3 Pinjaman Pendidikan Anak Terbaik dengan Proses Cepat, Apa Saja?

Untuk sebagian orang, mengajukan pinjaman pendidikan anak terbaik mungkin pilihan yang tepat. Sebab dengan begitu, mereka bisa memenuhi kebutuhan pendidikan tak terduga yang harus dipenuhi secara cepat.

Pilihan pinjaman pendidikan anak terbaik pun ada sangat banyak. Ada yang berasal dari bank maupun lembaga keuangan non-bank lainnya.

Semua pinjaman pendidikan anak tersebut, tentu mampu memberikanmu pinjaman dana sesuai kebutuhan. Hanya saja, setiap bank atau lembaga memiliki persyaratan dan prosedurnya masing-masing.

Sehingga, kamu perlu mengetahuinya terlebih dahulu dan melakukan perbandingan, untuk bisa mendapatkan pinjaman pendidikan anak terbaik yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Nah, untuk memudahkanmu mengetahui apa saja daftar pinjaman pendidikan anak terbaik, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa rekomendasi, dan akan mengulasnya secara lengkap sebagai berikut.

Apa Itu Pinjaman Pendidikan Anak

Jika berbicara tentang pinjaman pendidikan anak, hal pertama yang perlu kamu ketahui, yaitu informasi dasar dari pinjaman pendidikan anak itu sendiri.

Dilihat dari namanya, pinjaman pendidikan anak ini merupakan sebuah fasilitas pinjaman yang dihadirkan bank atau lembaga keuangan, yang ditujukan untuk membiayai kebutuhan pendidikan awal atau lanjutan, serta untuk mendanai biaya kebutuhan hidup guna menunjang pendidikan.

Pinjaman pendidikan anak sendiri, baik yang berasal dari bank maupun non bank, tentu memiliki suku bunga pinjaman yang cenderung rendah dengan tenor panjang.

Namun untuk masa tenor sendiri, itu bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing peminjam atau debitur.

Intinya, produk pinjaman pendidikan anak ini hadir untuk membantu para nasabah, dalam mendapatkan dana pendidikan awal ataupun lanjutan, tanpa harus memberikan agunan atau jaminan, baik berupa aset maupun barang berharga lainnya.

Pinjaman pendidikan pun tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa saja, tetapi juga menjadi solusi untuk para orang tua yang membutuhkan dana cepat, untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anaknya.

Apalagi, plafon yang diberikan pinjaman pendidikan anak terbaik biasanya akan disesuaikan dengan penghasilan tetap debitur.

Dengan begitu, nantinya kamu selaku debitur tidak akan terbebani dengan angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya, selama masa tenor berlangsung.

(Baca Juga: Kemudahan Pinjaman Dana Pendidikan)

Ketahui Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui informasi dasar tentang pinjaman pendidikan anak, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui cara mempersiapkan dana pendidikan anak.

Karena sebenarnya, pinjaman pendidikan anak merupakan salah satu solusi atau jalan alternatif yang bisa ditempuh, apabila kamu sudah tidak memiliki persediaan dana untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman pendidikan anak, ada baiknya dari jauh hari kamu sudah mempersiapkan dana pendidikan anak.

Adapun cara-cara yang perlu kamu ketahui dan bisa dilakukan dalam mempersiapkan dana pendidikan anak, yaitu:

Persiapkan sejak jauh hari

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan dana pendidikan anak dari jauh hari. Ini menjadi hal yang sangat penting, karena persiapan terkait pendidikan tidak bisa dilakukan dengan cepat dalam waktu singkat.

Kamu membutuhkan waktu yang lebih panjang, untuk mempersiapkan semua kebutuhan pendidikan anak, seperti dana untuk masuk sekolah, biaya daftar ulang dan kebutuhan pendidikan lainnya.

Sebab, untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut dibutuhkan dana yang besar. Agar semua kebutuhan pendidikan terpenuhi, kamu perlu menabung jauh sebelum dana pendidikan dibutuhkan, seperti misalnya lima tahun sebelumnya.

Atau kamu juga bisa menentukan jangka waktu menabung, dengan menyesuaikan usia dan waktu sekolah anak.

Satu hal yang perlu diingat, semakin lama kamu memulai, maka semakin pendek pula jangka waktu yang kamu miliki untuk menabung.

Buat perencanaan jenjang pendidikan anak

Selain melakukan persiapan sejak jauh hari, kamu juga perlu membuat perencanaan jenjang pendidikan anak dengan matang.

Kamu bisa mulai menyusun perencanaan dari jenjang pendidikan seperti apa yang diinginkan, kemana arah minat dan bakat anak, sekolah apa yang akan dipilih (negeri, swasta atau home schooling), bagaimana sistem pendidikan yang diinginkan dan lain sebagainya.

Semua hal tersebut bisa kamu susun dan pikirkan serta pertimbangan secara perlahan, namun sebaik mungkin. Ketahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Jika semua rencana sudah matang dan mantap, selanjutnya kamu bisa langsung melakukan riset perkiraan biaya pendidikan anak, untuk bisa menghitung dan menentukan jangka waktu menabung.

Melakukan riset perkiraan biaya pendidikan

Langkah berikutnya, yaitu melakukan riset perkiraan biaya pendidikan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, riset ini dilakukan setelah semua rencana sudah tersusun rapi.

Riset bisa kamu lakukan secara online, dengan melihat semua perkiraan biaya dari situs resmi sekolah yang dituju.

Adapun beberapa jenis biaya yang perlu diketahui, yaitu uang pangkal, uang bulanan atau SPP, buku, seragam dan biaya lainnya seperti uang transportasi dan ekstrakurikuler.

Jika semua biaya sudah diketahui, selanjutnya kamu bisa membandingkannya dengan semua fasilitas yang nantinya akan diperoleh anak, kira-kira apakah sesuai dengan besarnya biaya yang dikeluarkan atau tidak.

Apabila hasil perbandingan sudah diketahui, maka kamu bisa langsung menentukan sekolah mana yang akan dituju.

Namun, kamu juga tidak berpatok pada biaya yang berlaku saat ini. Sebab, dari tahun ke tahun biaya pendidikan selalu bertambah.

Sehingga, kamu perlu melebihkan sekian persen dana yang harus dipersiapkan, untuk antisipasi naiknya biaya pendidikan di waktu anak memasuki jenjang pendidikan baru,

Perhitungkan penggunaan asuransi jiwa

Penggunaan asuransi jiwa juga rasanya kini menjadi hal yang harus diperhitungkan. Sebab, kemungkinan-kemungkinan buruk bisa terjadi kapan saja secara mendadak.

Apalagi jika pasanganmu merupakan tulang punggung utama keluarga, maka jika terjadi sesuatu apakah kamu sudah memiliki tabungan lainnya untuk mengatasi hal tersebut?

Maka dari itu, kamu perlu memastikan bahwa dana pendidikan yang sedang dipersiapkan ini benar-benar mampu membuat pendidikan anakmu aman dan terjamin dalam kondisi apapun.

Selain itu, kamu dan pasangan atau keluarga juga bisa melindungi diri dengan asuransi jiwa. Sehingga, apabila sewaktu-waktu hal buruk terjadi, maka kamu sekeluarga tetap bisa hidup layak dan anak-anak tetap mendapat pendidikan yang baik.

Menjaga kestabilan finansial

Jika semua hal sudah di atas sudah diketahui dengan baik dan dilakukan, maka selanjutnya kamu perlu menjaga kestabilan finansial.

Cara untuk menjaga kestabilan finansial adalah dengan mencatat dan menghitung setiap aset yang dimiliki saat ini, baik itu berbentuk barang, uang tunai atau investasi lainnya.

Agar semua aset yang dimiliki tercatat dengan baik, maka kamu bisa meninjau kembali semuanya termasuk uang tunai, lalu proyeksikan nilai dari setiap aset yang dimiliki hingga beberapa tahun ke depan sampai semua anakmu menempuh pendidikan tinggi.

Dengan melakukan hal tersebut, maka kamu setidaknya bisa memperkirakan kemampuan finansialmu dalam memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak di masa depan.

Selain itu, kamu pun sedikit banyak bisa memprediksi kesulitan apa yang sekiranya akan muncul, agar bisa menyiapkan antisipasi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Daftar Pinjaman Pendidikan Anak Terbaik

Kamu merasa dana yang sudah dipersiapkan dari jauh hari masih tidak mencukupi kebutuhan pendidikan anak? Eits, jangan khawatir!

Itu bukan masalah besar, selagi kamu atau pasangan memiliki penghasilan tetap. Sebab, kamu bisa melakukan pinjaman pendidikan anak, untuk memenuhi semua kebutuhan pendidikan yang dibutuhkan.

Umumnya, pinjaman pendidikan anak terbaik tidak membutuhkan agunan atau jaminan apapun, dalam proses pengajuannya.

Namun ada beberapa persyaratan yang harus diketahui dan dipenuhi, untuk bisa mendapatkan pinjaman tersebut.

Lantas, apa saja persyaratannya? Daripada penasaran, di bawah ini CekAja.com akan memberikan tiga daftar pinjaman pendidikan anak terbaik beserta persyaratannya, yang akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

1. KTA Bank DBS

Pinjaman pendidikan anak terbaik yang pertama, yaitu KTA Bank DBS. Ini merupakan salah satu pinjaman pendidikan anak terbaik yang memiliki proses cepat. Dalam waktu dua hari saja, semua berkas yang dibutuhkan sudah diterima pihak bank.

Untuk plafon pinjamannya sendiri bisa mencapai Rp200 juta. Kamu bisa mendapatkan pinjaman ini tanpa memberikan agunan apapun, dengan pilihan masa tenor yang diberikan mulai dari 12, 24 dan 36 bulan.

Jika tertarik dengan pinjaman pendidikan anak terbaik yang satu ini, yuk ketahui terlebih dahulu beberapa persyaratan berikut ini.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 21 – 55 tahun
  • Memiliki penghasilan kotor per bulan, sekitar Rp3 juta (karyawan) dan Rp7 juta (wiraswasta dan profesional)
  • Wajib memiliki kartu kredit sebelumnya, dengan minimal limit sebesar Rp6 juta (karyawan) dan Rp7 juta (wiraswasta dan profesional)
  • Bekerja selama 1 tahun dan sudah berstatus karyawan tetap (untuk karyawan)
  • Sudah berbisnis atau menjadi profesional selama 2 tahun (untuk wiraswasta dan profesional)
  • Melampirkan aplikasi asli
  • Melampirkan fotokopi kartu kredit
  • Melampirkan fotokopi KTP
  • Melampirkan fotokopi NPWP/SPT PPh 21.

2. KTA Standard Chartered Bank

Berikutnya ada KTA Standard Chartered Bank, sebagai pilihan pinjaman pendidikan anak terbaik yang patut diperhitungkan.

Bagaimana tidak, pasalnya pinjaman yang satu ini merupakan pelopor produk kredit tanpa agunan (KTA).

Pinjaman pendidikan anak terbaik ini juga hadir untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, mulai dari renovasi rumah, perawatan kesehatan hingga kebutuhan pendidikan anak.

Plafon pinjaman KTA Standard Chartered Bank pun mencapai Rp300 juta. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir jika membutuhkan dana cepat, karena pinjaman ini bisa memberikan dana dalam jumlah besar.

Jika ingin tahu informasi selengkapnya terkait pinjaman pendidikan anak terbaik satu ini, yuk simak bersama-sama ulasan berikut ini!

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 21 – 60 tahun
  • Memiliki penghasilan minimal per bulan Rp8 juta
  • Bekerja sebagai pegawai tetap selama 1 tahun
  • Wajib memiliki kartu kredit bank lain sebelumnya, dengan minimal limit sama atau lebih besar dari Rp12 juta
  • Tinggal dan bekerja di Jabodetabek atau Surabaya
  • Melampirkan fotokopi KTP/Paspor
  • Melampirkan fotokopi NPWP (untuk pengajuan pinjaman sebesar atau lebih dari Rp50 juta)
  • Melampirkan fotokopi kartu kredit bank lain
  • Melampirkan fotokopi tagihan kartu kredit bank lain
  • Melampirkan fotokopi sampul buku tabungan
  • Melampirkan fotokopi SIUP/SITU & Perizinan dan Akta Pendirian Perusahaan (wiraswasta dan profesional).

3. KTA Bank CTBC

Pinjaman pendidikan anak terbaik yang terakhir, yaitu KTA Bank CTBC. Pinjaman pendidikan yang satu ini bisa memberikanmu dana hingga Rp200 juta.

Tentunya dengan nominal tersebut, kamu diberikan masa tenor mulai dari 12 bulan hingga 36 bulan.

Jika ingin mencoba menggunakan pinjaman pendidikan anak terbaik satu ini, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu persyaratan umum dan dokumen yang dibutuhkan, seperti berikut ini.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 21 – 55 tahun
  • Memiliki penghasilan per bulan sebesar Rp8 juta
  • Bekerja sebagai pegawai tetap selama 1 tahun
  • Wajib memiliki kartu kredit sebelumnya, dengan minimal limit sebesar Rp13 juta
  • Wajib membuka rekening pada bank yang bersangkutan, yaitu Bank CTBC
  • Tinggal dan bekerja di Jabodetabek dan Karawang
  • Melampirkan KTP
  • Melampirkan slip gaji terakhir (karyawan)
  • Melampirkan SPT/rekening tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir (wiraswasta dan profesional)
  • Melampirkan cover buku tabungan (wiraswasta dan profesional)
  • Melampirkan SIUP/TDP/surat ijin praktek (wiraswasta dan profesional)
  • Melampirkan Company Establisment Deed/for PT only (wiraswasta)
  • Melampirkan NPWP pribadi (untuk pinjaman di atas Rp50 juta)
  • Melampirkan kartu kredit sebelumnya (karyawan dan profesional).

(Baca Juga: 4 Pinjaman Dana Pendidikan Terjangkau)

Nah, beberapa informasi terkait pinjaman pendidikan anak terbaik sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya, mulai dari informasi dasar, cara mempersiapkan dana pendidikan anak, hingga daftar pinjaman pendidikan anak terbaik.

Semua hal tersebut bisa kamu pahami dengan baik, untuk mempersiapkan dana pendidikan yang mumpuni untuk anak.

Namun, apabila kamu memiliki anak yang dalam waktu dekat ini akan masuk ke jenjang pendidikan baru, membutuhkan biaya besar tetapi dana pendidikan yang dimiliki masih kurang, jangan khawatir!

Sebab, kamu bisa menggunakan satu dari tiga pilihan pinjaman pendidikan anak terbaik yang sudah disebutkan di atas.

Kamu bisa melakukan perbandingan terlebih dahulu, dan menyesuaikannya dengan kemampuan finansialmu.

Jika sudah menemukan pinjaman pendidikan anak terbaik yang paling tepat, maka kamu bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Karena di sana, proses pengajuannya sangat mudah, cepat dan aman, sebab CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman dana pendidikan anak sekarang juga!