Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Jurus untuk Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

by lhmdi on 29 Desember, 2016

pinjaman bisnis - CekAja.com

Pinjaman modal usaha saat ini menjadi salah satu kebutuhan paling penting bagi masyarakat. Baik itu untuk memulai usaha baru atau hanya untuk mendapatkan modal atau investasi.

Khususnya, bagi masyarakat yang memulai atau mendapatkan modal usaha baru untuk usaha kecil dan menengah menjadi hal yang sangat penting.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 yang mengatur tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, menjelaskan ketiga jenis usaha tersebut dalam pengertiannya masing-masing.

  1. Usaha mikro

Yaitu pengusaha yang memiliki kekayaan bersih paling banyak senilai Rp 50.000.000. Catatan kekayaan ini tidak termasuk nilai tanah serta bangunan tempat usaha. Selain itu seorang pengusaha memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak bernilai Rp 300 juta.

(Baca juga: Mau Bisnis Tapi Minim Modal? Ini 9 Sumber Modal Usaha yang Bisa Kamu Manfaatkan)

  1. Usaha kecil

yaitu seorang pengusaha yang memiliki harta atau kekayaan bersih bernilai Rp 50.000.000 hingga Rp 500.000.000. Catatan ini dihitung tidak termasuk hak milik tanah serta bangunan tempat usaha. Selain itu jenis usaha kecil juga dilihat dari hasil penjualan tahunan si pengusaha yang berkisar pada angka Rp 300 juta hingga Rp 2,5 miliar.

  1. Usaha menengah

yaitu seorang pengusaha yang memiliki harta kekayaan bersih yang bernilai dari Rp 500 juta hingga Rp 10 Miliar. Sebagai catatan, nilai kekayaan ini tidak termasuk tanah serta bangunan tempat usaha, serta memiliki penghasilan penjualan tahunan Rp 2.5 hingga 50 Miliar.

Catatan mengenai usaha kecil dan menengah ini biasanya dijadikan sebagai acuan untuk menggunakan kredit UKM. Sejumlah bank saat ini secara bertahap memiliki program kreditnya sendiri untuk usaha kecil dan menengah.

(Baca Juga : Alasan Kartu Kredit Punya Pengaruh Terhadap Pinjaman Tanpa Agunan BRI)

Namun, yang paling menarik tentu saja adalah kredit dari bank BRI yang memang dikenal dekat dengan usaha kecil dan menengah bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pinjaman modal usaha mereka. Apa saja jenis kredit yang diberikan BRI khusus untuk pengusaha UMKM.

Berikut gambarannya:
  1. Kredit mikro yang merupakan jenis kredit yang diberikan untuk membiayai usaha mikro. BRI sendiri memberi nama jenis pinjaman ini dengan istilah KUR atau kredit usaha rakyat. Hanya dengan melampirkan kartu tanda penduduk, kartu keluarga, serta surat ijin usaha, maka bank akan mempertimbangkan untuk memberikan kredit kepada masyarakat yang membutuhkan.
  2. Kredit usaha kecil merupakan jenis pinjaman yang digunakan untuk membiayai kegiatan usaha kecil. Sebagai contoh jenis pinjaman yang diberikan BRI untuk usaha kecil ini adalah Kupedes. yaitu kredit yang diberikan untuk membiayai kegiatan usaha kecil. Keuntungan dari menggunakan Kupedes BRI diantaranya adalah jumlah angsuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bebas biaya provisi serta debitur juga akan mendapatkan layanan untuk asuransi jiwa.
  1. Kredit usaha menengah atau dikenal juga dengan kredit modal kerja merupakan pinjaman yang digunakan untuk membiayai kegiatan usaha menengah. Persyaratannya pun cukup mudah dan hampir sama dengan kredit usaha mikro.
  1. Kredit korporasi merupakan jenis pembiayaan atau pinjaman yang dapat digunakan untuk membiayai kegiatan perusahaan misalnya untuk usaha Agribisnis seperti sektor perkebunan yang meliputi kelapa sawit, karet, kakao. Sementara itu bagi yang ingin mengembangkan usaha di sektor peternakan meliputi bisnis ayam potong, sapi perah, ternak lele, hingga tambak udang. Selanjutnya bagi pengusaha yang bergerak di sektor industri dan perdagangan meliputi kegiatan usaha di bidang pestisida oleokimia dan lain-lainnya.

Bagi kamu yang sedang bergerak di bidang usaha kecil dan menengah, dan tertarik mendapatkan pinjaman atau pembiayaan, mana yang akan menjadi pilihan kamu?

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami