Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Sebelum Ada Kopi Kekinian, Kedai-kedai Ini Sudah Eksis Duluan

by Tisyrin N. T on 26 Agustus, 2019

Minuman es kopi susu kekinian emang lagi hits banget ya! Nah, kalau ngaku pecinta kopi, kamu juga wajib mencicipi kopi-kopi racikan dari kedai kopi legendaris yang usianya sudah puluhan tahun.

kedai kopi legendaris

Kedai-kedai tersebut ada di beberapa kota di Indonesia, misalnya saja di Jakarta, Bandung, Belitung, Banda Aceh, dan Padang. Kalau kebetulan mampir ke kota-kota ini, jangan lupa ya untuk mencicipi kopi di kedai kopi legendaris.

Kopi memang minuman kegemaran masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Rupanya, kopi dibawa oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1696 dari sebuah kota di India, Malabar, melalui Pulau Jawa. Fakta ini tertulis dalam suatu arsip dari VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie).

Kemudian, tanaman kopi baru berhasil dibudidayakan di Jawa pada tahun 1714-1715. Sekitar sembilan tahun kemudian, barulah produksi kopi mulai melimpah dan bahkan mampu mendominasi pasar dunia.

Nah, inilah beberapa kedai kopi legendaris yang bisa kamu datangi di beberapa kota!

  • Kopi Es Tak Kie – Jakarta

Kawasan Glodok di Jakarta rupanya menyimpan kedai kopi legendaris, Kopi Es Tak Kie namanya.  Kedai ini berdiri pada tahun 1927. Nama Tak Kie ini asalnya dari kata Tak, yang memiliki arti orang yang bijaksana, sederhana, serta tidak macam-macam. Sedangkan kata Kie artinya mudah diingat orang.

Ketika generasi ketiga yaitu Ayauw mulai mengelola kedai kopi tersebut tahun 1976, dia mencampur beberapa jenis kopi yang kemudian dikenal dengan es kopi Tak Kie. Saat ini, untuk menjaga eksistensinya, Kopi Es Tak Kie mulai memanfaatkan media sosial untuk berpromosi sembari tetap menjaga sisi klasiknya.

Kalau penasaran, kamu bisa datang ke Kopi Es Tak Kie di Gang Gloria, Jalan Pintu Besar Selatan III No. 4-6, Glodok, Jakarta Barat. Namun, ingat ya kedai di Glodok ini cuma dari pagi hingga siang hari saja. Sekarang Kopi Es Tak Kie sudah buka cabang di beberapa tempat yaitu di Lippo Mall Puri Jakarta, Mal Central Park Jakarta serta Mal Living World Alam Sutera.

(Baca juga: Mau Bisnis Es Kopi Susu? Ini 5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan)
  • Warung Kopi Purnama – Bandung

Bandung juga punya kedai kopi legendaris, namanya Warung Kopi Purnama. Sebelum punya nama Warung Kopi Purnama, kedai ini bernama Chang Chong Se. Namanya diubah karena pada tahun 1966 ada kebijakan pemerintah yang mengharuskan penggunaan nama Indonesia.

Kedai ini telah ada sejak tahun 1930. Pendirinya bernama Yong A Thong, perantau dari Medan. Saat ini Warung Kopi Purnama dikelola oleh generasi keempat. Kamu dapat mengunjungi Warung Kopi Purnama di Jalan Alkateri No.22, Braga, Bandung.

Selain menu yang pastinya serba kopi, Warung Kopi Purnama punya menu yang jadi favorit yaitu roti srikaya. Dengan selai homemade yang segar, roti ini pasti klop banget kalau disantap sambil nyeruput kopi.

  • Warung Kopi Ake – Belitung

Bicara Belitung, pasti ingat film Laskar Pelangi bukan? Nah, seiring dengan melejitnya film ini, pariwisata di Belitung pun kian berkembang. Kalau berencama ke Belitung, masukkan Warung Kopi Ake ke itinerary-mu deh!

Cita rasa kopinya diyakini gak pernah berubah sejak dulu, karena masih pakai peralatan yang sama berupa gentong air, katel, alat penyulingan air, dan teko air. Menu favorit yang patut dicoba di kedai ini yaitu kopi susu dan teh susu.

Coba saja datangi Warung Kopi Ake yang buka setiap hari dan beralamat di Jalan KV Senang 57, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

  • Warkop Solong – Banda Aceh

Masyarakat Aceh sangat lekat dengan kopi. Minum kopi bagi masyarakat Aceh sudah jadi tradisi turun temurun yang sangat mengakar. Oleh karena itu, kedai kopi di Aceh selalu ramai.

Warkop Solong adalah kedai kopi di Aceh yang sudah eksis puluhan tahun. Kedai yang satu ini sudah eksis sejak 1974 dan mulai populer sekitar tahun 1990-an. Kamu dapat menikmati aneka macam kopi Aceh, termasuk kopi Gayo. Sambil menyeruput kopi, kamu bisa mencicipi kue-kue tradisional Aceh.

Warkop Solong berlokasi di Jalan T. Iskandar Muda No.13-14, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Selain itu, masih ada beberapa cabang di tempat lain. Jadi, kalau mengunjungi Aceh, jangan lupa nongki nongki di Warkop Solong ya!

(Baca juga: 5 Bisnis Franchise Minuman Hits yang Keuntungannya Menggiurkan)
  • Warung Kopi Nan Yo – Padang

Padang tersohor oleh kulinernya yang sangat lezat, mulai dari rendang yang mendunia hingga sate Padang. Nah, saat mampir ke Padang, jangan cuma berburu makanan enak, karena Padang juga punya kedai kopi legendaris.

Kamu bisa datang ke Warung Kopi Nan Yo yang sudah berdiri sejak tahun 1932. Konon, kedai ini adalah kedai paling tua lho di seluruh Kota Padang. Alamatnya di Jalan Niaga No. 205.

Saat ini, kedai ini dikelola oleh generasi ketiga yang masih berupaya mempertahankan cita rasa aslinya. Main ke Warung Kopi Nan Yo, kamu juga akan merasakan suasana klasik yang sangat kuat, karena kedai ini masih tampil dengan interior lawas.

Nah kalau kamu tertarik bisnis kopi, kamu memulainya dengan bisnis franchise es kopi susu kekinian. Kelebihan franchise adalah kamu tak perlu menyiapkan semuanya dari nol, cukup menyediakan modal yang cukup. Kalau kamu masih terkendala modal, bisa coba ajukan di CekAja.com!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami