Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Pinjaman Uang Cepat Rp35 Juta Tanpa Jaminan

by Ayunindya Annistri on 3 Desember, 2019

Seiring dengan perkembangan zaman yang kian pesat, meminjam dana tidak lagi mengharuskan kamu untuk mendatangi langsung lembaga penyedia pinjaman dana tersebut.

Pasalnya saat ini sudah banyak tersedia financial technology atau fintech yang mempermudah kamu untuk meminjam dana. Kehadiran fintech sendiri tentunya disambut baik oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Apalagi dengan adanya fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) yang dinilai sangat membantu masyarakat untuk meminjam dana tanpa perlu memberikan jaminan berharga.

Fasilitas kredit tanpa agunan bisa kamu manfaatkan untuk modal awal berbisnis seperti yang telah kamu idam-idamkan selama ini. Cukup pinjam uang Rp35 juta, kamu sudah bisa membuka usaha seperti restoran cepat saji ataupun franchise minuman kekinian.

Apa Itu KTA?

Kredit tanpa agunan berbasis online adalah sebuah produk keuangan dari perbankan yang dipasarkan oleh fintech untuk memudahkan siapa saja dalam meminjam dana. Pelayanan yang cepat dan prosedurnya terbilang praktis adalah keunggulan dari KTA online yang tidak terikat oleh waktu dan tempat.

Untuk bisa menggunakan fasilitas ini, terlebih dahulu kamu harus mencari informasi seputar fintech mana yang terpercaya dan sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa KTA hanya diperuntukkan bagi karyawan saja, karena adanya persyaratan berupa dokumen slip gaji terakhir.

Anggapan tersebut tidaklah benar, KTA atau kredit tanpa agunan sebenarnya juga bisa digunakan oleh pewirausaha selama mereka menyertakan dokumen seperti surat izin perdagangan (SIUP) dan salinan laporan keuangan.

(Baca Juga: Jenis Jenis Kartu Kredit Terlengkap, Mana yang Cocok Untukmu?)
Syarat dan Dokumen Pendukung

Jika kamu ingin pinjam uang Rp35 juta dengan fasilitas KTA, coba pahami dulu dan lengkapi persyaratan yang diminta oleh pihak fintech. Pasalnya, setiap lembaga penyedia pinjaman KTA itu memiliki persyaratan berbeda-beda.

Sebagai contoh CekAja.com, fintech yang menyediakan fasilitas KTA online ini memiliki ketentuan dan dokumen sendiri agar pengajuan kredit kamu diterima oleh bank yang menjadi mitranya, yakni:

  • Menyertakan bukti kewarganegaraan sebagai WNI
  • Berusia minimum 21 dan maksimum 55 tahun
  • Pendapatan minimal Rp 2,5 juta per bulan
  • Fotokopi KTP, kartu keluarga, surat nikah (bagi yang sudah berkeluarga)
  • Fotokopi NPWP
  • Cetak rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Surat keterangan kerja (asli) dan slip gaji (khusus karyawan dan profesional)
  • Tagihan kartu kredit terakhir (apabila memiliki)
  • Salinan SIUP, TDP, NPWP perusahaan (untuk perusahaan/wiraswasta)
  • Salinan izin praktik professional (dokter, pengacara, atau profesi lain)
  • Salinan laporan keuangan (bagi perusahaan/wiraswasta)
  • Materai
Keunggulan KTA

Keunggulan dari KTA yang membuatnya berbeda dari kredit dengan agunan adalah tidak perlu menyertakan jaminan berharga. Tidak hanya itu saja, persyaratan yang mudah, proses cair dana cepat, dan tenor cukup panjang.

Calon debitur yang ingin pinjam uang Rp35 juta pun tidak membutuhkan kartu kredit apabila ia mengajukan pinjaman KTA.

Bunga dalam KTA

Kalau kamu sudah yakin meminjam dana secara KTA, setidaknya coba pahami dahulu cara menghitung bunga dalam layanan tanpa jaminan ini.

  • Suku bunga flat

Besaran bunga yang dihitung pada suku bunga flat atau bunga tetap yaitu secara proposional sesuai dengan jangka waktu kredit. Nilai bunga yang dikenakan pada debitur setiap bulan terhitung sama. Jadi perhitungannya sendiri adalah jumlah pembayaran pokok + bunga setiap bulan.

  • Suku bunga efektif

Berbeda dari suku bunga flat, bunga kredit pada suku bunga efektif biasanya dihitung dari saldo akhir setiap bulannya. Besaran bunga biasanya dihitung berdasarkan nilai pokok yang belum dibayar.

Jadi besar kemungkinan, nilai bunga yang dibayar debitur setiap bulan semakin mengecil karena berdasarkan nilai pokok yang masih terutang.

Apakah kamu tertarik mengajukan pinjam uang Rp35 juta melalui KTA? Kalau masih ragu, coba saja cek KTA online yang terpercaya hanya di CekAja.com. Bunga yang diberikan eksklusif dan dijamin terendah loh, yuk segera ajukan!

 

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau