Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Serba-Serbi Cara Menjadi Digital Marketer yang Sukses

by Kyla Damasha on 3 Februari, 2020

Banyak sekali tips atau cara menjadi digital marketer yang sukses yang bisa kamu lakukan. Tidak hanya belajar melalui internet saja, menjadi seorang digital marketer sukses juga diperlukannya praktik langsung di lapangan.

cara menjadi digital marketer yang sukses

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan internet, profesi digital marketer itu sendiri semakin digemari, khususnya bagi para generasi muda.

Bahkan saat ini, sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan posisi digital marketer untuk membantu dalam mengembangkan perusahaan mereka lho. Nah, dikarenakan hal inilah tak jarang banyak orang yang tertarik untuk mempelajari cara menjadi digital marketer yang sukses.

Selain itu, saat ini profesi digital marketer itu sendiri juga menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan dengan jumlah penghasilan yang fantastis jika kamu mendalaminya. Nah, jika kamu tertarik untuk menjadi seorang digital marketer, yuk kita ketahui dulu serba-serbi cara menjadi digital marketer yang sukses.

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Digital Marketer Sukses

Cara menjadi digital marketer yang sukses pertama adalah dengan menguasai beberapa skill atau kemampuan. Perlu diketahui bahwa menjadi digital marketer sukses mungkin tidak semudah yang kita bayangkan.

Meskipun aktivitas kita saat ini sudah didukung dengan hadirnya internet dan teknologi, nyatanya ada beberapa skill yang mungkin belum banyak kita ketahui karena jarangnya digunakan di kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu, jika kamu ingin menjadi seorang digital marketer sukses, setidaknya pelajari dan kuasailah beberapa skill atau kemampuan berikut ini:

·     Kemampuan Analisa

Kemampuan analisa merupakan salah satu skill terpenting yang harus dimiliki oleh setiap digital marketer. Hal tersebut dikarenakan seorang digital marketer harus bisa menganalisa setiap kegiatan ataupun aktivitas marketing yang mereka lakukan.

Tak hanya itu, mereka juga harus dapat menganalisa setiap kebutuhan dan konversi penjualan dari situs yang mereka miliki, sehingga kemampuan analisa yang mumpuni diharapkan bisa membantu dalam meningkatkan penjualan di dunia online sekaligus memprediksi langkah-langkah yang harus diambil agar bisnis bisa berkembang secara konstan.

·     Familiar dengan Media Sosial

Dalam melakukan aktivitas digital marketing, media sosial merupakan komponen yang paling penting dan wajib hukumnya untuk dikuasai. Hal tersebut dikarenakan, lingkup media sosial yang luas membuatmu bisa dengan mudahnya menjalin relasi dan memasarkan sebuah produk dengan lebih efektif dan efisien, tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Selain itu, media sosial juga bisa kamu manfaatkan untuk menyusun strategi dalam memperluas jaringan dan mengembangkan produk yang tengah kamu pasarkan.

Maka dari itu, jika kamu ingin menjadi seorang digital marketer sukses, wajib hukumnya untuk aktif menggunakan dan familiar dengan fitur-fitur yang ada di media sosial.

·     Ahli dalam Visualisasi Data

Cara menjadi digital marketer yang sukses selanjutnya adalah dengan menguasai keahlian dalam visualisasi data. Mengapa? Karena keberadaan data menjadi salah satu hal yang sangat vital. Data sangat diperlukan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat strategi maupun keputusan.

Selain itu, seluruh aktivitas maupun kegiatan di dalam digital marketing juga sebagian besar didasari oleh data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Tidak hanya itu, seorang digital marketer juga harus bisa menyajikan data dengan baik sebagai bentuk evaluasi.

·     Memiliki Technical Skill dan Soft Skill

Meskipun sebenarnya di dalam digital marketing kamu juga akan bekerja sama dengan web developer maupun video editor, tetapi tidak ada salahnya untuk mempelajari technical skill ini.

Karena dengan pengetahuan dasar mengenai technical skill yang kamu miliki, kamu akan bisa lebih mudah dalam berkomunikasi atau pun bertukar pikiran dengan tim web developer dan content creator ini.

Sementara itu disisi lain, sebagai digital marketer kamu juga harus mampu dalam berkomunikasi dengan baik serta menjadi pribadi yang fleksibel terhadap pekerjaan dan menghadapi pelanggan.

Maka dari itu, penting bagi seorang digital marketer untuk bisa menyeimbangkan antara technical skill dan soft skill secara bersamaan.

·     Mampu Bekerja di dalam Tim

Tidak ada satu digital marketer pun yang bisa bekerja seorang diri. Agar hasil dari aktivitas marketing yang kamu lakukan maksimal, kamu harus mampu bekerja di dalam sebuah tim, dan inilah salah satu kunci di dalam cara menjadi digital marketer yang sukses.

Sebagai orang yang bekerja di bidang marketing, kamu diharuskan untuk membuat sebuah digital marketing campaign yang tentunya membutuhkan bantuan yang tidak sedikit.

Kamu harus bisa bekerja sama dengan web developer, content creator, media sosial, dan lainnya agar campaign yang kamu lakukan dapat memberikan hasil yang maksimal.

Nah, ketika bekerja di dalam sebuah tim, pastinya kamu juga akan membutuhkan lingkungan yang kondusif dengan jalinan komunikasi yang baik antar anggota agar lebih mempermudah dalam bertukar pikiran maupun merancang strategi-strategi baru.

·     Mudah Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi

Mungkin kamu sudah tahu bahwa digital marketing merupakan salah satu profesi yang memiliki hubungan erat dengan dunia digital dan perkembangan teknologi. Tanpa mengerti tentang teknologi, maka kecil pula kemungkinanmu untuk bisa sukses di bidang digital marketing.

Maka dari itu, seorang digital marketer juga wajib hukumnya untuk bisa selalu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan dunia digital masa kini, agar strategi dan kemampuan yang diaplikasikan ke dalam aktivitas marketing juga bisa selalu up-to-date dan disesuaikan dengan teknologi yang ada.

(Baca Juga: Biaya Pendidikan 4 Pekerjaan Digital Paling Diminati)
Strategi Tepat di dalam Digital Marketing

Setelah mengetahui tentang beberapa kemampuan atau skill yang harus dimiliki oleh seorang digital marketer, maka selanjutnya adalah dengan mengetahui strategi yang tepat di dalam digital marketing yang sesuai dengan era masa kini.

Perlu diketahui bahwa aktivitas digital marketing juga memiliki strategi dan tidak bisa asal melakukan. Meskipun kamu memiliki kemampuan yang mumpuni, tetapi apabila kamu melakukan strategi yang tidak tepat, maka bisa saja hasil dari digital marketing yang kamu lakukan akan kurang membuahkan hasil.

Maka dari itu, salah satu cara menjadi digital marketer sukses adalah dengan memiliki strategi yang tepat. Nah, kira-kira apa saja sih bentuk strategi yang dianggap tepat di dalam digital marketing?

·     Kekuatan Konten

Memang benar adanya bahwa konten memiliki power yang sangat kuat di dalam aktivitas digital marketing. Konten merupakan aspek yang sakral karena pada dasarnya, inti dari digital marketing memang terletak pada kontennya itu sendiri.

Konten yang baik adalah konten yang mudah dipahami oleh orang awam, mengandung informasi yang berguna dan informatif, serta diterbitkan pada waktu yang tepat.

Apabila konten yang kamu buat telah mengandung ketiga syarat yang baru saja disebutkan, maka bisa dipastikan bahwa digital marketing yang kamu lakukan akan membuahkan hasil yang maksimal.

Selain itu, hal ini juga secara otomatis akan memperkuat branding yang dapat menarik perhatian pelanggan secara luas. Tak boleh lupa bahwa media sosial memiliki pengaruh yang cukup besar di dalam aktivitas digital marketing.

Apabila pelanggan sudah tertarik dengan konten yang kamu buat, maka dengan sendirinya mereka juga akan menyebarkan konten-konten tersebut ke dalam kanal media sosial yang ada, dan begitulah proses yang bisa menjadi sebuah konten menjadi viral atau dikenal oleh masyarakat dalam lingkungan besar.

Hal yang perlu diketahui agar sebuah konten bisa disebarkan oleh masyarakat secara luas adalah dengan membuat konten yang unik dan membuat orang untuk membicarakannya (Trending Topic Setter).

·     Mobile Optimized

Konsumen di era digital saat ini memiliki sifat hyper-connected atau rasa keinginan yang kuat untuk bisa selalu terhubung dengan internet dan media sosial.

Nah, jika antara internet dan media sosial disambungkan, maka akan ada satu benda yang menghubungkan keduanya, yaitu smartphone atau ponsel pintar.

Maka dari itu, di dalam aktivitas digital marketing kamu juga harus aktif dalam menggunakan mobile agar bisa lebih mendekatkan diri kepada para pelanggan.

·     Pemilihan Media Sosial yang Tepat

Meskipun saat ini sudah banyak jenis-jenis media sosial yang tersedia, bukan berarti kamu juga harus terhubung dengan seluruh media sosial tersebut. Semakin banyak media sosial yang kamu gunakan, maka tidak menutup kemungkinan kerjaan mu akan menjadi terbengkalai karena tidak fokus.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mulai memilih jenis media sosial yang tepat agar aktivitas digital marketing yang kamu lakukan kembali ke jalur yang benar dan tujuan awal.

Sebagai contoh, jika produk yang kamu tawarkan dikemas dalam bentuk gambar, maka Instagram bisa menjadi jenis media sosial yang cocok.

Tetapi jika kamu ingin lebih fokus memasarkan produk hanya dengan sebatas kalimat pendek saja, maka Twitter bisa dijadikan pilihan. Sebaliknya, jika kamu ingin lebih kepada sebuah video, maka kamu bisa fokus dalam menggunakan kanal YouTube.

(Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Video Marketing Cocok untuk Bisnis Kamu)
·     Konsisten dalam Konten

Konten yang dikemas dengan konsisten akan membuat pelanggan bisa menemukan keunikan dan ciri khas dari produk yang tengah kamu pasarkan.

Selain itu, pastikan pula bahwa kamu juga menerapkan teknik SEO untuk membangun link organik, membuat konten yang relevan serta lebih mengutamakan informasi pengetahuan yang terkait.

·     Real Time Marketing

Nah, strategi terakhir di dalam cara menjadi digital marketer yang sukses adalah selalu siap sedia dalam memberikan respon kepada pelanggan secara langsung atau real time.

Dengan respon yang cepat dan memberikan informasi yang berguna dan diinginkan oleh pelanggan, maka secara tidak langsung kamu sudah memiliki nilai unggul di hadapan pelanggan.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, dimana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda