Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Pahami Cara Cek Saldo Bank Mega Biar Gak Bablas Pakai Uang Belanja

by CekAja on 26 Maret, 2019

Ibu rumah tangga memegang peranan penting dalam mengatur kondisi finansial keluarga. Karena mayoritas ibu rumah tangga biasanya mengelola pendapatan yang diperoleh suami untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

anggaran belanja - CekAja.com

Bagi kamu ibu rumah tangga, tips berikut bisa membuatmu lebih mahir mengelola uang bulanan sehingga tidak kebablasan menggunakannya sampai tidak tersisa.

1. Pelajari cara cek saldo

Kalau kamu adalah ibu rumah tangga yang memiliki rekening bank Mega, ikuti beberapa cara cek saldo berikut ini supaya bisa melakukannya dengan praktis.

  • Cek Saldo Bank MEGA via ATM

Masukkan kartu ATM kamu lalu masukkan juga PIN ATM-nya. Kemudian, pilih menu cek saldo yang tertera pada layar ATM. Maka ATM akan segera menampilkan informasi jumlah saldo tabungan kamu.

  • Cek Saldo Via Mega Credit Card Mobile

Aplikasi Mega Credit Card Mobile dapat digunakan untuk mengecek saldo tabungan. Kamu bisa melakukan registrasi aplikasi tersebut melalui ATM. Nanti kamu akan diminta memasukkan nomor HP dan PIN yang akan digunakan pada aplikasi mobile.

Selanjutnya, tinggal mengunduh aplikasi Mega Credit Card Mobile dan menyelesaikan proses registrasi. Maka kamu bisa segera mengecek saldo tabungan jika proses registrasi sudah selesai.

  • Cek Saldo via Mega Internet

Hampir sama seperti aplikasi Mega Credit Card Mobile, kamu juga bisa melakukan proses registrasi Mega Internet melalui ATM. Pilihlah menu Mega Internet kemudian lakukan langkah-langkah registrasi sampai selesai. Jika sudah memiliki user ID, kamu dapat mengakses https://ibank.bankmega.com/business/common2/login.do?action=loginRequest untuk login dan melakukan proses cek saldo tabungan.

2. Bayar semua tagihan di awal bulan

Ketika menerima uang bulanan, sebaiknya kamu segera menyisihkan sebagian uang bulanan tersebut untuk membayar semua tagihan. Jangan lupa membuat daftar tagihan yang harus dibayar, misalnya kartu kredit, tagihan listrik PAM telepon dan TV kabel, biaya sekolah anak,  serta beragam jenis tagihan lainnya.

(Baca juga: 6 Jurus Mengatasi Tagihan Kartu Kredit Menunggak)

Di samping itu, kamu juga wajib menyisihkan uang bulanan untuk kebutuhan rumah tangga seperti bahan makanan, gas LPG, dan lainnya. Sehingga nanti kamu lebih leluasa mengelola sisa uang bulanan yang sudah disisihkan sejak awal bulan.

3. Buat daftar belanjaan

Daftar belanjaan adalah hal yang paling sering diabaikan oleh para ibu rumah tangga. Padahal, membuat daftar belanjaan akan meminimalkan risiko belanja secara berlebihan. Ketika kamu sudah memiliki daftar belanjaan, maka kamu tidak akan mudah tergoda dengan barang-barang lain di luar daftar tersebut.

Daftar belanjaan akan membantu kamu tetap fokus membeli barang-barang yang dibutuhkan. Sehingga risiko boros saat berbelanja bisa diminimalkan.

4. Jangan malas membandingkan harga

Informasi mengenai harga-harga barang kebutuhan kini bisa diakses secara praktis melalui sistem online. Jadi, jangan malas membandingkan harga dan mencari promosi diskon yang sedang berlangsung di supermarket atau toko online tertentu. Dengan demikian, kamu bisa menghemat pengeluaran bila membeli barang-barang yang sedang didiskon.

5. Kurangi kebiasaan belanja online

Belanja online memang mengasyikkan. Karena kamu bisa memesan sejumlah barang tanpa harus bepergian ke luar rumah. Sayangnya, hobi belanja online juga dapat menyebabkan pemborosan. Karena kamu lebih mudah tergoda dengan barang-barang yang display-nya menarik dan dibanderol dengan harga diskon.

Alangkah lebih baik bila kamu memprioritaskan barang-barang kebutuhan rumah tangga saat berbelanja online. Cobalah mengurangi kebiasaan berbelanja pakaian atau barang-barang hobi lainnya melalui sistem online.

6. Hemat listrik dan air

Biaya listrik dan air memang kerap membutuhkan jumlah uang yang besar setiap bulan. Namun, kamu dapat mengatasinya dengan cara menghemat penggunaannya. Matikan perangkat elektronik dan keran air ketika tidak digunakan. Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai perangkat elektronik hemat energi untuk meminimalkan penggunaan listrik.

7. Manfaatkan promo dan diskon

Sebagai ibu rumah tangga modern, kamu juga mesti cermat memanfaatkan promo cashback dan diskon menarik lainnya. Kini, berbelanja atau membayar tagihan dengan e-wallet membuatmu berpeluang mendapatkan cashback dengan jumlah cukup besar.

(Baca juga: Mau Daftar NPWP Online? Cek Langkahnya Disini!)

Karena saat ini berbagai platform e-wallet tengah berusaha menarik perhatian pelanggan dengan promosi besar-besaran. Nanti, nilai cashback yang kamu peroleh dapat dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Jadi, berusahalah menggunakan e-wallet untuk hal-hal penting yang berkaitan dengan urusan rumah tangga.

8. Gunakan kartu kredit dengan bijak

Penggunaan kartu kredit sering membuat ibu rumah tangga kalap dan belanja berlebihan. Padahal, penggunaan kartu kredit wajib disesuaikan dengan kondisi finansial keluarga. Kamu patut menggunakan kartu kredit untuk memanfaatkan promo potongan harga dan benefit lainnya. Selanjutnya, usahakan agar tagihan kartu kredit bisa dilunasi tepat waktu. Sehingga kamu tidak terbebani dengan tagihan kartu kredit yang kian membengkak.

9. Jangan stok makanan berlebihan

Persediaan makanan memang penting bagi rumah tangga. Tetapi bukan berarti kamu mesti menyimpan bahan makanan secara berlebihan. Terutama bahan makanan yang mudah rusak. Bahan makanan yang rusak karena disimpan dalam waktu lama hanya akan memboroskan uang. Jadi, simpanlah bahan makanan secukupnya sesuai kebutuhan keluarga.

Jadi, siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa berhemat dan menyimpan kelebihan uang bulanan?

Buktikan bahwa kamu adalah ibu rumah tangga yang melek finansial dan mampu berhemat secara konsisten untuk mendukung kondisi finansial keluarga. Jika menemukan kendala dalam mengelola keuangan keluarga, CekAja memiliki berbagai jenis solusi finansial sesuai kebutuhanmu.

Tentang Penulis