Sejarah Indomie di Nigeria Beserta Faktanya yang Bikin Tercengang

5 min membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Siapa sih warga Indonesia yang tidak kenal dengan merek mi instan ‘Indomie’? Selain sudah sangat terkenal, Indomie juga memiliki rasa yang khas dan konsisten sejak dulu. Namun, kepopuleran Indomie ternyata tidak hanya di negara asalnya saja, tetapi juga di Nigeria, Afrika. Kok bisa? Yuk simak sejarah Indomie di Nigeria beserta faktanya.

indomie di nigeria

Sejarah Indomie di Indonesia

Sebelum mengetahui sejarah Indomie di Nigeria, mari simak sedikit sejarah Indomie di negara asalnya, yakni di Indonesia. Indomie pertama kali diproduksi pada 1972 dengan rasa kaldu ayam, yang diluncurkan oleh Sanmaru Food Manufacturing, yang didirikan Djajadi Djaja.

Namun, saat ini Indomie diproduksi oleh Grup Salim melalui PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Indomie tercipta dengan awal ketertarikan Liem Sioe Liong, karena adanya kelangkaan beras, yang melanda Indonesia kala itu.

Lalu Liem yang terkenal dengan nama Soedono Salim, pendiri Salim Grup akhirnya mendekati Djajadi Djaja, agar Indomie mau bermitra dengannya. Pada waktu yang bersamaan, Soedono Salim, ternyata juga sudah mendirikan perusahaan Mi Instannya sendiri, yaitu Sarimi dengan PT Sarimi Asli Jaya.

(Baca Juga: Fakta-fakta Menarik Indomie, dari Produk Anyar Hingga Donat Indomie!)

Sejarah Indomie di Nigeria

Sebelum Indomie sangat terkenal di Nigeria dan membuka pabrik di sana, Indomie pertama kali di ekspor ke Nigeria pada tahun 1988. Ternyata orang Nigeria menyukai produk ini dan pada 1995, pabrik produksi Indomie pertama dibuka di Nigeria, di bawah naungan Dufil Prima Foods.

Bahkan, pabrik tersebut menjadi pabrik penghasil mi instan pertama dari jenisnya di Nigeria, dan terbesar di Afrika. Produsen Indomie yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), menguasai sekitar 74% pangsa pasar setempat.

Sejarah Indomie di Nigeria Beserta Faktanya

Saking terkenalnya merek mi ini di Nigeria, membuat seorang warga Indonesia yang sempat mengunjungi Nigeria merasa tercengang, dan memperkirakan bahwa ada sekitar 60%-80% orang Nigeria pernah makan Indomie.

Untuk varian rasa Indomie yang dipasarkan di Nigeria, di antaranya adalah rasa Ayam, Ayam Bawang, Ayam Lada, dan Mi Goreng Oriental. Merek mi asli Indonesia ini juga pernah meraih penghargaan konsumen, sebagai produk terbaik di Nigeria.

Bagaimana, sebagai warga negara Indonesia, kamu tentunya ikut bangga bukan, jika salah satu produk makanan asli Indonesia ini terkenal, hingga ke luar negeri? Belum puas mengetahui sejarahnya? Yuk lanjut simak fakta-fakta menarik tentang Indomie di Nigeria.

Fakta-fakta Menarik Indomie di Nigeria

1. Strategi Marketing Indomie di Nigeria Sangat Unik

Fakta yang pertama adalah strategi marketing Indomie di Nigeria sangat unik. Karena Indomie kala masuk ke Nigeria belum memiliki saingan, sehingga membuat produk ini sangat asing. Namun, strategi cerdik pun dilakukan agar warga Nigeria mau mencicipi produk ini, dengan cara memperkenalkan langsung door to door, dan mengklaim bahwa Indomie memiliki kandungan gizi yang lebih lengkap dari beras.

2. Indomie Pernah Diklaim Nigeria Sebagai Makanan Asli Nigeria

Jika makanan asli Padang, Indonesia yakni rendang pernah diklaim negara Malaysia, bagaimana jika Indomie diklaim Nigeria, apakah kita sebagai warga Indonesia tidak bingung? Pasalnya, Nigeria merupakan negara yang letaknya jauh dari Indonesia, tak seperti Malaysia yang masih satu wilayah dan benua.

Hal tersebut nyatanya terjadi karena pada saat Indomie dipasarkan di Nigeria, pihak Dufil tidak menyertakan nama Indonesia. Sehingga, warga Nigeria sangat yakin bahwa Indomie adalah makanan asli Nigeria. Bagaimana? Apa kamu akan marah atau tertawa jika melihat warga Nigeria mengklaim Indomie? Namanya saja Indomie, ya pasti dari Indonesia lah! hehehe..

3. Kata ‘Mi’ di Nigeria Digantikan dengan Indomie

Sama seperti di Indonesia, ketika merek apapun yang keluar pertama kali sebelum memiliki pesaing, pasti akan digunakan sebagai nama barang tersebut, seperti Indomie. Sehingga, saat ini jika ke mana-mana, kalau mau beli mi instan, bilangnya “mau beli Indomie”, padahal beli mi instan merek lain.

Hal tersebut sepertinya juga terjadi di Nigeria, terlebih ketika Indomie pertama kali diperkenalkan, di sana memang belum ada merek mi instan selain Indomie. Sehingga, kata mi (jenis makanan) diganti dengan Indomie (merek mi instan).

4. Cara Membuatnya yang Praktis

Namanya juga mi instan, tentunya cara pembuatannya praktis, gak ribet, dan perlu waktu lama. Hal itu pun ternyata menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang NIgeria yang suka Indomie. Apalagi untuk warga menengah ke bawah, Indomie sudah menjadi makanan pokok, atau makanan pendamping (lauk).

5. Tag Line dalam Promosi Indomie di Nigeria Unik Sampai Melekat di Telinga

Pernahkah kamu mendengar suatu tagline atau slogan dari suatu merek yang unik, bahkan bisa melekat dan terngiang-ngiang di pikiran kamu. Ya, itulah promosi yang dilakukan Indomie di Nigeria. Dimana tagline Indomie yang paling populer di Nigeria adalah “No mama be like you, no noodles like Indomie”, yang artinya “Tiada ibu sepertimu, tiada mi seperti Indomie”.

6. Indomie jadi Makanan Pokok Kedua di Nigeria Selain Nasi

Sama seperti di Indonesia, Nigeria menjadikan nasi atau beras sebagai makanan pokok. Namun, munculnya Indomie di negara mereka, membuat Indomie sangat laris, dan menjadikannya bahan pokok kedua setelah nasi.

Terlebih, pada 2015 lalu Nigeria pernah mengalami krisis ekonomi, di mana mereka kesulitan untuk membeli nasi, karena harganya melambung tinggi. Jadi ketimbang beli nasih, maka mereka berpaling ke Indomie sebagai asupan karbohidrat utama, dan harganya juga lebih murah.

7. Terdapat Warung Makan Indomie Tersukses di Nigeria

Jika di Indonesia warung makan Indomie menyatu dengan warkop alias warung kopi, di Nigeria pun ada warung makan khusus Indomie. Bahkan, tempat warung makan ini menjadi yang paling sukses di Nigeria.

Kepopuleran Indomie membuat adanya peluang bisnis yang menguntungkan bagi Aboki, pemilik warung Indomie tersukses di Nigeria. Tidak hanya direbus lalu diberi bumbu, Aboki menyediakan menu Indomie dengan cara masak yang berbeda dari cara biasanya.

Bahkan, Aboki bisa meraup keuntungan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per harinya. Bagaimana, warga Indonesia, masa kalah dengan Aboki penjual Indomie di Nigeria?

Mau punya usaha seperti Aboki juga? Bisa kok, apalagi persediaan Indomie di Indonesia sangat berlimpah. Kamu bisa membuka usaha dari banyaknya peluang bisnis dari produk Indomie.

(Baca Juga: 5 Makanan Pedas Ngehits yang Wajib Dicoba)

Mau Bikin Usaha, Modal Belum Ada?

Jangan khawatir! Karena saat ini, kamu sudah bisa menikmati fasilitas pinjaman dana online, untuk membantu kamu dalam masalah finansial, seperti untuk modal usaha.

Dengan proses cepat, syarat mudah, dan terpercaya, kamu bisa dengan mudah mendapatkan dana pinjaman sesuai kebutuhan kamu.

Di mana Kamu Bisa Dapatkan Pinjaman Cepat Secara Online?

Cukup dengan mengunjungi situs CekAja.com, kamu sudah bisa melihat banyak produk pinjaman yang tersedia dari berbagai bank dan penyedia jasa keuangan lainnya seperti P2P lending. Untuk masalah keamanan, CekAja.com, sudah 100% aman, karena sudah terdaftar sebagai fintech legal di Otoritas Jasa Keuangan.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman dana online, hanya di situs CekAja.com!