Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Seperti Ini Untung Rugi Tabungan Emas Pegadaian

by lhmdi on 20 Juli, 2017

tips karier _ investasi - CekAja.com

Emas masih jadi instrumen investasi favorit bagi banyak orang Indonesia. Selain karena nilainya stabil, emas juga memberikan keuntungan bila disimpan dalam jangka panjang.

Biasanya, masyarakat membeli emas batangan (sekadar informasi, jenis emas yang disarankan bagi investor adalah emas batangan) di sejumlah tempat resmi seperti kantor Antam, bank konvensional baik milik pemerintah dan swasta atau bank syariah hingga toko emas.

Selain tiga tempat tersebut, sebenarnya masih ada satu tempat lagi yaitu PT. Pegadaian. Tabungan emas di Pegadaian merupakan layanan jual beli emas dengan fasilitas titipan sebagai bentuk kemudahan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi emas.

(Baca juga: 5 Kelalaian Investasi Emas yang Bikin Kamu Rugi)

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Pegadaian dibandingkan tempat-tempat membeli emas lainnya? Nah, sebelum menjawab pertanyaan ini, CekAja.com akan lebih dulu berbagi trik untung berinvestasi emas di Pegadaian. Yuk, cek penjelasannya di bawah ini.

Menitipkan emas

Pegadaian sebagai lembaga keuangan milik pemerintah membuka pelayanan penitipan emas bagi masyarakat yang ingin menabungkan kembali nilai emas yang mereka miliki. Prosesnya, emas yang dititipkan tadi akan diasuransikan demi keamanan dan kenyamanan pemiliknya.

Namun, terdapat beban biaya bulanan jika ingin menitipkan emas, yaitu Rp 20.000 per 100 gram tiap bulan.

Pembelian emas dengan cara mencicil

Karena tabungan ini memiliki konsep jual beli, maka emas pun bisa dibeli dengan cara mencicil. Sebelum membeli emas, pastikan untuk menyiapkan uang muka dengan nilai 30 persen dari harga emas.

(Baca juga: Tip Jitu Pilih Investasi yang Tahan Krisis Ekonomi)

Berikutnya kamu bisa menentukan jangka waktu cicilan antara satu hingga 36 bulan serta jumlah cicilan yang dibayarkan nantinya. Setelah membeli, kemudian kamu bisa menitipkan emas tersebut di Pegadaian. Bahkan emas tersebut bisa dicairkan!

Emas untuk digadaikan

Selanjutnya, ketika suatu saat kamu membutuhkan uang tunai dengan cepat, maka kamu bisa menjual emas yang kamu miliki di Pegadaian dengan cara menitipkannya terlebih dahulu.

Nilai, pinjaman ini biasanya berkisar di angka 80% dan jangka waktu yang ditentukan Pegadaian adalah selama empat bulan.

Ikut arisan

Pilihan berikutnya untuk tabungan atau investasi emas adalah dengan cara arisan. Pegadaian sendiri menyediakan fasilitas ini dan terbuka bagi masyarakat yang akan mengikuti program arisan emas.

Caranya mudah. Ajukan permohonan ke kantor Pegadaian bersama dengan mengajak atau membentuk kelompok yang terdiri dari enam orang hingga lebih dari enam. Hampir sama dengan bentuk arisan lainnya yang selama ini dikenal, Pegadaian nantinya akan membuat pengundian setiap bulan bagi salah satu anggota untuk mendapatkan satu keping emas.

Mengenal Untung Rugi Tabungan Emas Pegadaian

tips kaya _ investasi - CekAja.com

Setelah mengetahui bagaimana cara untuk memulai investasi emas, sekarang saatnya kita mengenal untung rugi tabungan emas Pegadaian. Berikut penjelasannya:

#1 Penyedian layanan yang masimal

Nama besar Pegadaian dalam memberikan ruang untuk berinvestasi emas bisa menjadi pilihan pertama. Siapa pun bisa mengajukan tabungan emas di berbagai kantor cabang Piloting Pegadaian.

Jadi, jika kamu berencana untuk membuka tabungan emas, bisa langsung mengunjungi kantor-kantor cabang Pegadaian.

2# Dapat dibeli dengan harga terjangkau

Pegadaian memberikan kemudahan dalam melakukan proses pembelian. Selain persyaratan, harga yang ditawarkan pun bersaing. Berdasarkan catatan terakhir dari situs resmi Pegadaian harga emas yang dapat dibeli dengan berat 0,01 gram hanya Rp 5.370 saja!

#3 Kemudahan Top up

Keuntungan berikutnya adalah, ketika masyarakat sudah melakukan investasi ini dan ingin ingin menambah saldo, maka Pegadaian membuka layanan Top up yang dapat dilakukan secara online.

#4 Sistem keamanan terjamin

Keamanan menjadi prioritas penting bagi Pegadaian bagi masyarakat yang akan berinvestasi atau menggunakan tabungan emas. Dengan berbagai macam prosesur keamanan plus kehadiran asuransi langsung dari Pegadaian, bisa dipastikan emas yang ditabung memang benar-benar dilindungi.

Setelah keuntungan, lalu apa kerugian atau kekurangan dalam tabungan emas di Pegadaian? Hingga saat ini, belum jelas informasi apakah Pegadaian memberikan sertifikat khusus bagi pemilik emas. Apalagi saat ini proses pengajuan emas pun hanya bisa dilakukan di kantor-kantor cabang Piloting.

Hal ini berbeda ketika masyarakat akan menabung emas di PT Antam. Setiap investasi emas yang dilakukan biasanya akan mendapatkan sertifikat resmi dari PT. Antam.

Proses Tabungan Emas Pegadaian

tips kaya di usia muda _ investasi - CekAja.com

Sebagai tambahan, proses untuk investasi emas di Pegadaian sebenarnya sangat mudah. Bahkan, khusus untuk pembelian misalnya, Pegadaian membuka kesempatan bagi masyarakat untuk membelinya secara kredit atau tunai.

Lalu, seperti apa prosedur tabungan emas di Pegadaian? Berikut persyaratannya, seperti yang dikutip langsung dari situs resmi Pegadaian:

  1. Melampirkan kartu identitas yang sudah difotokopi seperti Kartu Tanda Penduduk, Surat Izin Mengemudi, hingga Paspor yang masih berlaku.
  2. Melengkapi formulir rekening serta biaya administrasi sebesar Rp 10.000, serta fasilitas titipan selama dua belas bulan dengan nilai Rp 30.000.
  3. Pembelian emas dapat dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram. atau sebesar atau sebesar Rp 5.370. Jadi, ketika kamu akan membeli emas dengan berat 1 gram maka akan dikenakan biaya sebesar 537.000.

Sebagai tambahan, harga emas ini masih akan mengalami perubahan dan disesuaikan dengan ketentuan dari Pegadaian.

  1. Pegadaian nantinya akan mengonversi uang pembelian menjadi emas hingga empat digit di belakang koma. Jika memiliki selisih, maka nantinya akan dikelola sebagai Dana Kepedulian Sosial atau Dana Kebajikan Umat.
  2. Jika kamu menginginkan emas batang, kamu dapat melakukan pengajuan biaya cetak serta memiliki emas dengan pilihan keping (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dan akan dikenakan biaya tambahan untuk biaya cetak tersebut
Bijak Berinvestasi Emas

Sebelum melakukan investasi apa pun bentuknya, khususnya emas, pastikan kamu mengetahui segala persiapan serta risiko yang akan dihadapi. Cara ini dapat membantu kamu meminimalisir kerugian hingga mendapatkan keuntungan lebih banyak dari tabungan emas di Pegadaian.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami