5 Merk Busi Mobil Terbaik dan Tahan Lama, Wajib Coba!

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Memilih merk busi mobil terbaik dan tahan lama merupakan hal yang penting. Sebab, busi menjadi salah satu komponen yang sangat berperan, dalam sistem pengapian kendaraan bermotor, baik itu mobil maupun sepeda motor.

Jika dilihat secara umum, busi berfungsi untuk mengubah energi listrik tegangan tinggi, dari ignition coil menjadi percikan api.

Dengan kata lain, busi tidak secara langsung menghasilkan api. Melainkan, percikan api yang terjadi pada busi ini, diperoleh dari tegangan tinggi ignition coil.

Intinya, busi pada kendaraan bermotor hanya memiliki tugas, untuk meneruskan arus listrik dari output kumparan sekunder koil saja.

Jenis-jenis Busi Mobil

Untuk tahu lebih jelas tentang busi mobil, sebaiknya kamu juga mengetahui jenis-jenisnya beserta merk busi mobil terbaik dan tahan lama.

Namun sebelum membahas merk busi mobil terbaik dan tahan lama, CekAja.com akan mengulas jenis-jenis busi mobil secara umum, dan berdasarkan heat resistance-nya terlebih dahulu.

Secara umum, besi mobil terbagi menjadi tiga jenis, yang di antaranya yaitu:

  • Busi Standar

Jenis busi mobil yang pertama adalah busi standar. Ini merupakan jenis busi yang paling banyak digunakan, oleh mobil untuk aktivitas sehari-hari.

Busi jenis ini umumnya memiliki usia pemakaian yang jauh lebih lama, dibandingkan jenis busi lainnya. Selain itu, busi standar juga cenderung lebih awet dan mampu membuat mesin menjadi lebih stabil.

Namun sayangnya, busi jenis ini sebaiknya hanya digunakan untuk putaran mesin yang rendah, hingga menengah saja.

  • Busi Platinum

Selain busi standar, jenis busi mobil lainnya ada busi platinum. Busi yang kerap kali disebut sebagai besi racing ini, memiliki desain yang lebih lancip dibandingkan busi standar.

Terlebih, jika dipakai pada rpm bawah, busi jenis ini akan sangat responsif. Hanya saja, usia pemakaiannya tidak lama.

Busi platinum hanya mampu bertahan untuk tiga sampai tahun saja, jika digunakan pada kendaraan sehari-hari.

  • Busi Iridium

Jenis busi mobil yang terakhir adalah busi iridium. Jenis busi yang satu ini lebih ditujukan untuk mobil-mobil yang menggunakan rpm tinggi.

Dengan begitu, busi ini sangat cocok untuk digunakan mobil-mobil berkegiatan sport, yang menuntut kemampuan berpacu dalam kecepatan.

Maka dari itu, tidak heran apabila busi iridium termasuk racing dan busi tipe dingin. Hal tersebut tidak lain karena, busi ini dapat menghasilkan mesin yang sangat agresif, sehingga tarikan kendaraan terasa lebih panjang.

Meski lebih cocok digunakan pada mobil yang menggunakan rpm tinggi, namun busi ini juga bisa digunakan untuk mobil sehari-hari.

Tetapi perlu diketahui, jika busi iridium hanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari, maka stationer mesin menjadi tidak stabil, dan usia busi akan menjadi lebih pendek.

(Baca Juga: 7 Pilihan Mobil di Bawah Rp100 Juta)

Jenis Busi Berdasarkan Heat Resistance

Setelah mengetahui tiga jenis busi mobil secara umum, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui jenis busi mobil berdasarkan heat resistance-nya. Adapun jenis busi tersebut, di antaranya yaitu:

  • Busi Panas

Memiliki daya hantar panas yang lebih kecil dari busi dingin, busi panas memiliki suhu yang relatif lebih panas ketika bekerja.

Hal itu tentunya ditujukan, agar proses pembakaran mesin selalu terjaga. Selain itu, busi ini juga memiliki isolator yang berbentuk keramik dalam jumlah banyak.

Kegunaan dari isolator tersebut, yaitu untuk membuat panas dari elektroda tidak langsung dihantarkan ke blok mesin.

Penggunaan busi panas sendiri, dapat membuat proses pembakaran pada mesin menjadi lebih maksimal. Sebab, busi panas akan menjaga suhu kerja mesin agar selalu ideal.

Jika dilihat dari penggunaannya, busi panas lebih cocok untuk mesin kendaraan yang digunakan sehari-hari, baik itu motor atau mobil.

  • Busi Dingin

Jenis busi yang terakhir berdasarkan heat resistance adalah busi dingin. Pemberian nama busi dingin ini terjadi karena, busi dapat dengan mudah melepaskan panas.

Hal itu terlihat dari jumlah isolator keramik yang dimiliki busi dingin, lebih sedikit dibandingkan busi panas. Sehingga, suhu panas yang ada di dalam busi, dapat tersalurkan dengan baik ke blok mesin.

Busi yang satu ini juga kerap kali disebut sebagai busi racing, karena memiliki kemampuan bertahan di dalam kinerja ekstrem.

Yang mana, ketika mesin bekerja sangat keras, maka busi ini akan mengirimkan suhu panas mesin, agar keluar melalui elektroda. Dengan begitu, risiko untuk terjadinya overheating dapat dicegah.

Fungsi Busi Pada Mobil

Jika berbicara tentang fungsi busi pada mobil, kamu sedikit banyak mungkin sudah tahu.
Pasalnya, di awal pembahasan telah disinggung sedikit, bahwa busi berfungsi untuk mengubah energi listrik tegangan tinggi, menjadi percikan api.

Namun ternyata, fungsi busi pada mobil tidak hanya itu. Masih banyak fungsi busi pada mobil yang lainnya, yang perlu kamu ketahui, seperti:

  • Membuat mesin mobil menjadi lebih stabil
  • Sebagai cadangan listrik pengganti aki
  • Sebagai pembakar bensin
  • Sebagai penghasil listrik pada mobil
  • Untuk menyalakan mobil agar bisa digunakan

Merk Busi Mobil Terbaik dan Tahan Lama

Beberapa informasi terkait busi, seperti jenis-jenis busi dan fungsinya sudah diketahui. Maka, kini saatnya untuk kamu mengetahui, apa saja merk busi mobil terbaik dan tahan lama, yang bisa dijadikan pilihan.

Mengingat merk busi mobil terbaik dan tahan lama sangat banyak, maka di bawah ini CekAja.com telah merangkumnya khusus untuk kamu.

Untuk tahu lebih lengkap apa saja merk busi mobil terbaik dan tahan lama, yuk simak ulasan berikut ini!

1. Autolite APP104 Double Platinum

Merk busi mobil terbaik dan tahan lama yang pertama, yaitu datang dari Autolite APP104 Double Platinum.

Merk busi mobil yang satu ini patut untuk kamu perhitungkan, karena memiliki kemampuan dalam menahan pengoperasian mesin yang lebih panjang dan lama.

Tidak hanya itu, daya tahan dari busi ini pun terus meningkat secara drastis. Dengan catatan, platinum harus penuh terletak pada pusat konduktor lengkungan elektroda samping.

Memiliki elektroda pusat leher-turun, memuat busi ini dapat menembak lebih bersih dan lebih cepat, lebih sedikit menggunakan tegangan untuk start-up, penggunaan bahan bakar yang lebih baik, serta akselerasi menjadi lebih cepat.

Jika dilihat secara menyeluruh, busi ini memiliki kehidupan jauh lebih banyak dibandingkan desain inti tembaga, tepatnya yaitu sekitar dua sampai tiga kali lipatnya.

2. Bosch FGR8DQI Platinum IR Fusion

Meski dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal, Bosch FGR8DQI Platinum IR Fusion menjadi salah satu merk busi mobil terbaik dan tahan lama versi CekAja.com.

Bagaimana tidak, elektroda pusat iridium dan platinum infused yang dimiliki busi ini, dapat menciptakan konduktor yang sangat baik, untuk percikan yang lebih cepat dan kinerja yang semakin baik.

Selain itu, tiga celah elektroda juga membuat percikan yang terjadi pada busi, menggunakan lebih sedikit elektroda.

Dengan begitu, maka nantinya kendaraanmu dapat lebih mudah melakukan start-up. Bagaimana, tertarik untuk memiliki merk busi mobil terbaik dan tahan lama yang satu ini?

3. Denso PK20TT Platinum TT Spark Plug

Selain dua merk busi di atas, nyatanya Denso PK20TT Platinum TT Spark Plug juga menjadi merk busi mobil terbaik dan tahan lama, yang bisa kamu jadikan pilihan.

Hal tersebut dikarenakan, twin tip platinum 11 mm pusat elektroda dan 11 mm titanium, ditingkatkan ground elektroda mampu meningkatkan efisiensi percikan api yang ditimbulkan.

Hasil yang didapatkan dari proses tersebut, yaitu busi akan memiliki start-up yang lebih cepat, akselerasi, serta peningkatan ekonomi bahan bakar.

Oleh karena itu, sangat wajar apabila Denso PK20TT Platinum TT Spark Plug, menjadi bagian dari merk busi mobil terbaik dan tahan lama.

4. ACDelco 41-993 Professional Iridium Spark Plug

Di urutan keempat ada ACDelco 41-993 Professional Iridium Spark Plug, yang menjadi merk busi mobil terbaik dan tahan lama versi CekAja.com.

Dibanderol dengan harga sekitar Rp90 ribu, busi mobil yang satu ini dirancang khusus agar mampu bertahan lebih lama dari inti tembaga biasa, serta beberapa busi berlapis platinum.

Dikenal sebagai merk berkualitas baik, ACDelco dinilai sangat bagus untuk mobil sport dan komuter reguler.

Sebab, busi yang satu ini menggunakan jenis busi iridium, yang membuat membuat mesin idling menjadi lebih stabil, akselerasi menjadi lebih mulus, serta usia pemakaian yang jauh lebih lama.

5. Duration Ultra Iridium

Merk busi mobil terbaik yang terakhir, yaitu Duration Ultra Iridium. Sesuai dengan namanya, busi ini terbuat dari bahan dasar iridium, yang mampu membuat sistem pengapian, agar pembakaran mesin menjadi lebih fokus.

Kemudian, penggunaan iridium sebagai bahan dasar pembuatannya juga, mampu meningkatkan semburan api menjadi lebih cepat. Sehingga, pembakaran yang terjadi pun akan lebih sempurna.

Kualitas dari busi Duration Ultra Iridium pun sangat terpercaya, karena kualitasnya sudah teruji di beberapa kejuaraan tingkat nasional.

(Baca Juga: Cara Daftar Asuransi Kendaraan)

Nah, itulah beberapa merk busi mobil terbaik dan tahan lama, yang bisa kamu jadikan pilihan dan rekomendasi.

Semua merk busi mobil tersebut tentunya memiliki kualitas baik. Bahkan, beberapa di antaranya sudah teruji, karena memenangkan beberapa kejuaraan nasional.

Jadi, buat kamu yang tertarik dan ingin menggunakan salah satu merk busi mobil terbaik tersebut, kamu bisa membelinya di bengkel mobil, maupun e-commerce yang menjual busi mobil.

Agar lebih hemat, kamu bisa membeli busi mobil menggunakan kartu kredit. Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo belanja menarik, yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang ingin menikmati promo tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, yuk segera ajukan melalui CekAja.com.

Pasalnya, CekAja.com memiliki banyak produk kartu kredit, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga dan dapatkan segungan promo menariknya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani