Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Medan

7 min. membaca Oleh CekAja on

Medan dikenal dengan kekayaan kuliner yang melimpah, dari kudapan hingga makanan beratnya dikenal hingga seantero Indonesia. Oleh-oleh favorit dan murah khas Medan seperti ikan teri dan sirup buah markisa selalu jadi buruan para pelancong. Rasa kuliner medan yang khas menjadi candu bagi para wisatawan yang mampir kemari.

Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Medan

Jika Anda tertarik mengunjungi kota berjuluk Kota Melayu Deli tersebut jangan lupa untuk membeli oleh-oleh favorit dan murah khas Medan dibawah ini:

10 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Medan

1. Bika Ambon

Bika Ambon - Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Medan

Salah satu penganan khas kota Medan yang paling terkenal ya bika ambon. Bahkan sudah banyak toko kue di pulau Jawa yang menjual makanan ini. Tidak heran jika banyak orang tidak tahu bahwa bika ambon adalah makanan khas Medan. Justru sebagian kalangan mengira jika bika ambon berasal dari Ambon.

Bika ambon adalah sejenis kue yang dibuat dari tepung tapioka, gula, santan dan air nira. Rasanya legit dengan tekstur berlubang diatasnya. Dulu rasa bika ambon hanya itu-itu saja, namun kini lebih bervariasi dengan menghadirkan rasa pandan dan keju. Warnanya kuning dan rasa nikmatnya tidak akan hilang kendati Anda menyantapnya saat sudah dingin. Dibuat tanpa bahan pengawet, bika ambon dapat bertahan selama 4 hari di suhu ruangan.

Banderol harga: Mulai Rp 50.000

Lokasi: Bika Ambon Zulaikha, Jl Mojopahit, No. 62 dan 96 DEF

2. Bolu Meranti

Bolu Meranti - Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Medan

Bolu meranti ini sejenis bolu gulung yang banyak kita temui di pasaran. Namun ada yang membedakannya dengan bolu lain yakni rasanya yang cenderung legit. Pencipta resep bolu meranti ini adalah Nyonya Ai Ling seorang ibu rumah tangga yang iseng-iseng membuat resep baru, yang ternyata disukai banyak orang.

Tersedia dalam banyak varian rasa seperti coklat, keju, nanas, kacang, moka dan stroberi. Salah satu oleh-oleh favorit dan murah khas Medan ini dapat bertahan hingga tiga hari pada suhu ruangan. Cocok untuk Anda bawa pulang sebagai buah tangan.

Harga : Mulai Rp 50.000

Lokasi : Jl Kuring 2K dan Jalan Sisingamangaraja No. 19B

3. Pancake Durian

Pancake Durian - Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Medan

Medan adalah surganya durian, kelezatan  the king of fruits Medan bahkan sudah mendunia, menariknya durian disini sering dibanderol dengan harga miring membuatnya menjadi salah satu Salah satu oleh-oleh favorit dan murah khas Medan. Nah di Medan ada salah satu olahan buah beraroma menyengat ini yang sering diburu wisatawan yaitu pancake durian.

Pancake durian ini dibuat dari tepung yang dibentuk sedemikian rupa dengan isian buah durian. Uniknya dari pancake durian ini adalah varian rasa yang ditawarkan bermacam-macam diantaranya original, mocca, coklat dan pandan. Dibanding buah durian utuh tentu pancake ini lebih tahan lama.

Harga : Mulai Rp 50.000

Lokasi : Durian House, Jalan Sekip No 67

4. Sirup Buah Markisa

Sirup Buah Markisa - Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Medan

Saking terkenalnya sirup buah markisa sebagai oleh-oleh favorit dan murah khas Medan, banyak pabrikan besar yang akhirnya mencoba meniru sirup khas Medan ini untuk dijual dipasaran pulau Jawa. Namun tetap tak mampu mengalahkan orisinalitas rasa yang ditawarkan sirup buah markisa.

Minuman ini terbuat dari buah markisa asli Dataran Tinggi Karo, Berastagi. Bagi Berastagi markisa adalah produk unggulannya karena dikenal punya rasa yang segar dibanding markisa dari daerah lain. Selain itu markisa Berastagi juga dikenal punya kandungan antioksidan dan vitamin C sangat tinggi. Mengonsumsi sirup ini selain dapat menyegarkan juga mampu memberikan nutrisi untuk tubuh.

(Baca Juga: Inilah Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Pekalongan)

Dari berbagai mereka markisa yang ada Sirup Markisa Pohon Pinang dan Sarang Tawon merupakan merek yang paling diburu. Tidak sulit mencari sirup khas satu ini karena tersedia di hampir seluruh toko oleh-oleh di kota Medan.

Harga: Mulai Rp 100 ribu per botol

Lokasi : Diseluruh toko oleh-oleh kota Medan

5. Teri Medan

Teri Medan - Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Medan

Masyarakat Indonesia khususnya ibu rumah tangga pasti sudah tak asing lagi dengan penganan satu ini, teri medan layak masuk dalam daftar oleh-oleh favorit dan murah khas Medan karena selain menawarkan olahan ikan yang murah juga punya rasa yang khas. Varian ikan teri yang paling diburu adalah jenis ikan teri tauge Medan dan ikan teri nasi Medan. Teri Medan ini ukurannya kecil dan berwarna putih, rasanya bukan hanya asin namun juga gurih.

Kini teri Medan sudah diolah menjadi makanan lain yang bercita rasa tinggi. Salah satu teri olahan yang banyak diburu adalah Teri Bajak Medan. Produk ini mengemas ikan teri menjadi sambal ikan teri dengan berbagai rasa, seperti sambal cabai merah dan cabai rawit.

Harga : Mulai Rp 30.000 per botol

Lokasi : Toko Nusantara, Jalan T. Amir Hamzah No 17

6. Manisan Jambu Biji

Manisan Jambu Biji - Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Medan

Medan juga dikenal punya penganan khas yang dibuat dari jambu biji, yakni manisan jambu biji. Seperti manisan pada umumnya, manisan jambu biji ini bercitarasa pedas manis dan segar. Di Medan manisan ini bertebaran di setiap sudut kota karena sudah menjadi menu favorit warga lokal. Namun menurut beberapa wisatawan yang sempat singgah kesini, manisan jambu biji yang paling populer ada di Toko Aguan yang terletak di Jalan Kruing No 3D. Satu botol manisan jambu biji dapat bertahan hingga tiga hari di suhu ruangan, bisa lebih lama jika disimpan di lemari pendingin.

Harga : Mulai Rp 50.000 per kilo

Lokasi : Toko Aguan, Jalan Kruing No 3D

7. Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk - Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Medan

Oleh-oleh favorit dan murah khas Medan selanjutnya adalah kacang sihobuk. Sesuai namanya, kacang sihobuk ini memang berasal dan dilah di Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Kacang sihobuk sejak dulu dikenal dengan rasa gurih dan lezatnya. Pengolahan kacang sihobuk juga cukup unik yakni dengan dimasak bermediakan pasir (sangrai) dalam kuali besar. Kacang tanah ini harus digoreng hingga kering merata untuk mendapatkan rasa lezatnya. Kacang ini hanya bisa ditemui di sekitar jalan lintas Sumatera di kawasan Silangkitang. Namun kini sudah banyak kios-kios yang menjualnya dalam paketan kecil.

Harga: Mulai Rp 200 ribu per kaleng

Lokasi : Kawasan Silangkitang 

8. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang - Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Medan

Oleh-oleh favorit dan murah khas Medan yang wajib Anda bawa pulang adalah kopi Sidikalang. Kopi yang berasal dari pegunungan ini dikenal punya citarasa kopi yang kuat dan khas, bahkan layak disejajarkan dengan kopi-kopi dari Brazil yang sudah mendunia. Kopi Sidikalang ini dijual dalam bentuk biji kopi dan bubuk kopi.

Tak perlu ke Sidikalang untuk mendapatkannya karena kopi ini marak ditemukan di berbagai pasar tradisional maupun modern di kota Medan.

Harga: Mulai Rp 150 ribu per 1kg

Lokasi : Diberbagai toko oleh-oleh khas Medan

9. Lemang

Lemang - Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Medan

Lemang adalah salah satu Oleh-oleh favorit dan murah khas Medan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur santan dan digulung menggunakan daun pisang. Cara pengolahannya juga unik, yakni semua bahan dimasukkan ke ruas bambu yang sebelumnya sudah dilapisi dengan daun pisang, kemudian dibakar di atas bara api. Rasanya pulen dan gurih dengan aroma khas karena penggunaan ruas bambu sebagai media untuk memasak. Warga lokal Medan biasa menyantap Lemang dengan tambahan tapai, durian, atau selai srikaya.

Kata warga Medan, Lemang ini sudah ada sejak 1970-an. Tidak sulit menemukan Lemang di sepanjang jalanan kota Medan. Namun paling banyak bisa ditemui di sekitar Jalan Flamboyan, Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Bromo. Salah satu Lemang yang terkenal adalah Lemang Flamboyan, karena punya cita rasa Lemang yang wanginya khas. Lemang yang dibuat tanpa bahan pengawet hanya bisa bertahan dua hari itupun jika masih terlapis bambu. Sebaiknya lemang langsung disantap jika sudah dipisahkan dari bambunya.

Harga : Mulai Rp 20.000

Lokasi : Jalan Flamboyan, Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Bromo

10. Pia Tamiang

Pia Tamiang - Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Medan

Medan dikenal dengan oleh-oleh kue keringnya, salah satu yang sering jadi buruan untuk dijadikan buah tangan adalah Pie Tamiang. Cara pembuatannya sama dengan pie pada umumnya, yakni terbuat dari tepung yang dicampur dengan air dan minyak plus berbagai varian untui isiannya. Proses pembuatannya sangat sederhana, yakni setelah semua bahan dicampur kemudian dicetak bulat seperti telur ayam. Pie Tamiang ini sudah eksis sejak 1950-an dan tidak ada perubahan rasa yang membuat kecewa.

Pia Tamiang ini dulunya diciptakan oleh Gwe Yen Huat dari Tionghoa, dulu penganan ini lebih dikenal dengan nama Pia Hou Chen. Pia Tamiang dapat Anda temukan di di Jalan Tamiang No. 16, Medan.

Harga: Mulai Rp 70 ribu per pak

Lokasi : Jalan Tamiang No. 16, Medan.

3 Toko Souvenir Terpopuler di Kota Medan

Ketika berkunjung ke kota Medan selain membawakan makanan sebagai buah tangan, rasanya kurang lengkap jika tidak membeli souvenir khasnya. Medan punya kekayaan budaya yang melimpah, temukan salah satu yang paling berkesan untuk Anda di toko-toko berikut ini.

1. Jegez Gallery

Di Jegez Gallery ini menjual berbagai souvenir khas Medan. Mulai dari kaos dan souvenir unik, handycraft, kopi Sumatera, kacang Sihobuk, ikan teri, ulos hingga kain tenun. Lokasi galeri ada di Jl. Setia Budi No. 370 Tj. Sari, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20132, yang buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi sampai pukul 20.00 malam.

2. Galeri Ulos Sianipar

Salah satu galeri yang pernah pernah menerima penghargaan dari MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia), dengan membuat ulos terpanjang di dunia mencapai 433 meter. Anda bisa membeli kain tenun ulos,  songket, kopi, hingga dan beragam kerajinan unik khas suku Batak. Galeri milik Robert Sianipar ini sudah dikenal hingga mancanegara. Sebagai informasi untuk bisa membawa pulang sebuah kain Ulos Anda harus mengeluarkan hingga Rp 10 Juta. Lokasi galeri terletak di Gg. Pendidikan No.130, Binjai, Kec. Medan Denai, Kota Medan.

3. Toko Souvenir Khas Medan 17 Vimala Gift Shop

Toko Souvenir Khas Medan 17 Vimala Gift Shop dikenal karena menyediakan pernak pernik khas Batak super lengkap dengan harga yang ramah kantong. Jika ingin membawa pulang oleh-oleh dalam jumlah banyak sangat direkomendasikan ke toko ini yang terletak di Jl. Teuku Umar No. 15, Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan.

Untuk Kamu yang ingin jalan-jalan ke Medan, yuk ajukan Asuransi perjalanan sekarang juga.

Tentang kami

CekAja

CekAja