9 Radiator Coolant Mobil Terbaik, Paling Laku Dipasaran!

5 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Untuk menjaga mesin mobil tetap prima, sepertinya kamu perlu beralih kesalah satu diantara radiator coolant mobil terbaik ini. Soalnya, produk-produk tersebut sudah seringkali direview oleh berbagai situs otomotif dan pastinya paling laku di pasaran.

Jenis-jenis Radiator Coolant Mobil

Punya peranan penting dalam merawat mesin mobil, cairan pendingin alias radiator coolant umumnya berfungsi untuk membuat suhu mobil tetap stabil.

Jika cairan dalam radiator berkurang, otomatis mesin akan overheat atau panas berlebih.

Makanya, kamu perlu memperhatikan perawatan radiator coolant lebih detil lagi, yang mana cairan pendingin ini semestinya diganti setiap 40 ribu km. Begitupun dengan tangki penyimpanannya.

Bukan hanya persoalan itu saja. Idealnya sih kalau kamu sudah memiliki mobil, setidaknya harus tahu juga jenis-jenis dari radiator coolant.

Melansir dari situs Toyota Astra, berikut jenis-jenis radiator coolant yang paling umum beredar di pasaran.

  • Air biasa: Cairan radiator ini sering menimbulkan beberapa masalah, seperti menimbulkan kerak dan karat dalam jangka waktu lama.
  • Radiator Coolant: Cairan ini sangat cocok digunakan di wilayah tropis seperti Indonesia. Kandungan utamanya adalah air tanpa mineral dan propylene glycol.
  • Radiator Super Coolant: Memiliki titik didih yang tinggi yang mana sebelum menggunakannya kamu mesti mencairkannya terlebih dulu bersama air bersih dengan perbandingan 50:50.
  • Antifreeze dan Coolant Protector: Penggunaannya serupa dengan radiator super coolant dan kelebihannya adalah bisa menahan panas hingga suhu 128 derajat Celsius.

(Baca Juga: 7 Merek Air Wiper Paling Recommended)

Daftar Radiator Coolant Mobil Terbaik

Seperti yang sudah dijanjikan CekAja pada awal pembahasan, berikut ini rekomendasi radiator coolant mobil terbaik yang datanya sendiri dihimpun dari berbagai sumber.

1. TOP1 Power Coolant

Kisaran Harga: Rp 85.000

Merk radiator coolant mobil terbaik yang pertama adalah TOP1 Power Coolant.

Brand ternama asal Amerika Serikat ini sukses memasarkan produk radiator coolant nya ke berbagai negara, tak terkecuali Indonesia.

TOP1 Power Coolant menggunakan air demineralisasi yang diformulasikan khusus untuk sistem pendingin mobil.

Kandungan ethylene glycol di dalamnya dianggap mampu meningkatkan titik didih hingga 110 derajat Celsius.

Enggak hanya itu saja, dengan menggunakan produk rekomendasi ini, kendaraan roda empat yang kamu miliki jadi enggak gampang mengalami korosi, begitupun penimbunan kerak yang membandel.

2. Prestone Coolant

Kisaran Harga: Rp 125.000

Diproduksi di Amerika, produk Prestone Coolant ini juga termasuk dalam daftar radiator coolant mobil terbaik yang CekAja rekomendasikan untuk kamu.

Produk yang hadir dengan cairan berwarna hijau ini, diklaim paling memberikan perlindungan, karena menggunakan formulasi khusus anti karat.

Titik didihnya bisa mencapai 126 derajat Celsius.

Bukan hanya untuk mencegah overheating, boilovers dan freeze-ups pada mobil.

Prestone Coolant juga cukup ampuh untuk membuat AC mobil berfungsi maksimal, sekaligus melindungi mesin lain yang terbuat dari material besi.

3. Powerplus Coolant

Kisaran Harga: Rp 120.000

Radiator coolant mobil terbaik berikutnya datang dari merk Powerplus.

Produk ini diklaim bebas mineral penyebab kerak membandel, sekaligus menjaga suhu kerja mesin tetap normal.

Cairan pendingin ini juga bisa digunakan bukan hanya pada mobil, namun motor dan radiator genset dari semua tipe pun, bisa memakai Powerplus Coolant ini.

Tidak menimbulkan korosi dan keropos pada mesin, Powerplus Coolant rasanya wajib banget kamu miliki untuk berbagai kebutuhan.

Terlebih karena cairan pendingin ini fleksibel dari sisi penggunaan serta bisa menggantikan air radiator warna apapun.

4. Winmax

Kisaran Harga: Rp 49.000

Enggak kalah bagus dari Powerplus Coolant, merk radiator coolant mobil terbaik berikutnya yang CekAja rekomendasikan adalah Winmax.

Produk yang diproduksi di Jepang ini, memiliki cairan berwarna hijau yang bisa melindungi radiator mobil dari karat dan kotoran.

Winmax juga diklaim paling efektif untuk mencegah overheating pada mesin, melindungi waterpump dan thermostat, serta membuat sistem kerja AC mobil berfungsi normal.

5. G Force Radiator Coolant

Kisaran Harga: Rp 65.000

G Force merupakan cairan pendingin khusus radiator mobil yang mampu melindungi sistem pendingin dari karat dan korosi.

Salah satu radiator coolant mobil terbaik ini mengandung ethylene glycol, yang formulasinya khusus untuk melindungi sistem pendingin kendaraan, terutama pada kondisi iklim Indonesia.

Kandungan konsentratnya yang mencapai 20 persen, dianggap lebih efektif untuk melindungi logam pada mesin pendingin, dan mencegah overheating pada mesin.

Jika digunakan secara maksimal, cairan pendingin ini mampu membuat mesin lebih terawat, hemat bahan bakar, sekaligus ramah lingkungan.

6. Bryston Radiator Coolant

Kisaran Harga: Rp 41.000

Menggunakan teknologi Jepang yang termutakhir, radiator coolant mobil terbaik keluaran Bryston ini punya kemampuan optimal untuk melindungi mesin mobil dari kondisi overheating, dan juga korosi.

Hebatnya lagi, cairan pendingin berwarna merah ini dapat menurunkan suhu dengan baik, saat mobil digunakan dalam cuaca yang sangat panas sekalipun.

Bahkan, Brystone juga menjamin bahwa produknya bisa membuat kinerja AC pada mobil menjadi lebih maksimal dinginnya.

7. Vegacool

Kisaran Harga: Rp 45.000

Dipasarkan dengan harga yang terjangkau tidak membuat kualitas dari produk radiator coolant ini murahan.

Bahkan, telah banyak situs otomotif yang merekomendasikan Vegacool sebagai radiator coolant mobil terbaik.

Produk yang mengantongi standar ISO 9001 ini kebanyakan dijual dalam dua pilihan warna, yaitu Vegacool Merah Ultraline dan Vegacool Hijau Ultraline.

Keduanya sendiri sama-sama efektif untuk membasmi korosi dan karat.

Korosi dan karat yang menumpuk pada sistem radiator, biasanya akan menyebabkan berbagai masalah, mulai dari kebocoran radiator, pompa air rusak, hingga penyumbatan thermostat.

Untuk itu, biar permasalahan tersebut gak lagi muncul, kamu bisa beralih ke radiator coolant mobil terbaik yang satu ini.

8. Wealthy Radiator Coolant Hybrid

Kisaran Harga: Rp 95.000

Sebagian dari kita mungkin masih sangat asing dengan merk Wealthy. Namun percayalah, merk ini punya produk radiator coolant mobil terbaik yang juga direkomendasikan CekAja. Kenapa?

Soalnya, Wealthy Radiator Coolant Hybrid telah menggunakan teknologi modern yang juga punya proteksi tambahan anti karat, korosi dan anti lumut untuk melindungi secara optimal mesin mobil.

Formulanya dirancang khusus dengan aditif, guna melubrikasi pompa atau waterpump, sehingga pompa pemutar air radiant enggak mudah macet.

Hebatnya lagi, cairan pembersih ini juga cocok untuk semua jenis mobil dan mesinnya, baik itu mobil bermesin bensin atau mobil dengan mesin diesel.

(Baca Juga: 5 Merek Busi Mobil Paling Bagus)

9. Master Radiator Coolant

Kisaran Harga: Rp 80.000

Terakhir, radiator coolant mobil terbaik adalah Master Radiator Coolant.

Selain harganya terjangkau, cairan pendingin ini juga enggak kalah bagus dalam menstabilkan suhu sekaligus memperpanjang umur mesin mobil.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menuangkan Master Radiator Coolant ini ke dalam radiator hingga batas yang ditentukan. Tidak perlu dicampur air lagi, dan tutup radiator.

Hidupkan mesin mobil kira-kira selama kurang lebih 5 menit, kemudian buka kembali tutup radiator dan cek ketinggian cairan radiator.

Jika masih kurang, kamu bisa menambahkannya secara perlahan.

Itu dia beberapa pilihan radiator coolant mobil terbaik yang bisa CekAja rekomendasikan untukmu.

Kamu bisa mendapatkan sederet merk tersebut melalui e-commerce, dan pilih metode bayarnya dengan kartu kredit.

Melalui kartu kredit, kamu bisa mendapatkan reward points dari transaksi belanja yang dilakukan.

Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk menerima diskon, cashback, hingga cicilan 0 persen lho.

Yuk, Miliki Kartu Kredit di CekAja yang Berikan Banyak Promo Terbaru

Belum punya kartu kredit? Enggak masalah. Kamu bisa mengajukannya di CekAja dan nikmati berbagai promo terbarunya.

Di sini juga, kamu bisa membandingkan seluruh produk kartu kredit terbaik dari mitra yang CekAja miliki.

Bahkan, beberapa produk kartu kredit di CekAja sudah dilengkapi dengan penawaran gratis iuran tahunan selamanya. Jadi, tunggu apalagi?

Yuk, apply kartu kreditnya sekarang juga dan nikmati kemudahan belanja tak terbatas hanya dari CekAja.com.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri