Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Sebelum Deal Beli Mobil Bekas, Perhatikan Kondisi Berikut Ini

by JTO on 12 Mei, 2016

Mobil bekas dapat menjadi alternatif menarik bagi kamu yang ingin segera mengendarai mobil namun hanya ber-budget minim. Apalagi kalau kamu berhasil mendapatkan kredit mobil bekas dengan cicilan terjangkau! Impian punya mobil pun tak lagi sekadar mimpi semata. Dengan uang muka yang tentunya jauh lebih rendah ketimbang mobil baru, tak sulit untuk mencapai angka tersebut, bukan? Selain itu, cicilannya pun biasanya tak akan menguras penghasilan kamu per bulannya.

Meski demikian, membeli mobil bekas taklah semudah membeli mobil baru. Ketika akan deal, pastikan mobil bekas yang kamu pilih tidak bermasalah. Ini karena mobil tersebut telah dipakai oleh orang lain – pastilah ada kemungkinan kerusakan tertentu.
Nah, oleh karena itu, mari simak beberapa tips berikut – apa saja yang perlu kamu perhatikan sebelum deal membeli ataupun
kredit mobil bekas!

Tips Memilih Mobil Bekas yang Tak Bermasalah

1. Tempat pembelian
Tempat pembelian mobil bekas menjadi salah satu faktor keamanan mobil yang akan kamu beli. Pastikan showroom dimana kamu beli mobil memiliki kredibilitas baik. Dengan begitu, hampir dipastikan kamu tidak akan kecewa. Atau, kamu bisa coba beli mobil bekas kepada pemiliknya langsung. Selain harganya lebih murah, biasanya riwayat mobil pun bisa kamu peroleh dengan lengkap.

2. Kondisi mobil
Yang kedua tentu saja kondisi mobil harus diperhatikan. Beberapa bagian yang kamu perlu cek adalah: eksterior mobil, interior dan aksesoris serta performa mesin mobil. Pada bagian ini kamu mesti benar-benar teliti memerhatikan kondisi mobil yang kamu pilih tersebut. Cobalah untuk test-drive agar tahu bagaimana kondisi mobil sebenarnya. Jika kamu tak begitu berpengalaman soal mobil, ajak teman atau keluarga yang paham mengenai mobil.

3. Kelengkapan surat dan keakuratan data
Tak kalah penting adlaah kelengkapan surat-surat serta keakuratan data tersebut. Poin ini sangat krusial. Tidak hanya sekadar melihat ada tidaknya surat-surat pendukung mobil tersebut tetapi juga memastikan surat-surat seperti BPKB serta STNK-nya asli atau tidak. Kamu dapat melakukan cek fisik ke kantor samsat. Ini dilakukan untuk memastikan informasi yang ada di surat-surat tersebut memang benar. Tidak perlu ragu untuk meminta pemilik ataupun penjual mobil agar dilakukan cek fisik. Biasanya pihak penjual tidak akan keberatan jika kamu sudah memastikan akan membeli mobil tersebut.
Oh iya, jangan lupa juga untuk tanyakan asuransi mobil tersebut. Kamu bisa melakukan proses balik nama untuk polis asuransi mobil tersebut. Kabar baiknya adalah mobil yang diasuransikan biasanya akan jauh lebih dijamin dibandingkan yang tidak.

Sudah merencanakan waktu untuk ‘berburu’ mobil bekas dalam waktu dekat? Pastikan beberapa hal yang telah disebutkan di atas, ya. Semoga segera mendapatkan ‘jodoh’ mobil yang tepat untuk kamu!

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami