Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Pinjaman Buat Usaha Akan Membuahkan Hasil Jika Kamu Ikuti Tips Ini

by Satrya Agung on 21 Maret, 2016

bisnis rumahan - CekAja.com

Seberapa pun modal usaha awal yang kamu miliki untuk memulai sebuah bisnis, tidak menjadi patokan bahwa bisnis yang akan kamu jalani tersebut pasti akan berkembang.

Dengan demikian jika kamu akan memulai usaha dengan modal kecil, maka jangan putus asa. Kamu tetap bisa mulai berbisnis, meski pun dengan modal yang amat sangat kecil. Bahkan beberapa pengusaha sukses memulai bisnis mereka dengan modal dengkul alias dengan bermodal kepercayaan saja.

Karena keuletan mereka dan strategi yang matang, bisnisnya pun melesat tinggi. Itu pun bisa terjadi dengan kamu. Jadi jangan berkecil hati, apalagi modal kamu berasal dari pinjaman buat usaha yang kamu dapatkan dari teman, saudara, atau bank.

Jika modal awal kamu dari orang sekitar dan terdekat dengan kamu tentu prosesnya tidaklah rumit. Tapi jika berasal dari bank maka ada beberapa persyaratan umum yang harus kamu penuhi. Tergantung dari jenis pinjaman apa yang akan kamu ajukan.

Apakah itu pinjaman dengan agunan, atau KTA, atau pinjaman untuk usaha kecil dan menengah. Ada banyak artikel yang membahas cara mendapatkan pinjaman tersebut. Semuanya bisa kamu lihat di sini.

Sekarang kita tidak akan membahas mengenai cara mendapatkan pinjaman tersebut, tapi bagaimana caranya modal yang dari pinjaman buat usaha tadi bisa membuahkan hasil? Mari kita simak pembahasan di bawah ini.

Seperti yang sudah kita singgung di awal pembahasan, dalam sebuah bisnis, besar atau kecil modal bukanlah faktor penentu akan keberhasilan bisnis kamu. Walau dengan besarnya modal yang dimiliki akan mempermudah dan mempercepat proses produksi dan bahkan menekan biaya karena bisa melakukan produksi dalam jumlah besar yang tentunya akan menekan harga per itemnya. Meski demikian perlu diperhatikan juga asal dari pinjaman tersebut.

Jika modal awal tersebut berasal dari tabungan yang tidak mengganggu cashflow kamu maka tentu tidak akan menimbulkan beban di kemudian hari. Tapi jika itu adalah berasal dari pinjaman, pasti kamu akan sangat berhati-hati dalam mengelolany, belum lagi pusing memikirkan tagihannya tiap bulan.

Lalu, jika modal bukanlah penentu keberhasilan sebuah bisnis, lalu apa yang dibutuhkan agar bisnis yang dijalani bisa tumbuh kembang? Pinjaman modal usaha online adalah pinjaman modal usaha secara online. Lantas, pinjaman modal usaha syariah bukanlah pinjaman modal usaha tanpa jaminan.

Pilih bisnis yang cocok dengan diri kamu

Banyak orang memulai usahanya karena ikut-ikutan. Sedangkan dia sendiri tidak begitu dengan jenis usaha tersebut. Alhasil orang ini akan membutuhkan banyak bantuan yang mana berujung membengkaknya pengeluaran. Misal, kebutuhan akan konsultan untuk membimbingnya. Sedangkan jika ia paham dengan jenis usaha tersebut, maka tidak dibutuhkan jasa konsultan.

Maka dengan demikian, pilihlah jenis usaha yang kamu senangi, atau sesuai dengan passion kamu, bahkan akan jauh lebih baik jika itu adalah hobi kamu. Otomatis kamu akan selalu bersemangat menjalaninya dan tahu betul seluk beluknya.

Kreatiflah dalam berpromosi

Ini yang sering kali orang acuhkan. Mereka berpromosi seperti biasa. Hasilnya apa yang mereka promosilkan tidaklah terlalu menarik, sehingga apa yang ia jual tidak akan lebih menonjol dari pemain lama. Dan ingat, kreatif tidak harus mahal. Gunakan aset yang telah tersedia seperti media sosial dan internet.

Ulet!

Mungkin ini saran dan nasehat yang sering kita dengar dari orang tua. Tapi memang demikian adanya. Segala sesuatu yang dijalani dengan ulet maka akan membuahkan hasil yang maksimal.

Semoga artikel ini bermanfaat dan teruslahkejar impianmu. Jangan berkecil hati walau modal kamu adalah pinjaman buat usaha, tidaklah menutup kemingkinan kamu akan berhasil! Banyak modal usaha gratis. Contohnya, pinjaman buat usaha. Bank juga memberikan pinjaman seperti pinjaman modal usaha bank bri, pinjaman modal usaha bank mandiri. begitu halnya dnegan pemerintah, memberikan pinjaman modal usaha dari pemerintah.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami