Segini Biaya Mendaki Gunung Everest Hingga Jika Meninggal Pun Bayar

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Gunung Everest merupakan gunung dengan puncak tertinggi di dunia, yang berada di antara Nepal dan Tibet. Tidak sedikit penduduk dunia, khususnya para pendaki gunung yang ingin menaklukan puncak everest yang bersalju tersebut. Namun, untuk bisa mencapai puncak Gunung Everest, ternyata tidak murah. Bahkan, biaya mendaki Gunung Everest bisa mencapai angka ratusan juta rupiah.

Ketinggian Gunung Everest sendiri adalah 8.848 mdpl. Tidak hanya itu, Gunung Everest juga memiliki suhu yang dingin karena adanya lapisan salju, angin yang kencang, hingga oksigen yang terbatas. Sehingga, tidak semua orang bisa mendaki gunung tersebut, meskipun ia mampu untuk membayar mahalnya biaya mendaki Gunung Everest.

Pasalnya, ada lebih dari 200 pendaki yang tewas di gunung tersebut, terhitung sejak tahun 1922. Karena saking berbahayanya, untuk kamu yang sanggup untuk membayar semua biaya mendaki Gunung Everest, kamu juga harus mendapatkan izin terlebih dahulu.

Edmund Hillary Jadi Orang Pertama yang Taklukkan Everest

Sekiranya, sudah ada belasan ribu pendaki yang berhasil mendapatkan izin untuk naik ke puncak Everest. Namun, mungkin tidak semua pendaki berhasil mencapai puncak, bahkan mungkin ada yang tewas di tengah perjalanan. Akan tetapi, sejarah pernah mencatat, bahwa Edmund Hillary dan Tenzing Norgay, adalah orang pertama yang berhasil menaklukan Gunung Everest pada tahun 1953.

Dua Pendaki Wanita Asal Indonesia Juga Berhasil Taklukkan Everest

Hal yang paling membanggakan lagi dari pencapaian tersebut adalah, ada dua pendaki wanita asal Indonesia, yang juga berhasil menggapai puncak Everest, pada Mei 2018. Tidak sebentar, mereka berdua menaklukan gunung tersebut dengan melakukan pendakian selama 30 hari.

Dua wanita Indonesia itu adalah Fransiska dan Mathilda, yang merupakan mahasiswi Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Parahyangan. Mereka berdua juga mengaku telah menghabiskan biaya mendaki Gunung Everest, hingga mencapai Rp2,4 miliar. Bahkan 80% nya, dikeluarkan untuk mengurus biaya pendakian.

Intinya, walaupun mahal, ternyata masih banyak orang yang berlomba-lomba untuk menaklukkan gunung ini, sebagai pencapaian yang sangat luar biasa, jika berhasil sampai di puncak tertinggi di dunia tersebut. Lantas, berapa sih biaya yang diperlukan untuk mendaki Gunung Everest?

Biaya Mendaki Gunung Everest

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa untuk bisa mendaki gunung ini tidak murah, berikut rincian biaya mendaki Gunung Everest:

  • Kamu harus membayar tiket masuk, sekaligus pernyataan bahwa kamu telah mendapatkan izin untuk mendaki, sebesar US $11.000 per orang, atau sekitar Rp155 jutaan.
  • Biaya sherpa (pemandu atau porter), tiket pesawat, oksigen, makanan, dan peralatan mendaki, yang jika diakumulasi bisa mencapai US $45.000 atau sekitar Rp634 jutaan.
  • Biaya mendaki Gunung Everest jika melalui program Himalayan Experience (Himex) menurut laman Alpine Ascents International, sebesar US $70.000 atau sekitar Rp995 juta per orang.
  • Biaya pengangkutan atau evakuasi jenazah (jika pendaki meninggal), biaya yang harus dikeluarkan paling murah adalah US $20.000, atau sekitar Rp284 juta. Pasalnya, tim penyelamat beserta sherpa, juga harus bertaruh nyawa demi mengangkut jenazah di jalur pendakian yang menantang.

(Baca Juga: Cara Membuat dan Mengajukan Visa Schengen Terlengkap 2019) 

Sekadar informasi, sherpa sendiri merupakan nama salah satu suku bangsa yang ada di Nepal dan Tibet. Dimana suku sherpa ini memang tinggal dan bertahan hidup di lereng-lereng pegunungan Himalaya. Biasanya, sherpa bekerja membantu para pendaki gunung untuk bisa sampai di puncak. Mulai dari membantu membawakan barang, makanan, hingga sebagai pemandu atau petunjuk arah.

Sherpa ternama juga pernah mencatat sejarah, yakni bernama Tenzing Norgay. Dimana ia telah membantu Hillary mendaki Gunung Everest dan menjadi pendaki pertama yang mampu menaklukan puncak tertinggi di dunia tersebut.

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung Everest

Selain mengetahui biaya mendaki Gunung Everest, sebaiknya kamu juga harus mengetahui hal-hal penting serta tips ini dulu, sebelum memulai petualangan ke Gunung Everest yang sangat amat menantang ini.

  • Cari info tentang Everest dan pengetahuan tentang pendakian

Sebelum kamu memiliki impian untuk bisa sampai dipuncak Everest, sebaiknya kamu dalami pengetahuan tentang Everest dan juga tentang skill pendakian. Mulai dari kondisi geografisnya, cuaca, jarak, medan dan lain-lain. Skill pendakian juga harus kamu miliki, pasalnya setiap gunung pasti memiliki medan yang berbeda.

Sehingga dengan memiliki pengetahuan tersebut, kamu bisa meminimalisir beragam risiko yang mungkin saja akan terjadi. Kamu juga akan lebih cepat tanggap dalam mengatasi sebuah masalah, yang ditemukan selama perjalanan menuju puncak. Misalnya terserang hipotermia atau frostbite.

  • Pengalaman Mendaki

Pastikan kamu sudah memiliki pengalaman mendaki sebelum menaklukan Gunung Everest. Pasalnya, aktivitas mendaki bukanlah sebuah proses yang mudah, apalagi mendaki Everest. Selain itu, dengan memiliki pengalaman mendaki juga, akan membuat tubuhmu mudah beradaptasi dengan lingkungan dan cuaca yang baru, atau biasa disebut dengan proses aklimatisasi.

Sehingga, tubuhmu tidak kaget dengan perubahan suhu yang ektrem, seperti yang terjadi di Gunung Everest. Pasalnya, banyak pendaki Everest yang mundur hanya karena sebuah penyakit ketinggian, yang diakibatkan proses aklimatisasi yang kurang lancar.

  • Rajin Olah Raga dan Latihan Fisik

Jangankan Gunung Everest yang memiliki tinggi 8.848 mdpl, untuk mendaki gunung setinggi 1.000 mdpl saja, kamu harus memiliki kesiapan fisik yang matang. Nah, sebelum kamu mendaki, sebaiknya kamu menyiapkan fisik dengan cara rajin berolah raga dan latihan fisik.

Kamu bisa melakukan latihan seperti lari, berenang, yoga, dan latihan fisik lainnya. Latihan lari, akan membuatmu mampu untuk menaklukan medan yang menanjak, sedangkan renang dan yoga, bisa membantu pendaki untuk bisa mengelola pernapasan dengan baik, dan menjaga pendaki agar selalu tenang.

  • Memiliki Skill Teknikal dan Verbal

Gunung Everest merupakan gunung yang sangat besar dan megah, dimana untuk mencapai puncaknya, kamu harus memiliki skill yang baik seperti cara berkomunikasi dengan tim, memanjat tebing atau es, berkoordinasi dengan orang lain, membantu satu sama lain dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, tantangan yang akan kamu dapatkan selama perjalanan, akan membuat diri kamu yang sebenarnya juga akan keluar. Apakah kamu berani, pesimis, positif ke dalam tim atau ke orang lain, atau malah akan berpikiran negatif. Yang pasti, rasa kebersamaanmu ketika mendaki gunung sangat diperlukan, dan jangan egois.

Bagaimana, sudah siap untuk mendaki Gunung Everest? Siapkan segala kebutuhan, termasuk biaya tambahan untuk pendakian, dengan cara mengajukan pinjaman dana melalui CekAja.com.