Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Serba-serbi Sistem Pembayaran Paypal di Indonesia

by Rafly Aditia on 1 Juli, 2017

tips belanja online-CekAja.com

Sering belanja online dan mendengar sistem pembayaran PayPal? Bagaimana sistem rekening virtual tersebut di Indonesia, cara membuat, dan cara daftarnya?

Dalam pengertiannya, PayPal merupakan alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh para internet marketer karena dirasa paling aman. Bukan hanya di dunia saja, penggunaannya di Indonesia juga mulai bertumbuh seiring berkembangnya zaman. Bahkan sistem pembayaran ini jadi solusi bagi para pengguna internet di dunia untuk bertransaksi dengan mudah dan aman serta tanpa batas.

Cukup dengan mengetahui email PayPal Indonesia yang dimiliki, maka kita akan dengan mudah dapat mengirimkan uang virtual ke akun yang dimiliki secara cepat dan aman. Biasanya, seseorang menggunakannya untuk membeli barang seperti e-book, perangkat lunak original, dan berbagai transaksi lainnya di situs e-commerce terkenal.

Cara daftar Paypal Indonesia

Pertanyaan yang sering diajukan, bagaimana cara memiliki akunnya di Indonesia? Jangan khawatir, sebab sistem pembayaran ini telah hadir untuk para pengguna Internet di Indonesia. Namun ada beberapa syarat yang mesti dimiliki jika ingin memiliki rekening virtual ini, berikut adalah daftar syaratnya:

  1. Usia minimal 18 tahun
  2. Memiliki email aktif

Langkah-langkah membuat akun PayPal Indonesia:

  1. Setelah memenuhi dua syarat utama di atas maka segera buka situs Paypal.com dan perhatian di bagian atas, dan klik sign up.
  2. Setelah itu, pada halaman Create Your Account maka kita akan diminta mengisi data secara valid mulai terkait negara tempat tinggal, bahasa yang ingin digunakan dan pilih jenis akun yang ingin dibuat apakah pribadi, primer atau bisnis.
  3. Untuk penggunaan dengan tujuan kepentingan pribadi lebih baik pilih jenis akun primer atau pribadi. Setelah itu, klik tombol get started dan kita akan dialihkan untuk membuat akun dengan mengisi biodata pribadi mulai dari alamat email sampai nomor telepon.
  4. Setelah itu, kita akan diminta untuk melewati verifikasi keamanan dimana harus mengisi captcha dan klik continue atau lanjutkan.
  5. Setelah akun telah selesai dibuat, selanjutnya akan diminta untuk mengisi nomor kartu kredit sebagai tanda verifikasi. Apabila belum memiliki kartu kredit maka dapat tinggalkan dan klik go to my account.
  6. Perlu diingat, segera cek email aktivasi pada inbox email yang digunakan.

Cara mencairkan uangnya ke bank lokal dan membuat akun PayPal tanpa kartu kredit?

Untuk mencairkan uang dari PayPal ke bank lokal maka diperlukan nomor kartu kredit untuk verifikasi akun. Jangan khawatir bila belum memiliki kartu kredit, karena ada ada cara untuk menyiasatinya.

Cara membuat akun rekening virtual ini tanpa kartu kredit bisa dilakukan dengan menggunakan VCC atau Virtual Credit Card yang saat ini sudah banyak dijual dengan harga yang sangat murah di Indonesia. Namun, untuk menggunakan VCC ini kita harus melakukan penelitian terlebih dahulu terhadap reputasi penjualnya untuk memastikan masalah keamanan akun yang nantinya dibuat.

Apabila akun yang digunakan tidak terverifikasi karena belum mengisi data nomor kartu kredit, biasanya jika mengirim uang maka secara otomatis akun tersebut akan terancam dan mendapat limit. Karena itu segera verifikasi akun demi keamanan dan kenyamanan transaksi di dunia maya dengan mengisi nomor kartu kredit ataupun VCC.

Pada saat melakukan penarikan saldo ke bank lokal Indonesia ada biaya yang dikenakan. Bukan hanya itu, ketahui bahwa terdapat jumlah penarikan minimum saat ingin mencairkan dana.

Biaya penarikan dengan nilai lebih dari Rp1,5 juta adalah gratis sementara untuk nilai penarikan kurang dari Rp1,5 juta adalah Rp16 ribu dengan biaya pengembalian sebesar Rp50 ribu.

Tips aman saat transaksi menggunakan PayPal

Dengan teknologi SSL, maka sistem yang dimiliki oleh PayPal akan menjaga keamanan informasi. Bukan hanya itu, ketika mengirim pembayaran menggunakan PayPal maka penerima tidak akan mendapatkan informasi sensitif seputar keuangan yang dimiliki seperti misalnya nomor kartu kredit atau nomor rekening bank yang digunakan.

Sehingga dengan hal ini, tidak perlu khawatir apabila harus melakukan transaksi dengan orang yang tidak dikenal sekalipun. Namun yang namanya sistem keamanan pasti ada celah-celah yang bisa saja dieksploitasi oleh orang tidak bertanggung jawab, sehingga sebaiknya agar transaksi menggunakan PayPal tetap aman sebaiknya lakukan beberapa hal berikut:

  1. Jangan gunakan pertanyaan kemanan yang mudah ditebak saat proses membuat akun. Hindari penggunaan pertanyaan nama tempat tinggal, istri, anak, dan pertanyaan simpel lainnya.
  2. Sebaiknya jangan mengetik kata kunci langsung di kotak login, lebih baik gunakan software virtual keyboard dan salin lalu tempel pada kotak login.
  3. Jangan pernah memberikan identitas asli ke siapapun kecuali untuk kontak pribadi orang-orang tertentu.
  4. Sebaiknya gunakan email dari domain berbayar sebisa mungkin hindari penggunaan email gratis seperti gmail atau yahoo.
  5. Pantang memberikan nomor rekening atau kartu kredit ke publik, karena dengan data tersebut maka kata kunci akun dapat diubah dengan mudah.

Jika akun terlanjur diretas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab segera lakukan langkah berikut:

  1. Segera hubungi kontak resmi pihak PayPal
  2. Berikan penjelasan mengenai peretasan atau pencurian data akun
  3. Tenang saja, karena biasanya dana yang hilang dari akun anda karena diretas akan dikembalikan lagi. Namun untuk sementara akun tersebut akan dibatasi serta data email yang telah diganti akan dikembalikan seperti semula.
  4. Atur ulang email utama untuk akun dengan email yang lain, serta masukkan email alternatif yang kalau bisa tidak diketahui oleh orang lain.

Mulai sekarang, tidak usah ragu apalagi takut untuk menggunakan jasa teknologi keuangan seperti PayPal misalnya karena banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami