Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Strategi Mengatur Biaya Beli Kebutuhan Persiapan Nikah

by Ariesta on 6 January, 2017

persiapan biaya pernikahan - CekAja.com

Mulai urusan sewa gedung, barang seserahan atau hantaran, mas kawin, memilih souvenir acara nikah murah agar lebih hemat; semua persiapan pernikahan mesti disiapkan.

Karena jika terlalu mepet, kamu mungkin tidak mendapatkan gedung sesuai tanggal yang diinginkan atau Makeup Artist kesukaanmu keburu melayani pengantin lain di tanggal yang sama.

Tapi pernikahan bukan hanya tentang hari H. Rangkaian pernikah dimulai sejak pasangan sudah mendapat restu dari orangtua dan komitmen masing-masing untuk menikah. Agar biaya nikah makin hemat, kamu butuh strategi membeli kebutuhan persiapan pernikahan seperti ini.

Sepakati saat beli barang seserahan/hantaran nikah

Dalam beberapa adat tradisional di Indonesia, seserahan hampir sama pentingnya dengan mas kawin. Seserahan adalah pemberian dari pihak lelaki pada pihak perempuan. Pihak perempuan juga memberikan seserahan pada pihak laki-laki meskipun jumlahnya tidak banyak.

Lalu apa saja isi seserahan? Meski relatif, tapi benda-benda berikut sudah menjadi pakem umum dalam seserahan.

  1. Baju atasan (biasanya kemeja)
  2. Baju bawahan (rok/celana)
  3. Peralatan mandi dan perawatan tubuh
  4. Kosmetik
  5. Pakaian dalam
  6. Sepatu
  7. Perhiasan

Supaya semua barang seserahan terpakai, kamu bisa belanja bersama pasangan dan memilih sesuai dengan selera serta ukuran. (Baca juga: Mobil Baru Tahun 2017 Harga Dibawah Rp 100 Juta)

Jika masih ada waktu, coba cicil barang kebutuhan nikah

Meski kesannya tidak sepenting biaya sewa gedung dan catering, seserahan bisa memakan biaya cukup besar. Biaya ini kadang tidak diperhitungkan karena terlalu fokus menabung untuk biaya-biaya utama.

Supaya tidak memberatkan, coba membelinya dicicil setiap bulan. Misalnya setelah gajian bulan ini membeli baju, bulan berikutnya membeli kosmetik, dan seterusnya.

Catat daftar kebutuhan persiapan pernikahan yang sering terlupa

Kebutuhan kecil seperti kotak untuk menyimpan cincin nikah atau keranjang untuk menyimpan seserahan juga seringkali terlupakan. Jangan sampai saat hari H sibuk mencari ke sana ke mari. Setiap kali kamu teringat kebutuhan kecil ini, langsung catat di ponsel supaya tidak lupa. (Baca juga: Panduan Belanja untuk Menghemat Biaya Umroh)

Agar lebih hemat, rajinlah cek diskon/promo

Dalam membeli kebutuhan seserahan, jangan malas untuk mengecek diskon dan promo. Misalnya bulan ini kosmetik diskon jika belanja online, lalu bulan depan ada diskon beli baju merek tertentu dengan memakai kartu kredit.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami