Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Sambil Gosip, Hal Produktif Ini Bisa Dilakukan “Mahmud” untuk Hasilkan Uang Tambahan

by Tisyrin N. T on 21 November, 2016

Apa kegiatan yang biasa kamu lakukan sebagai ibu muda? Bergosip biasanya masuk agenda wajib para ibu muda jika sedang berkumpul. Sebaiknya kurangi bergosip dan ganti dengan kegiatan lain yang sifatnya lebih produktif. Manfaatkan momen berkumpul untuk menghasilkan uang.

Berikut beberapa ide rekomendasi dari CekAja.com untuk kamu para mamah muda  yang ingin menghasilkan uang tambahan.

Ikut MLM yang terpercaya

Mendengar kata Multi Level Marketing (MLM), kamu mungkin langsung mengerutkan dahi? Tenang saja. Jika selektif, sebenarnya ada banyak lho perusahaan MLM yang terpercaya. Perusahaan-perusahaan tersebut memiliki produk yang terbilang berkualitas, serta menjanjikan income yang lumayan.

Memang, tidak menampik kemungkinan, ada saja MLM yang cenderung menipu. Karena itu kamu harus berhati-hati jika tertarik bisnis MLM. Salah satu cara yang bisa kamu pakai adalah dengan mengecek apakah perusahaan MLM tersebut terdaftar di Asosiasi Penjual Langsung Indonesia (APLI)?

Selain mendapatkan keuntungan dari berjualan produk, member MLM juga bisa meraih bonus dengan merekrut member baru. Dan berpotensi mendapatkan bonus-bonus menarik. Bisnis MLM ini cocok untuk ibu muda yang menginginkan penghasilan tambahan dan memiliki waktu yang fleksibel. (Baca juga: Punya Motor CC Gede? Ini Tips Merawatnya Agar Tidak Boros)

Arisan

Sambil kumpul-kumpul, ajak ibu-ibu muda lainnya untuk arisan. Lumayan kan, apalagi jika kamu adalah ibu muda yang masih kesulitan menyisihkan pemasukan rumah tangga untuk menabung. Arisan akan memaksamu menabung dengan teratur. Yang terpenting, jumlah uang setoran arisannya masih terjangkau dan tidak mengganggu keuangan rumah tanggamu.

Tawarkan baju dan aksesoris

Kalau ada agenda kumpul-kumpul dengan sesama ibu muda, manfaatkanlah untuk menawarkan barang daganganmu. Jika kamu berbisnis baju ataupun aksesoris, bawalah beberapa produk tersebut, perlihatkan pada para ibu muda lainnya. Biarkan mereka mencoba langsung baju atau aksesoris yang kamu bawa. Siapa tahu banyak yang tertarik untuk membelinya bukan?

Buat yang punya bisnis katering atau kue kering, kasih sampel

Jika kamu adalah mahmud yang punya bisnis katering atau kue kering, jangan sia-siakan waktu kumpul-kumpul. Bawalah sampel makanan atau kue kering, bagikan pada teman-temanmu secara cuma-cuma. Mereka akan merasakan langsung enaknya makanan atau kue keringmu. Jika mereka merasa ketagihan, mereka bisa menjadi pelangganmu di kemudian hari. (Baca juga: Meski Sepele Tujuh Hal Ini Bikin Rumah Kamu Lebih Sehat)

Belajar bikin kerajinan

Belajar membuat kerajinan itu menyenangkan lho, apalagi jika melakukannya bersama ibu-ibu lainnya. Selain hasilnya bisa kamu gunakan sendiri, kamu juga bisa menjualnya dan tentu saja menghasilkan uang dari karya-karyamu itu. Manfaatkan media sosial untuk memajang foto hasil karyamu, jika karyamu menarik, pasti akan ada orang yang tertarik memesannya.

Butuh tambahan dana untuk modal usaha? Kenapa tidak manfaatkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan. Ajukan sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami