Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Sederet Ide Mainan Edukasi Anak yang Asah Motorik dan Kreativitas

by Nadhillah Kusindriani on 25 Februari, 2020

Mungkin di antara kamu ada yang ingin membuat mainan edukasi anak sendiri, namun belum memiliki ide mainan edukasi anak apa saja yang ingin kamu buat.

ide mainan edukasi anak

Jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas sederet ide mainan edukasi anak, yang bisa kamu gunakan atau kamu jadikan referensi.

Tetapi sebelum membahas jauh apa saja ide mainan edukasi anak, alangkah lebih baik jika kamu terlebih dahulu mengetahui definisi dari mainan edukatif.

Pada dasarnya, mainan edukatif sama seperti mainan pada umumnya. Hanya saja, mainan edukatif dapat memberikan stimulus pada perkembangan anak.

Beberapa perkembangan tersebut di antaranya perkembangan fisik, perkembangan motorik kasar dan halus, keberanian, kemampuan berpikir atau kognitif dan psikososial.

Maka dari itu, mainan yang edukatif memiliki peranan penting dalam perkembangan kehidupan anak. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berikut 10 ide mainan edukasi anak yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

10 Ide Mainan Edukasi Anak
1. Perahu dari Kotak Susu

Perahu dari Kotak Susu - Sederet Ide Mainan Edukasi Anak yang Asah Motorik dan Kreativitas

Mainan edukasi anak yang pertama ada perahu dari kotak susu. Mainan edukasi yang satu ini bisa kamu buat dengan mudah bersama si kecil. Terlebih, kamu tidak perlu mengeluarkan budget khusus dan besar untuk bisa membuat mainan perahu.

Sesuai dengan namanya, kamu hanya membutuhkan kotak susu bekas untuk kamu gunting dan bentuk menjadi sebuah perahu. Selain itu, kamu juga bisa menghiasnya sesuai dengan kreativitasmu.

Dengan membuat mainan ini, tidak hanya daya kreativitas anak yang tertantang dan terlatih, melainkan juga kemampuan motorik anak yang semakin terasah.

2. Boneka Sarung Tangan

Boneka Sarung Tangan - Sederet Ide Mainan Edukasi Anak yang Asah Motorik dan Kreativitas

Mainan edukasi anak yang selanjutnya ada boneka sarung tangan. Boneka ini bisa kamu buat sendiri menggunakan bahan-bahan sederhana, diantaranya sarung tangan yang terbuat dari kain wol, kemudian dakron, kancing, pita dan kain flanel.

Untuk sarung tangan sendiri, kamu bisa menggunakan sarung tangan warna-warni. Hal tersebut bertujuan agar anak belajar mengenal warna.

Tidak hanya itu, mainan yang satu ini juga memacu kemampuan kreativitas, karena anak diberi kebebasan untuk menghias boneka tersebut sesuai dengan keinginan dan imajinasinya.

3. Berkemah di Dalam Rumah

Berkemah di Dalam Rumah - Sederet Ide Mainan Edukasi Anak yang Asah Motorik dan Kreativitas

Ketiga ada berkemah di dalam rumah. Permainan yang satu ini sangat menyenangkan, karena kamu membangun atau membuat sebuah tenda menggunakan peralatan yang ada di dalam rumah.

Beberapa peralatan yang bisa kamu gunakan di antaranya seperti selimut, kursi makan, bantal, guling, karpet, lampu tidur, matras, dan lain sebagainya. Namun jika memiliki tenda kecil, kamu bisa menggunakan tenda tersebut dan merias bagian dalam tenda sesuai dengan keinginan.

Kegiatan menghias tenda dapat merangsang daya imajinasi anak. Tentunya, hal tersebut sangat bagus untuk anak dalam meningkatkan kreativitasnya. Terlebih, anak juga diajarkan untuk berusaha dan bertanggung jawab.

4. Bom Plastik dengan Cat Warna Warni

Bom Plastik dengan Cat Warna Warni - Sederet Ide Mainan Edukasi Anak yang Asah Motorik dan Kreativitas

Ide mainan edukasi anak yang keempat adalah bom plastik yang berisi cat warna-warni. Mainan yang satu ini sangat mudah di buat di rumah bersama anak.

Membuat bom plastik menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan, untuk mengasah daya kreativitas anak dan memperkenalkannya dengan beragam jenis warna.

Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya memerlukan beberapa bahan seperti ziplock, cat air atau pewarna makanan, tepung kanji, tissue dan baking soda. Bahan-bahan tersebut bisa kamu temukan di rumah atau di beberapa toko sembako.

Langkah pertama yang kamu lakukan adalah mencampurkan cuka, tepung kanji dan pewarna makanan atau cat air, lalu masukkan ke dalam zip lock hingga terisi 1/3 bagian.

Selanjutnya, ambil selembar tissue dan bentuk menjadi sebuah bulatan seperti bom. Kemudian, masukan tissue tersebut ke dalam plastik yang berisi campuran pewarna makanan, lalu tutup rapat.

Setelah semua sudah terbungkus dengan rapi, kocok plastik tersebut dengan keras sampai plastik mengembang secara perlahan. Kocok bom plastik untuk beberapa saat, kemudian plastik akan meledak.

Hal tersebut tentu akan membuat kamu dan anak senang, karena melihat banyak warna-warni yang bertebaran di sekitar halaman rumah.

(Baca Juga: 8 Dampak Positif Video Game untuk Anak, Apa Saja?)
5. Menggambar dan Mewarnai di Kaos

Menggambar dan Mewarnai di Kaos - Sederet Ide Mainan Edukasi Anak yang Asah Motorik dan Kreativitas

Menggambar dan mewarnai di atas kaos menjadi salah satu ide mainan edukasi anak yang bisa kamu lakukan. Hal tersebut menjadi salah satu cara alternatif yang bisa orang tua lakukan pada anak yang gemar mencoret-coret tembok.

Kamu hanya perlu menyediakan kaos putih polos sebagai wadah untuk anak berkreasi sebebas mungkin sesuai dengan imajinasi dan keinginannya. Tidak hanya kaos, kamu juga perlu menyediakan seperangkat alat menggambar dan mewarnai, baik itu krayon atau pun cat air.

Namun untuk melakukan hal ini, ada baiknya anak berada di bawah pengawasan orang tua. Terlebih, pastikan terlebih dahulu bahwa peralatan menggambar dan mewarnai yang digunakan aman untuk anak.

6. Cetak Pasir

Cetak Pasir - Sederet Ide Mainan Edukasi Anak yang Asah Motorik dan Kreativitas

Keenam ada cetak pasir sebagai salah satu ide mainan edukasi anak. Mainan yang satu ini tidak hanya melatih motorik kasar anak saja, tetapi juga melatih kemampuan motorik halus.

Hal tersebut karena mainan mencetak pasir membutuhkan gerakan aktif dari seluruh jari tangan, kekuatan otot lengan, otot kaki dan sebagainya.

Tidak hanya itu, mainan yang satu ini juga melatih sensorik anak. Pasalnya, anak akan belajar mengenali bentuk dan mengembangkan kreativitas dalam menyusun pasir menjadi suatu bentuk tertentu.

Untuk bermain cetak pasir, bahan-bahan yang kamu butuhkan hanya pasir dan seperangkat bentuk cetakan yang aman digunakan oleh anak. Dengan bermain cetak pasir, anak akan sangat senang karena merasa seperti sedang bermain di pinggir pantai.

7. Rumah-rumahan dari Kertas Origami

Rumah-rumahan dari Kertas Origami - Sederet Ide Mainan Edukasi Anak yang Asah Motorik dan Kreativitas

Ide mainan edukasi anak yang ketujuh ada membuat rumah-rumahan dari kertas origami. Mungkin sebagian anak-anak pernah membuat ini di sekolah sebagai salah satu tugas prakarya.

Mainan edukatif yang satu ini tidak hanya melatih kemampuan motorik, tetapi juga melatih daya kreativitas anak dalam membuat sesuatu. Mainan yang satu ini bisa kamu lakukan bersama anak kapan saja dan di mana saja.

Hal tersebut karena bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat rumah-rumahan hanya selembar kertas. Jika tidak mempunyai kertas origami, jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan kertas apa saja yang sekiranya cukup untuk membuat rumah-rumahan yang kamu inginkan.

8. Puzzle

Puzzle - Sederet Ide Mainan Edukasi Anak yang Asah Motorik dan Kreativitas

Bermain puzzle menjadi salah satu ide mainan edukasi anak yang bisa kamu lakukan. Kamu tidak harus membuat puzzle sendiri, kamu bisa membelinya di beberapa toko mainan. Bermain puzzle dapat mengasah kreativitas dan logika anak, lho.

Anak dilatih untuk menyusun dan merangkai potongan-potongan puzzle ke dalam kerangkanya yang sesuai. Tidak hanya itu, anak juga secara tidak langsung belajar bertanggung jawab karena harus menyusun rangkaian puzzle tersebut hingga selesai.

9. Berhitung Menggunakan Kelereng Hias

Berhitung Menggunakan Kelereng Hias - Sederet Ide Mainan Edukasi Anak yang Asah Motorik dan Kreativitas

Ide mainan edukasi anak yang kesembilan adalah berhitung menggunakan kelereng hias. Seperti yang diketahui, belajar merupakan salah satu kegiatan yang membosankan.

Maka dari itu, dengan ide mainan edukatif ini, kamu membuat belajar menjadi menyenangkan karena dilakukan sambil bermain.

Kamu bisa menggunakan kelereng hias sebagai media, untuk anak belajar berhitung. Apabila tidak memiliki kereng hias, kamu bisa menggunakan kelereng biasa, lalu ajak sang anak untuk menghias kelereng tersebut sesuai keinginannya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengajak anak bermain kelereng dengan membuat lingkaran kecil, yang kemudian lingkaran tersebut diisi kelereng. Anak yang melempar kelereng lebih jauh, itu yang akan bermain terlebih dahulu.

Permainan ini menjadi salah satu cara untuk melatih kemampuan motorik anak, kemampuan berhitung dan berpikir, melatih kemampuan anak untuk mengendalikan emosi serta mengasah kemampuan bersosialisasi.

10. Homemade Play Dough

Homemade Play Dough - Sederet Ide Mainan Edukasi Anak yang Asah Motorik dan Kreativitas

Ide mainan edukasi anak yang terakhir adalah membuat homemade playdough. Seperti yang diketahui, playdough merupakan mainan dengan harga yang cukup mahal jika kamu membelinya di toko-toko permainan.

Maka dari itu, alangkah lebih baik jika kamu membuatnya sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah kamu dapatkan, di antaranya yaitu tepung terigu, air putih, minyak goreng, pewarna makanan, garam dan baking soda.

Cara membuat homemade playdough sangat mudah. Langkah pertama, campurkan semua bahan-bahan di atas secara merata, kecuali pewarna makanan. Setelah itu, uleni adonan play dough hingga mendapatkan tekstur sesuai yang diinginkan.

Jika adonan sudah jadi, kamu bisa langsung menggunakannya untuk bermain bersama anak. Bagaimana sangat mudah bukan? Homemade play dough membantu merangsang serta melatih kemampuan motorik dan sensorik anak.

Manfaat dari Mainan Edukatif untuk Anak

Setelah sebelumnya kamu sudah mengetahui 10 ide mainan edukasi anak yang bisa kamu buat sendiri bersama anak di rumah, kini saatnya kamu mengetahui apa saja kegunaan atau manfaat dari mainan edukatif tersebut, di antaranya yaitu:

  • Asah kemampuan motorik
  • Mengasah konsentrasi
  • Mengasah wawasan dan bahasa anak
  • Memperkenalkan warna dan bentuk
  • Melatih koordinasi anggota tubuh
  • Memperkenalkan konsep sebab akibat

Nah, 10 ide mainan edukasi anak beserta manfaatnya sudah kamu ketahui di atas. Bagaimana, sangat mudah dibuat bukan? Tidak hanya menghemat biaya, membuat mainan edukatif sendiri juga bisa melindungi anak dari beberapa jenis mainan yang sekiranya berbahaya untuk dimainkan.

Selain menjaga anak dari beberapa jenis mainan berbahaya, alangkah lebih baik jika kamu juga melindungi kesehatan anak dengan asuransi kesehatan. Jangan khawatir jika belum memilikinya. Langsung saja ajukan dengan mudah dan cepat hanya di CekAja.com. Yuk ajukan sekarang!

Tentang Penulis