5 Pinjaman Dana Tanpa Bunga Terbaik

Ternyata, saat ini sudah terdapat pinjaman dana tanpa bunga yang bisa kamu jadikan pilihan lho. Umumnya, suku bunga itu sendiri seringkali menjadi beban ketika kita ingin membayar cicilan atas pinjaman yang kita ajukan.

Pinjaman Dana Tanpa Bunga

Sebab, dengan adanya bunga, jumlah cicilan yang harus kita bayar setiap bulannya justru menjadi lebih besar dibandingkan jumlah dana yang kita pinjam.

Meski begitu, memang tak dapat dipungkiri bahwa hampir setiap pengajuan pinjaman, baik itu di bank maupun lembaga pinjaman online, umumnya telah memiliki angka suku bunga yang ditetapkan dan tak dapat diganggu gugat.

(Baca Juga: 6 Aplikasi Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji)

Nah, kabar baiknya, nyatanya saat ini sudah ada beberapa pinjaman dana tanpa bunga yang bisa kamu manfaatkan.

Seluruh kebutuhan dapat terpenuhi, dan kamu pun juga hanya perlu membayar cicilan untuk pinjaman pokoknya saja, tanpa dibebankan oleh bunga yang besar.

Apabila saat ini kamu tengah mencari pinjaman dana tanpa memberikan beban bunga sama sekali, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa pinjaman dana tanpa bunga yang mungkin bisa kamu jadikan pilihan. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Pinjaman Dana Tanpa Bunga

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa pinjaman dana tanpa bunga yang bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, yaitu adalah:

1. Manfaatkan Bunga 0 Persen dari Kartu Kredit

5 Pinjaman Dana Tanpa Bunga Terbaik - Manfaatkan Bunga 0 Persen dari Kartu Kredit

Pinjaman tanpa bunga yang pertama adalah dengan memanfaatkan bunga 0 persen yang ditawarkan oleh kartu kredit.

Selain kamu berkesempatan untuk mendapatkan berbagai diskon dan promo, ternyata bertransaksi menggunakan kartu kredit juga memiliki keuntungan lainnya, yaitu bunga 0 persen, yang membuat transaksi belanja setiap penggunanya menjadi jauh lebih hemat.

Umumnya, banyak orang yang beranggapan bahwa menggunakan kartu kredit justru lebih mahal.

Sebab, apabila membayar cicilan ketika sudah melewati jatuh tempo, maka kamu tak hanya harus membayar jumlah cicilannya saja, melainkan juga ditambah dengan bunga dan denda keterlambatan.

Padahal, jika menggunakannya secara benar dan tepat, kamu bahkan bisa mendapatkan keuntungan bunga 0 persen untuk transaksi yang dilakukan.

Akan tetapi untuk memanfaatkan pinjaman dana tanpa bunga satu ini, ketahui dulu syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

2. Ammana

5 Pinjaman Dana Tanpa Bunga Terbaik - Ammana

Pinjaman dana tanpa bunga selanjutnya adalah dengan melalui salah satu perusahaan P2P Lending di Indonesia, Ammana.id.

Di sini, Ammana berperan sebagai penghubung antara pemberi pinjaman dan pemohon, dan memungkinkan kamu untuk mengajukan pinjaman dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Akan tetapi, perusahaan startup satu ini lebih terfokus kepada kebutuhan usaha UMKM, sehingga dampaknya itu sendiri dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pinjaman dana tanpa bunga ini menggunakan sistem non-direct funding, yang berarti UMKM harus menjadi bagian atau anggota dari mitra keuangan syariah mikro yang terdaftar di Ammana terlebih dahulu.

Dimana, fungsinya adalah sebagai lembaga kurasi kelayakan usaha UMKM yang akan didanai bersama para lender atau pendana melalui skema crowdfunding.

Jika ingin mengajukan pinjaman di ammana, kamu bisa mengunjungi situsnya di ammana.id atau melalui aplikasi yang bisa didownload melalui playstore maupun appstore.

3. Investree

5 Pinjaman Dana Tanpa Bunga Terbaik - Investree

Pinjaman dana tanpa bunga selanjutnya adalah Investree, yang merupakan sebuah perusahaan startup yang bergerak di fintech namun berprinsip Syariah.

Pinjaman yang diberikan oleh perusahaan ini berupa pembiayaan modal kerja atas tagihan berjalan. Sehingga, di sini kamu tidak bisa mengajukan pinjaman untuk kepentingan konsumtif.

Beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan dari platform pinjaman ini adalah, kamu bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan Syariah maksimal 80 persen dari nilai invoice atau maksimal Rp2 juta untuk setiap invoicenya.

Sementara itu, tenornya itu sendiri bisa mencapai 6 bulan, namun tentunya harus disertai dengan analisis dari pihak Investree.

Untuk mengajukan pinjaman di Investree, kamu hanya perlu mendownload aplikasi Investree melalui Playstore maupun AppStore, dan melengkapi informasi yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman.

4. Duha Syariah

5 Pinjaman Dana Tanpa Bunga Terbaik - Duha Syariah

Pinjaman dana tanpa bunga selanjutnya adalah melalui Duha Syariah, yang juga merupakan platform P2P yang mempertemukan antara pemberi pinjaman dengan pemohon.

Sesuai dengan namanya, Duha Syariah memiliki prinsip bebas riba atau Syariah, sehingga pinjaman yang diajukan pun terbilang bebas bunga.

Di sini, terdapat dua produk pinjaman yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu pembiayaan konsumtif (barang atau jasa) dan pembiayaan untuk perjalan religi, seperti Umroh dan wisata halal.

Selain dapat mengajukan pinjaman dana sesuai dengan kebutuhan, melalui Duha Syariah kamu bahkan juga bisa memilih tenor yang diinginkan lho.

Untuk pembiayaan konsumtif, kamu bisa memilih tenor mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, hingga 12 bulan.

Sementara itu untuk perjalanan religi, tenor yang ditawarkan relatif lebih panjang, yaitu mulai dari 12 bulan, 18 bulan, hingga 24 bulan.

Jika ingin mengajukan pinjaman, kamu hanya perlu mendownload aplikasi Duha Syariah di Google Play maupun App Store, setelah itu isi seluruh informasi yang dibutuhkan dalam mengajukan pinjaman.

Pada nantinya, pihak dari Duha Syariah akan melakukan analisis terlebih dahulu untuk menentukan apakah pengajuan pinjaman yang kamu lakukan layak untuk disetujui atau tidak.

5. Pegadaian

5 Pinjaman Dana Tanpa Bunga Terbaik - Pegadaian

Nah, pinjaman dana tanpa bunga yang terakhir akan kita bahas adalah dengan melalui PT Pegadaian, yang notabene sebagai perusahaan milik pemerintah dan institusi gadai paling dikenal, khususnya di Indonesia.

Di pegadaian, sistem yang berlaku adalah sewa modal, dan bukan bunga. Selain itu, beban biaya yang diberlakukan hanyalah biaya administrasi saja.

Sistem sewa modal akan dihitung setiap 15 hari sebanyak 1,15 persen. Apabila kamu bisa mengembalikan dana kurang dari 15 hari, maka secara otomatis sewa modalnya pun akan semakin rendah.

Di salah satu pinjaman dana tanpa bunga ini, kamu bisa mengajukan pinjaman untuk berbagai kebutuhan. Akan tetapi, nilai pinjaman yang dapat diterima akan disesuaikan dengan nilai taksir dari jaminan yang kamu berikan kepada pegadaian.

Beberapa barang yang dapat dijadikan sebagai jaminan diantaranya seperti smartphone, barang elektronik, perhiasan emas, hingga kendaraan bermotor.

Pada nantinya, barang-barang ini akan digunakan sebagai jaminan dan akan ditaksir nilainya berdasarkan kualitas. Setelah selesai ditaksir, maka kamu bisa langsung mendapatkan dana pinjaman.

Tips Mengajukan Pinjaman Dana Tanpa Bunga

Setelah mengetahui tentang beberapa wadah yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengajukan pinjaman dana tanpa bunga, sekarang saatnya mengetahui tentang tips mengajukan pinjamannya itu sendiri.

Bagi sebagian besar orang, tawaran mengenai pinjaman dana tanpa bunga akan terdengar begitu menggiurkan.

Meski begitu, bukan berarti kamu bisa mengajukanya di sembarang tempat. Oleh karena itu, agar pengajuan pinjaman dana tanpa bunga dapat dilakukan dengan aman, cepat, dan lancar, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan, yaitu adalah:

  • Tentukan jumlah dana yang ingin dipinjam terlebih dahulu
  • Cari institusi atau lembaga keuangan yang terdaftar di OJK
  • Sesuaikan jumlah pinjaman dengan kemampuan finansial kamu
  • Memenuhi seluruh berkas dan dokumen yang dibutuhkan secara lengkap

Risiko Pinjaman Dana Tanpa Bunga

Yang namanya pinjaman, jelas harus dibayar, bukan? Sebab, itu sama saja dengan utang. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan pinjaman dana tanpa bunga, pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi finansial kamu memang sanggup untuk membayar cicilan.

Karena, sekalinya kamu telat membayar, tidak menutup kemungkinan kamu bisa langsung masuk ke dalam daftar blacklist, yang akan mempersulit kamu untuk mengajukan pinjaman kembali di masa yang akan datang.

Selain itu, pinjaman dana tanpa bunga terkadang juga membuat peminjam menjadi menjadi merasa sewenang-wenang dan terkadang lalai dalam mengembalikan pinjaman.

Karenanya, meskipun termasuk tawaran yang menggiurkan, alangkah lebih baiknya jika kamu tetap mengajukan pinjaman yang disertai dengan bunga, guna membangun rasa disiplin kamu dalam membayar dan melunasi cicilan.

Ingin Mengajukan Pinjaman dengan Bunga Bersaing? CekAja.com Saja!

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai pinjaman dana tanpa bunga. Nah, apabila saat ini kamu justru sedang mencari lembaga pinjaman yang menawarkan suku bunga bersaing, segera kunjungi CekAja.com saja!

Sebab di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis pinjaman manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Tak hanya itu, kamu bahkan juga bisa memilih pinjaman berdasarkan besaran suku bunga, plafon yang dibutuhkan, hingga tenor yang diinginkan lho.

(Baca Juga: 5 Aplikasi Pinjaman Online Bunga Ringan)

Sehingga, kamu tak perlu khawatir lagi dalam membayar cicilan, karena semuanya akan disesuaikan dengan kemampuan finansial kamu.

Dengan proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online sepenuhnya, kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah, karena pengajuan pinjaman dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Jadi, yuk tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman di CekAja.com untuk memenuhi berbagai kebutuhan.