Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Serba-serbi Cara Daftar Kartu Pra Kerja untuk Masyarakat Indonesia

by Ayunindya Annistri on 15 April, 2020

Upaya pemerintah untuk bantu meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia rupanya telah dilakukan sejak Sabtu (11/4/2020) lalu. Bagi kamu yang tertarik untuk ikut serta dalam program pemerintah tersebut, simak cara daftar kartu pra kerja berikut ini.

Serba-serbi Cara Daftar Kartu Pra Kerja untuk Masyarakat Indonesia

Apa Itu Kartu Pra Kerja?

Kartu pra kerja adalah program bantuan dari pemerintah dalam bentuk biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau bahkan meningkatkan keterampilan. Program ini dikemas semenarik mungkin untuk memberikan nilai tak hanya bagi pengguna saja, namun juga nilai bagi sektor swasta.

Pada tahap awal pengembangan Program Kartu Pra Kerja, pemerintah berkolaborasi dengan beberapa pelaku usaha swasta, seperti Tokopedia, Hacktiv8, OVO, Bukalapak, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Link Aja, dan G2 Academy.

Dengan adanya kolaborasi, program ini diharapkan dapat memberikan manfaat setidaknya dengan cara mencetak sumber daya manusia yang unggul.

Saat ini, kartu pra kerja diperuntukan bagi mereka yang tengah mencari pekerjaan dan termasuk juga para pekerja seperti layaknya buruh, karyawan dan pegawai.

Singkatnya, penerima kartu pra kerja adalah masyarakat Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan sudah tidak mengikuti jenjang pendidikan formal.

(Baca Juga: Cara Cek Saldo Kartu Jakarta Pintar dan Tips Cerdas Menggunakannya)
Kartu Pra Kerja juga Berlaku untuk yang Terkena Dampak Pandemi Corona

Mulanya informasi mengenai cara daftar kartu pra kerja memang dikhususkan bagi WNI yang berusia 18 tahun ke atas.

Namun dikarenakan situasi Indonesia yang tengah menghadapi pandemi COVID-19 alias corona, pemerintah berinisiatif untuk turut memberikan kartu pra kerja bagi pelaku usaha mikro dan kecil, serta para pekerja.

Melansir dari laman Kompas.com, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Pra Kerja, yakni Denni Puspa Purbasari mengatakan, kartu pra kerja ditujukan sebagai instrumen social safety net untuk meringankan beban hidup dan daya beli masyarakat akibat COVID-19.

Besaran Insentif Khusus Penerima Kartu Pra Kerja

Program Kartu Pra Kerja rencananya bakal menyasar 5,6 juta orang di 2020. Setiap peserta juga akan menerima insentif sebesar Rp 3,5 juta, disalurkan lewat rekening bank peserta yang sebelumnya telah terdaftar di akun www.prakerja.go.id.

Penyalurannya dilakukan secara bertahap dan masing-masing peserta bisa langsung mengecek status penyaluran di dashboard akun terdaftar.

Sebelumnya, dana insentif tersebut diketahui terdiri dari tiga bagian. Pertama, insentif sebesar Rp 1 juta yang bisa digunakan untuk biaya pelatihan keterampilan pekerja, lewat pelatihan online yang tergabung dalam mitra resmi pemerintah.

Lalu dana insentif kedua merupakan bantuan yang disalurkan setelah mengikuti pelatihan. Dimana total biaya yang didapat oleh peserta bisa mencapai Rp 2,4 juta, dihitung selama empat bulan pelatihan dengan besaran nominal Rp 600 ribu.

Insentif ketiga diberikan pasca pelatihan, yang mana peserta juga telah mengisi survei evaluasi Program Kartu Pra Kerja. Adapun besaran insentif yang disalurkan lewat transfer rekening ataupun e-wallet, yakni sekitar Rp 150 ribu.

Syarat dan Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Cara daftar kartu pra kerja bisa kamu lakukan melalui laman resmi www.prakerja.go.id. Namun perlu diketahui sebelum mendaftar, pastikan kamu telah memenuhi syarat yang diminta. Mulai dari berusia minimal 18 tahun, seorang warga negara Indonesia, hingga sedang tidak mengenyam pendidikan formal.

Setelah itu, ikuti tata cara daftar kartu pra kerja di bawah ini:

  • Daftarkan akun pribadi, dengan memasukkan email dan nomor ponsel.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim lewat email atau nomor ponsel terdaftar.
  • Kemudian log in akun dan klik daftar kartu pra kerja. Jangan lupa untuk mengisi secara keseluruhan formulir pendaftaran.
  • Setelah data berhasil diverifikasi, kamu akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
  • Persiapkan alat bantu coret-coret, seperti kertas dan pulpen untuk mengikuti tes tersebut.
  • Apabila dinyatakan lulus tes, maka pihak penyelenggara program kartu pra kerja akan menghubungi kamu untuk mengikuti kelas pelatihan, baik secara online.

Kelas pelatihan dilakukan sesuai dengan pilihan peserta kartu pra kerja. Hingga sekarang, telah tercatat setidaknya lebih dari 900 pelatihan online dari berbagai jenis dan tingkatan. Pelatihan ini tersedia di 8 digital platform yang merupakan mitra resmi pemerintah.

Jika pelatihan telah selesai dilakukan, maka kamu berhak mendapatkan sertifikat online dan selanjutnya bakal diminta untuk mengisi survei. Tahapan terakhir dalam cara daftar kartu pra kerja ini wajib dilakukan, agar dana insentif ketiga bisa segera disalurkan oleh pihak penyelenggara ke rekening bank milikmu.

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar gaya hidup, strategi kelola keuangan hingga cara memilih produk finansial yang tepat hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau