Cek Tagihan Kartu Kredit Bank Mandiri Untuk Atur Keuanganmu

6 min. membaca Oleh Teti Purwanti on

Bank Mandiri merupakan bank milik negara yang berdiri pada 2 Oktober 1998. Sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia.

cek tagihan kartu kredit mandiri

Pada bulan Juli 1999, empat bank pemerintah — yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia — dilebur menjadi Bank Mandiri. Dimana masing-masing bank tersebut memiliki peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia.

Sampai dengan hari ini, Bank Mandiri meneruskan tradisi selama lebih dari 140 tahun. Memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian Indonesia.

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terbaik di Indonesia memiliki berbagai produk keuangan. Salah satunya kartu kredit dengan pengguna yang cukup banyak di Indonesia.

Bila kamu pengguna kartu kredit Bank Mandiri, lakukan pengecekan tagihan bulanan secara berkala. Agar tidak ada keterlambatan dalam pembayaran sehingga terhindar dari denda dan bunga. Bagi pengguna baru yang belum paham cara pengecekan tagihan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

Cek tagihan melalui SMS

Cek tagihan kartu kredit Bank Mandiri bisa dilakukan melalui SMS dengan cara:

  • Ketik TGH (spasi) KK (spasi) 16 digit nomor kartu kredit (spasi) 6 digit tanggal lahir dengan format dd/mm/yy
  • Kirim sms ke 3355
  • Setelah itu, akan ada balasan dari Bank Mandiri terkait jumlah tagihan yang harus dibayarkan

Cek tagihan melalui ATM

Kamu juga bisa menggunakan layanan ATM Bank Mandiri untuk cek tagihan kartu kredit dengan cara:

  • Masukkan kartu ATM dalam mesin dan ketikkan PIN
  • Pilih bank penerbit kartu kredit
  • Masukkan 16 digit nomor kartu kredit
  • Akan muncul jumlah tagihan dan jumlah minimum yang wajib dibayarkan
  • Masukkan nominal pembayaran dan tekan OK
  • Proses pembayaran tagihan selesai dilakukan

Cek tagihan melalui M-Banking

Cek tagihan kartu kredit Bank Mandiri juga bisa dilakukan melalui layanan aplikasi Mandiri Online. Cara yang perlu dilakukan antara lain:

  • Login Mandiri Online dengan Username dan Password atau login dengan Sidik Jari pengguna
  • Pilih Info Total Pagu yang terdapat di kolom kartu kredit.
  • Terdapat informasi limit kartu kredit pengguna
  • Apabila terdapat lebih dari satu kartu kredit, pilih Salah satu kartu kredit yang akan dilihat jumlah tagihan
  • Akan muncul kartu kredit yang Anda miliki dan jumlah tagihan berjalan. Apabila ingin melihat limit kartu kredit secara lengkap pilih ikon tanda seru yang nomor 2
  • Akan muncul sisa pagu kredit, dari pagu kredit, tagihan baru, pembayaran minimum dan tanggal jatuh tempo

Hubungi Call Center untuk minta tagihan e-Billing lewat email

Selain dengan cara-cara di atas, kamu juga bisa meminta tagihan e-Billing lewat email untuk mengetahui detail tagihan kartu kredit dengan cara hubungi call center Bank mandiri di nomor 14000. Setelah itu, petugas akan meminta alamat email untuk mengirim tagihan bulanan melalui email. Sehingga kamu bisa mengecek jumlah tagihan, detail penggunaan, minimum pembayaran, tanggal jatuh tempo, dan informasi lainnya seputar penggunaan kartu kredit Bank Mandiri.

Jenis-jenis kartu kredit Bank Mandiri

Bank Mandiri memiliki berbagai jenis kartu kredit yang terbagi ke dalam beberapa kelompok. Antara lain kelompok Travel, Automotive, Golf, Lifestyle, Hypermart, World Elite, dan Corporate dengan limit, persyaratan, dan biaya yang berbeda.

Rincian dari jenis-jenis kartu kredit tersebut antara lain:

Travel

1. Mandiri Signature

Mandiri Signature merupakan salah satu jenis kartu kredit dari kelompok Mandiri Signature. Kartu ini memiliki berbagai benefit yang bisa dimanfaatkan penggunanya. Seperti bonus tiket pesawat berupa cashback senilai Rp750 ribu, 3 kali Fiestapoin, Fiestapoin bisa ditukarkan untuk penerbangan gratis, serta complementary lounge dan airport merchant. Kartu kredit ini memiliki limit Rp40 juta hingga Rp1 miliar.

Persyaratan umum untuk bisa memiliki kartu kredit ini antara lain memiliki minimal pendapatan per bulan sebesar Rp20 juta, tidak dalam blacklist SID BI, berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah untuk kartu utama dan usia 17 tahun atau sudah menikah untuk kartu tambahan, dan usia maksimal 70 tahun untuk kartu utama dan kartu tambahan.

Biaya tahunan dari kartu kredit ini sebesar Rp900 ribu per tahun untuk kartu utama dan Rp450 ribu untuk kartu tambahan dengan bunga bulanan 2,25%.

2. Mandiri Precious

Mandiri Precious adalah kartu kredit Bank Mandiri dari kelompok travel. Penggunanya akan mendapatkan e-voucher dari Blibli.com untuk pengguna baru. Selain itu, berbagai benefit juga bisa didapatkan antara lain 3 kali Fiestapoin untuk transaksi di luar negeri, free access airport lounge and merchant, serta asuransi kecelakaan perjalanan.

Untuk bisa memiliki kartu kredit ini, pengguna harus memiliki penghasilan minimal Rp10 juta per bulan, berusia minimal 21 tahun untuk pemegang kartu utama dan 17 tahun untuk kartu tambahan, serta tidak termasuk blacklist di sistem SID BI.

Biaya tahunan untuk pengguna kartu ini sebesar Rp500 ribu untuk kartu utama dan Rp250 ribu untuk kartu kedua dengan bunga 2,25% per bulan. Limit yang bisa didapatkan dengan penggunaan kartu ini sebesar Rp10 juta hingga Rp1 miliar.

3. Mandiri Traveloka

Mandiri Traveloka merupakan jenis kartu kredit dalam kelompok Travel. Penggunanya bisa mendapatkan manfaat berupa bonus Traveloka Poin sebesar 10 ribu senilai Rp1 juta. Benefit lainnya adalah 2 kali Fiestapoin, perlindungan perjalanan, diskon 10% untuk produk Traveloka Xperience, dan bisa mengumpulkan poin Traveloka lebih cepat.

Bunga pada kartu kredit ini sebesar 2,25% per bulan dengan biaya tahunan sebesar Rp500 ribu untuk kartu utama dan Rp250 ribu untuk kartu kedua. Pengguna kartu ini harus memiliki penghasilan minimal Rp10 juta per bulan dan berusia 21 tahun untuk kartu utama dan 17 tahun untuk kartu kedua dengan limit kredit Rp5 juta hingga Rp1 miliar.

4. Mandiri SKYZ

Pengguna kartu kredit ini bisa mendapatkan cashback untuk transaksi liburan sebesar Rp200 ribu, 2 kali Fiestapoin, mengubah transaksi menjadi cicilan, dan benefit lainnya.

Untuk bisa mendapatkan kartu kredit ini, seseorang harus berusia 21 tahun atau sudah menikah untuk kartu utama. Lalu 17 tahun atau sudah menikah untuk kartu tambahan. Pemegang kartu ini harus memiliki penghasilan bulanan minimal Rp3 juta dan tidak masuk dalam blacklist sistem SID BI. Limit yang ditawarkan pada kartu ini mulai dari Rp2 juta hingga Rp300 juta.

Bunga kartu kredit ini sebesar 2,25% dengan biaya tahunan Rp300 ribu untuk kartu utama dan Rp180 ribu untuk kartu tambahan.

Automotive

Pada kelompok ini, ada satu jenis kartu kredit yakni Mandiri Co Brand Pertamina dengan benefit berupa bonus 20 liter BBM berupa cashback senilai Rp200 ribu. Benefit lainnya adalah tidak ada biaya pada transaksi di SPBU, perlindungan asuransi kecelakaan, dan 2 kali Fiestapoin untuk setiap transaksi di SPBU.

Pengguna kartu ini harus memiliki penghasilan bulanan minimal Rp5 juta per bulan dan tidak termasuk dalam blacklist SID BI.

Persyaratan lainnya tidak berbeda dengan kartu kredit lain. Limit kartu kredit ini sebesar Rp5 juta hingga Rp100 juta dengan bunga bulanan 2,25%. Biaya tahunannya Rp400 ribu untuk kartu utama dan Rp200 ribu untuk kartu tambahan.

Selain kartu kredit tersebut, berbagai jenis kartu kredit lain dari kartu kredit Bank Mandiri antara lain ada tiga jenis kartu kredit untuk kelompok Golf khusus bagi penggemar golf dengan berbagai keuntungan berupa akses ke fasilitas golf terbaik, termasuk rangkaian turnamen golf yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri.

(Baca Juga: Mengaktivasi Kartu Kredit BCA? Ini Cara Mudahnya!)

Selain itu, ada tiga jenis kartu kredit untuk kelompok lifestyle untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan penawaran menarik dari maskapai, toko retail dan online, restoran, hotel, dan tempat rekreasi, serta konser artis internasional di luar negeri.

Kemudian ada satu jenis kartu kredit untuk kelompok Hypermart, yang dipersembahkan khusus untuk nasabah yang rutin berbelanja bulanan di Hypermart dan menawarkan diskon sepanjang tahun untuk berbagai produk pilihan dengan harga spesial pada periode tertentu.

Bank Mandiri juga memiliki dua jenis kartu kredit untuk kelompok World Elite yang merupakan kartu kredit level tertinggi dari Bank Mandiri yang diperuntukkan untuk nasabah Private Banking Bank Mandiri yang memiliki kelolaan dana lebih dari Rp20 miliar.

Selanjutnya, ada satu kartu kredit untuk kelompok Corporate yang diterbitkan untuk memenuhi kebutuhan transaksi dan perjalanan bisnis perusahaan dengan menyediakan kemudahan bagi perusahaan untuk mengontrol setiap transaksi yang dilakukan oleh pegawai.

Dari berbagai jenis kartu kredit yang disediakan Bank Mandiri, kamu bisa mengajukan kartu kredit yang sesuai dengan kemampuan dan juga kebutuhan kamu dengan mempertimbangkan persyaratan yang ada seperti pendapatan per bulan dan persyaratan lainnya.

Tentang kami

Teti Purwanti

Teti Purwanti