Serba-serbi Gimmick Harbolnas yang Mesti Diketahui

1 min. membaca Oleh CekAja on

Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional merupakan event belanja online yang diadakan setahun sekali setiap tanggal 12 Desember.

Meski resminya jatuh pada tanggal 12 Desember, guna menyambutnya, banyak e-commerce yang menyambut Harbolnas sedari sekarang.

Tentunya ini menjadi keuntungan pembeli karena berarti semakin banyak promo Harbolnas yang ditawarkan. Harbolnas memang bertabur diskon. Tapi kita juga harus teliti terhadap beragam gimmick diskon yang bisa membuat rugi.

Berikut serba-sebi gimmick Harbolnas yang harus kamu ketahui.

1. Lelang

Bagi kita yang berburu barang elektronik dengan harga murah sebaiknya segera pasang strategi untuk mengikuti lelang. Lelang di sini maksudnya produk baru dilepas pada jam tertentu dan pembeli mengajukan tawaran.

cekaja-daftar-kartu-kredit-belanja-online-harbolnas-CekAja.com

Pemenang ditentukan dengan tawaran dengan harga tertinggi (tentunya masih di bawah harga pasaran) atau tawaran dengan bilangan angka terunik. Kecepatan jari dan keberuntungan membuatmu bisa mendapatkan barang elektronik dengan harga miring.

(Baca juga: [c88-article id=”108479″ title=”Resolusi Finansial Kamu Punya Rumah Tahun Depan? Ini Hal yang Perlu Dilakukan” text=”Resolusi Finansial Kamu Punya Rumah Tahun Depan? Ini Hal yang Perlu Dilakukan”])

2. Pilih promo

Ada juga e-commerce yang menyelanggarakan pilih promo suka-suka. Di sini artinya kamu bebas memilih promo Buy 1 Get 1 Free, cicilan 0%, diskon sampai dengan 50%, promo bundling, serba Rp100 ribu, dan gratis ongkos kirim. Supaya tidak merasa ‘tertipu’, jangan lupa baca syarat dan ketentuan yang berlaku.

3. Diskon dan hadiah dengan tantangan

Untuk mendapatkan diskon atau hadiah besar, pembeli diharuskan melakukan tantangan beruntun. Misalnya minggu pertama me-repost foto, minggu kedua membuat video pendek, dan seterusnya. Pemenang kemudian ditentukan setelah peserta menuntaskan semua tantangan.

(Baca juga: [c88-article id=”107566″ title=”Kartu Kredit Terbaik Rekomendasi CekAja untuk Harbolnas 2016″ text=”Kartu Kredit Terbaik Rekomendasi CekAja untuk Harbolnas 2016″])

4. Diskon tidak masuk akal

Retail menaikan harga jual sebelum memberikan diskon itu sudah biasa. Tapi bagaimana jika harga dinaikan sampai tidak masuk akal? Rupanya ini benar-benar terjadi saat Harbolnas 2015.

foto: Maxmanroe.com

Contoh di atas adalah harga pampers yang mencapai Rp130 juta sebelum didiskon 100%. Gara-gara ini bos dari e-commerce tersebut harus sampai minta maaf pada konsumen. Supaya tidak terjebak, teliti sebelum membeli dengan mengecek harga aslinya ya.

Tentang kami

CekAja

CekAja