidak memiliki dana sebesar itu, mungkin akan kewalahan jika memaksakan untuk tetap membeli emas secara tunai.

Namun hal itu sebenarnya bisa diatasi, jika kamu memang benar-benar ingin investasi emas. Caranya yaitu dengan memilih kredit emas atau tabungan emas.

Hanya saja untuk bisa menentukan satu di antaranya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu perbedaan kredit emas dan tabungan emas.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas sejumlah informasi, seputar perbedaan kredit emas dan tabungan emas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Apa Itu Kredit Emas dan Tabungan Emas?

Apa Itu Kredit Emas dan Tabungan Emas

Sebelum tahu lebih jauh mengenai perbedaan kredit emas dan tabungan emas, ada baiknya kamu ketahui dulu definisi dari keduanya.

Jadi, kredit emas merupakan sistem pembelian emas, yang dilakukan dengan cara kredit atau dicicil. Sehingga, kredit emas ini seringkali disebut dengan sebutan cicilan emas.

Ketika melakukan kredit emas, ada harga yang tertera dan perlu kamu bayarkan. Harga tersebut pun sudah termasuk biaya cetak, tidak seperti tabungan emas.

Karena, tabungan emas sendiri merupakan sistem membeli emas dengan cara menabung. Yang mana, tabungan emas menjadi sebuah layanan penjualan dan pembelian emas, dengan biaya titip terjangkau.

Untuk bisa menabung emas, kamu tidak perlu memiliki banyak uang. Sebab, proses pembelian emas bisa dimulai dari kelipatan 0,01 gram, atau sekitar Rp5.560,- dengan minimal saldo 0,1 gram.

(Baca Juga: Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik)

Perbedaan Kredit Emas dan Tabungan Emas

Perbedaan Kredit Emas dan Tabungan Emas

Meski informasi dasar seputar kredit emas dan tabungan emas sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya, namun sesuai janji, kali ini CekAja.com akan mengulas sejumlah perbedaan kredit emas dan tabungan emas.

Sebenarnya jika berbicara tentang perbedaan, ada cukup banyak perbedaan kredit emas dan tabungan emas yang perlu diketahui.

Oleh karena itu, di bawah ini CekAja.com akan mengulasnya satu-persatu berdasarkan kategori, secara lengkap sebagai berikut.

Kredit Emas

Untuk bisa mengetahui perbedaan kredit emas dan tabungan emas dengan jelas, poin pertama yang akan dibahas yaitu kredit emas.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kredit emas merupakan sistem pembelian emas yang dilakukan dengan cara dicicil.

Di mana, harga yang tertera ketika kamu melakukan kredit emas, sudah termasuk dengan biaya cetak.

Selain itu, ada pula biaya-biaya lainnya seperti biaya uang muka, biaya administrasi, margin dan lain sebagainya, yang akan dikenakan dalam cicilan emas oleh lembaga keuangan, seperti Pegadaian.

Dengan mengambil kredit emas, setiap bulannya kamu wajib membayar cicilan dengan harga sesuai kesepakatan awal, dan tidak akan berubah sampai masa tenor kredit emas selesai.

Kredit emas ini pun, kini sudah banyak tersedia di bank konvensional maupun bank Syariah. Contohnya seperti Bank BNI, Bank BCA, Bank Mandiri Syariah, dan lain sebagainya.

Sehingga, kamu bisa memilih satu di antaranya yang sekiranya paling sesuai dan tepat untukmu. Namun sebelum itu, kamu perlu mengetahui sejumlah keunggulan kredit emas, yaitu:

  • Terjamin aman, karena disimpan oleh pihak bank atau lembaga hingga seluruh cicilan nasabah lunas
  • Emas bisa dibeli dengan dana yang terbatas, dengan begitu tidak perlu mengorbankan dana kebutuhan lainnya
  • Melatih diri disiplin menabung, karena setiap bulannya wajib menyisihkan uang untuk membayar cicilan emas
  • Emas bisa dijadikan sebagai jaminan ketika ada kebutuhan mendesak.

Selain memiliki sederet keunggulan, kredit emas juga ternyata memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Emas yang dimiliki bisa ditarik atau dilelang oleh pihak bank, apabila nasabah gagal melunasi cicilan
  • Memiliki bunga yang harus dibayar setiap bulannya
  • Nasabah harus membayar uang muka (DP) sebesar 20 persen
  • Beberapa bank menerapkan biaya penalti, apabila nasabah melakukan pelunasan kredit emas lebih cepat dari waktu yang seharusnya.

Tabungan Emas

Setelah tahu informasi seputar kredit emas, ini saatnya untuk kamu mengetahui informasi tentang tabungan emas.

Pasalnya, perbedaan kredit emas dan tabungan emas cukup signifikan. Jika kredit emas memiliki sejumlah biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya, maka hal itu tidak berlaku untuk tabungan emas.

Dilihat dari sisi harga, tabungan emas cenderung lebih terjangkau karena bisa dimulai dari Rp10 ribu. Jadi, dengan Rp10 ribu kamu sudah bisa membeli emas dengan nominal yang sangat kecil.

Tetapi untuk pencetakannya sendiri, kamu baru bisa melakukannya setelah emas terkumpul minimal satu gram. Yang mana itu adalah hasil dari akumulasi tabungan menggunakan aplikasi yang ada.

Ketika ingin mencetak emas, kamu pun perlu tahu terlebih dahulu apakah ada biaya cetak yang dikenakan atau tidak.

Menabung emas bisa dibilang pilihan yang tepat, buat kamu yang tidak memiliki dana besar untuk membeli emas secara tunai, namun juga tidak ingin terbebani dengan cicilan.

Apalagi, tabungan emas memiliki sejumlah keunggulan yang bisa kamu nikmati, di antaranya yaitu:

  • Terjamin aman, karena disimpan oleh pihak bank atau lembaga seperti Pegadaian
  • Bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram
  • Nasabah tidak perlu memberikan uang muka (DP), ketika ingin membuka tabungan emas
  • Jangka waktu yang dimiliki tabungan emas sifatnya fleksibel
  • Emas yang dicetak nantinya bersertifikat PT Antam atau Pegadaian
  • Emas bisa dijaminkan saat ada kebutuhan mendesak.

Selain memiliki keunggulan, tabungan emas juga memiliki sejumlah kekurangan, loh! Apa saja? berikut uraiannya.

  • Emas baru bisa dicetak atau diambil setelah terkumpul minimal satu gram
  • Terdapat kurs jual dan kurs beli, jadi akan ada selisih harga ketika kamu menabung dan menjual atau menggadaikan
  • Memiliki biaya cetak yang akan dikenakan jika ingin memiliki bentuk fisik emas.

Syarat Kredit Emas dan Tabungan Emas di Pegadaian

Dari sejumlah informasi seputar perbedaan kredit emas dan tabungan emas, kamu mungkin tertarik dengan salah satunya, dan ingin segera melakukan investasi.

Tetapi sebelum itu, kamu tentu harus tahu apa saja syarat yang harus dipenuhi, jika ingin mengajukan kredit emas dan tabungan emas di Pegadaian.

Karena, ada beberapa syarat umum dan dokumen yang harus kamu lengkapi sebaik mungkin, yang di antaranya akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

Syarat Pengajuan Kredit Emas

  • Mengisi formulir Cicil Emas secara lengkap
  • Melampirkan fotokopi kartu identitas atau KTP
  • Membayar uang muka (DP) minimal 15 persen
  • Menandatangani akad.

Syarat Pengajuan Tabungan Emas

  • Memiliki identitas yang masih berlaku, seperti KTP untuk WNI dan Paspor untuk WNA
  • Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas dengan benar
  • Memenuhi sejumlah biaya transaksi Tabungan Emas.

(Baca Juga: Langkah-langkah Beli Emas Antam di Pegadaian)

Nah, beberapa informasi seputar perbedaan kredit emas dan tabungan emas, beserta syarat pengajuannya sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua informasi tersebut tentunya sangat berguna, khususnya untuk kamu yang berencana melakukan investasi emas dalam waktu dekat.

Dari pilihan kredit emas dan tabungan emas, satu di antaranya bisa kamu pilih sesuai kemampuan finansial.

Namun apapun itu, sebenarnya yang paling penting adalah berinvestasi. Meskipun tidak investasi emas, kamu bisa mulai dari investasi dalam bentuk tabungan uang biasa, yang bisa diajukan di sejumlah bank konvensional maupun Syariah di Indonesia.

Tetapi, agar pengajuan pembukaan rekening tabungan semakin praktis dan mudah, kamu bisa mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, proses pengajuannya sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!