Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Siasati Penggunaan Peralatan Ini Agar Tagihan Listrik Murah!

by Rafly Aditia on 20 June, 2017

tips hemat pengeluaran di rumah _ KPR - CekAja.com

Bengkaknya pengeluaran bulanan menjadi momok menakutkan bagi setiap orang. Berbagai cara pun dilakukan untuk menekan pengeluaran bulanan agar tidak membuat keuangan sekarat.

Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran rumah tangga. Contohnya dengan mensiasati penggunaan peralatan berikut:

Matikan saklar elektronik ketika hendak tidur

Apakah kalian sadar,  TV, microwave, komputer, dan peralatan elektronik lainnya masih mengonsumsi listrik bahkan ketika alat-alat tersebut dalam kondisi mati?

Untuk mengatasi hal ini, solusinya cukup sederhana yaitu matikan saklar elektronik yang terhubung dengan peralatan-peralatan tersebut. Hal ini bisa menghemat listrik bulanan hingga 5%.

Lebih baik gunakan shower dibanding bak mandi

Salah satu kebiasaan yang menjadi budaya orang Indonesia adalah penggunaan bak dan gayung untuk mandi. Sayangnya cara satu ini terbilang kurang baik jika ingin berhemat.

Sebenarnya, ika dibandingkan dengan penggunaan gayung dan bak mandi, pengunaan shower akan mengurangi jumlah air yang digunakan ketika mandi.

Masak air lewat microwave bukan kompor gas

Tahukah kalian, memasak air di microwave lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan kompor? Selain itu, dengan menggunakan microwave, konsumsi energi 60 persen lebih hemat dibanding memasak air lewat kompor.

Dengan cara ini, maka kalian dapat mengurangi penggunaan energi dari kompor gas. Sehingga pengeluaran untuk biaya gas tabung untuk memasak akan jadi lebih hemat.

Manfaatkan fitur timer pada AC

Air conditioner atau AC masa kini memiliki fitur yang canggih, salah satunya adalah fitur timer yang sebenarnya dapat menjadi kunci untuk menghemat penggunaan listrik.

Jika biasanya kita menggunakan AC ketika hendak tidur yaitu pukul 21.00 sampai pagi pukul 05.00 di hari berikutnya, cobalah untuk memanfaatkan fitur timer dan membuat AC mati secara otomatis 2 atau 3 jam lebih cepat. Pastinya, hal satu ini akan memberikan dampak yang cukup besar untuk menghemat biaya listrik.

Coba beralih ke lampu LED

Cara lain untuk menghemat pengeluaran bulanan adalah dengan menekan biaya listrik dengan beralih dari lampu biasa ke lampu LED.

Lampu LED mengonsumsi daya yang lebih kecil dibandingkan lampu biasa, dimana untuk mendapatkan tingkat keterangan yang sama, listrik yang digunakan lebih sedikit dibanding lampu biasa.

 

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami