Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

PRJ Udah Dibuka, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Selain Belanja

by Teti Purwanti on 27 Mei, 2019

Ajang pameran bertajuk Jakarta Fair atau lebih dikenal dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ) tahun ini digelar mulai 22 Mei hingga 30 Juni 2019. Kamu tertarik datang ke sana? Banyak lho hal-hal yang bisa dilakukan selain belanja!

Konser Musik-PRJ

Jakarta Fair merupakan agenda tetap tahunan dan diselenggarakan menjelang Hari Ulang Tahun Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta. DKI Jakarta merayakan hari jadinya setiap tanggal 22 Juni. Sejak tahun 1968, Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin terinspirasi untuk menggelar pameran besar yang terpusat dalam jangka waktu yang lama. Pameran yang mengumpulkan berbagai pasar malam di sejumlah lokasi ini bertajuk “Djakarta Fair”.

Awalnya PRJ diselenggarakan di Monas, tetapi seiring waktu, ajang ini berevolusi menjadi pameran modern yang menampilkan multiproduk dan berpindah tempat ke JIExpo Kemayoran.

Tahun ini, PRJ berlangsung selama 39 hari dan bahkan akan tetap buka pada hari Lebaran. Untuk kamu ketahui, pada hari Senin harga tiket masuk ditetapkan sebesar Rp25.000, Selasa hingga Kamis Rp30.000, dan Jumat hingga Minggu Rp40.000.

Untuk jam operasional, pada hari Senin hingga Kamis buka pukul 15.30 sampai 22.00 WIB. Sementara pada hari Jumat buka pukul 15.30 hingga 23.00 WIB. Khusus Sabtu dan Minggu dibuka sejak pukul 10.00 hingga 23.00 WIB.

Selain untuk belanja, kalau kamu tertarik berkunjung ke PRJ banyak pula yang bisa kamu lakukan. Apa saja sih? Berikut daftarnya!

Menonton konser musik

Semenjak pindah ke JIExpo Kemayoran, PRJ juga dinantikan karena gelaran ini diramaikan konser musik dari beragam musisi Indonesia dengan berbagai aliran musik. Misalnya, pada tahun ini, kamu bukan hanya bisa melihat musik dari beragam band ternama, tetapi juga musik dangdut dari musisi yang tidak perlu kamu ragukan lagi namanya.

(Baca juga: Pahami Cara Cek Saldo Bank Mega Biar Gak Bablas Pakai Uang Belanja)

Pertunjukan menarik

Selain gelaran musik dengan banyak panggung dan beragam jenis musik, kamu juga bisa menyaksikan beragam pertunjukan kesenian yang sangat menarik. Bukan hanya kesenian asli Indonesia, karena banyak juga pertunjukan dari beragam negara, misalnya Tari Samba asal Brazil. Kamu juga bisa menyaksikan karnaval menarik yang akan dipertontonkan di sana.

Berbuat baik

Kamu juga bisa menambahkan pahala kamu selama bulan Ramadan ini di PRJ. Kamu bisa menyumbangkan darah kamu pada kegiatan donor darah yang diselenggarakan di PRJ. Jadi kamu akan merasa senang karena sudah bermanfaat bagi orang lain dengan darah yang kamu sumbangkan.

Nikmati layanan Pemerintah DKI

Di PRJ kamu juga bisa menikmati layanan dari pemerintah secara gratis dan tidak hanya bisa datang pada jam kerja saja. Pasalnya, Pemerintah DKI menyiapkan gerai-gerai untuk menikmati layanan mereka. Kamu akan menjumpai pelayanan cek kesehatan gratis, perpanjang STNK hingga melihat sejarah transportasi di Jakarta. Tentu kamu senang bukan, tidak harus sengaja ke Samsat dan antre panjang hanya untuk perpanjangan STNK?

(Baca juga: Tips Anti Bangkrut Nonton Konser di Luar Negeri)
Foto-foto

Sebagai milenial, kamu tentu tidak ingin melewatkan momen tanpa meninggalkan jejak di media sosial bukan? Selain bisa merekam beragam aktivitas seperti menonton konser dan pertunjukan seni, kalau kamu ke PRJ 2019, kamu juga bisa menemukan beragam tempat menarik yang pasti akan mempercantik feed Instagram kamu.

Acara ini memang gelaran tahunan yang sangat ditunggu masyarakat DKI Jakarta dan juga Indonesia. Karena itu, tidak aneh kalau pemerintah Jakarta juga mendukung penuh acara tersebut, termasuk dalam hal transportasi. Misalnya, pemerintah bekerja sama dengan Trans Jakarta dengan menyediakan rute khusus menuju Kemayoran. Hal ini tentu mengurangi kemacetan serta menjadi solusi akan susahnya mencari parkir di kawasan Kemayoran.

Tahun ini, ada empat rute Transjakarta ke PRJ Kemayoran, yaitu Halte Monas – JIEXPO Kemayoran, Halte PGC (Pusat Grosir Cililitan) 1 – JIEXPO Kemayoran, Halte Kampung Melayu – JIEXPO Kemayoran, dan Halte Pulogadung 1 – JIEXPO Kemayoran. Cukup dengan membayar Rp3.500 kamu sudah sampai di Kemayoran tanpa macet dan kebingungan mencari parkir.

Nah, untuk kemudahan transaksi di PRJ, tak ada salahnya kamu mengantongi kartu kredit. Cek pilihan kartu kredit terbaik di CekAja.com!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.