Profesi di Dunia Kuliner yang Memiliki Gaji Tinggi

Walaupun jarang tersorot, profesi di dunia kuliner tak jarang memiliki penghasilan yang sangat menjanjikan

tips karier _ kartu kredit - CekAja.com

Penasaran seperti apa karier di dunia kuliner yang punya gaji  tinggi?

(Baca Juga: 12 Tips Hemat Gaji UMR, Bantu Menabung!)

1. Executive Chef

Untuk executive chef, biasanya ada dua macam jenjang gaji yang bisa didapatkan. Pertama untuk gaji koki ekspatriat berada di kisaran US$50 ribu hingga US$60 ribu atau sekitar Rp650 juta hingga Rp780 juta per tahun. 

Sedangkan gaji koki domestik berada di kisaran US$30 ribu hingga US$35 ribu atau sekitar Rp390 juta hingga Rp455 juta per tahun. Menggiurkan ya?

2. Chef

Gaji tinggi di dunia kuliner selanjutnya tentu dimiliki oleh chef yang ditentukan oleh kelas atau restoran. Semakin berbintang, semakin besar pula gaji para chef.

Chef yang bekerja di hotel berbintang dan merupakan lulusan luar negeri gajinya bisa mencapai Rp10 juta hingga Rp25 juta per bulan dan belum termasuk insentif dan uang lembur.

3. Pembantu dapur (Cook helper)

Walaupun tergolong sebagai pemula, gaji yang bisa didapatkan oleh cook helper pemula juga sudah melebihi UMR!

Untuk seorang cook helper di hotel yang jam terbangnya baru seumur jagung, gajinya bisa Rp4 juta hingga Rp5 juta per bulan. Semakin besar restoran atau hotel, tentunya gaji yang diterima bisa semakin besar.

4. Pencicip makanan (Food tester)

Profesi yang pekerjaannya hanya mencicipi makanan tetapi dengan gaji besar sangat terdengar seru bukan?

Tapi jangan salah, profesi food tester memiliki posisi dan tanggung jawab besar karena mempertaruhkan reputasi restoran.

Selain itu, profesi ini sudah ada sejak zaman dulu yang dikhususkan untuk mengetes racun yang ada dalam makanan. Untuk profesi food tester di Amerika, gajinya bisa mencapai Rp532 juta per tahun.

5. Penguji makanan (Kitchen Test)

Selain food tester, profesi yang juga menghasilkan gaji tinggi adalah penguji makanan yang bertugas untuk membuat variasi makanan dan menyusun harga.

Untuk dapat mendapatkan posisi ini, kamu harus harus  mengetahui dasar bahan dan bentuk makanan serta dapat membuat variasinya.

Profesi ini mengharuskan terus belajar dan menambah wawasan. Di Amerika gajinya bisa Rp300 juta hingga Rp500 juta per tahun.

6. Penata saji (Food stylist)

Food stylist  merupakan profesi dalam hal menata gaya makanan untuk buku resep, pengambilan foto, iklan, atau promosi di media TV, dan surat kabar. 

Menjadi food stylist profesional bukanlah suatu hal yang mudah! Kamu setidaknya harus memiliki pendidikan dasar di bidang kuliner kemudian bekerja sebagai chef terlebih dahulu.

Tugas utama seorang food stylist adalah menata makanan semenarik mungkin sehingga terlihat menggugah selera.

Salah satu penata saji di Indonesia adalah Puji Permana, food stylist yang banyak dipakai merek besar dan memiliki banyak murid. Untuk satu proyek iklan, bayarannya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

7. Fotografer makanan

Masing-masing fotografer tentunya memiliki tantangan tersendiri. Dalam hal fotografer makanan, kamu harus dapat membuat makanan terlihat menarik dan dapat menggugah selera.

Seorang fotografer makanan harus dapat menyorot detail utama dari makanan yang disajikan. Semakin detail dan semakin menggugah selera, maka semakin mahal juga bayaran yang diterima.

(Baca Juga: 6 Pilihan Kartu Kredit BNI untuk Gaji UMR Jakarta)

Itulah daftar profesi dengan gaji tinggi di dunia kuliner. Tertarik untuk pindah haluan? Sudah terlanjur mengambil jalur profesi lain? Tak usah sedih!

Walaupun memiliki gaji seadanya, kamu tak perlu berkecil hati! Asalkan dapat memenuhi seluruh kebutuhan dan menabung, kamu sudah berada di jalan yang benar! Untuk membantu lebih berhemat agar dapat menabung, lengkapi dengan memiliki kartu kredit!

Ajukan kartu kredit kamu di CekAja.com untuk mendapatkan promo dan kartu kredit terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan. Berikut rekomendasinya:

Proses pengajuan di CekAja.com juga sangatlah mudah, cepat, dan aman! Jadi tunggu apalagi? Segera ajukan kartu kredit di CekAja.com!