Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Solusi Jitu Atasi Kenaikan Harga Barang di Tahun 2017

by Tisyrin N. T on 16 January, 2017

kelola gaji - CekAja.com

Memasuki tahun 2017, kamu mendapatkan sambutan kurang menyenangkan dari kenaikan harga sejumlah barang kebutuhan. Agar keuanganmu tetap sehat, kamu harus punya strategi jitu untuk menghadapinya.

Di tengah kenaikan harga, kamu harus berjuang memenuhi kebutuhan, menabung, hingga berinvestasi. Dengan keuangan yang sehat, langkahmu untuk merealisasikan mimpi-mimpimu tahun ini akan lebih mudah terwujud. Beberapa solusi berikut ini bisa kamu terapkan.

Cabai

Harga cabai melambung, tetapi kamu merasa tidak bisa hidup tanpa sambal. Tak ada salahnya jika kamu menanam cabai sendiri. Menanam cabai tergolong mudah dan dapat dilakukan di lahan terbatas atau bahkan hanya memanfaatkan pot.

Selain membeli benih di toko pertanian, kamu  juga bisa mendapatkan benih  langsung dari cabai matang. Caranya dengan mengambil biji cabai lalu rendam dalam air. Biji yang tenggelam artinya berkualitas baik sehingga kamu bisa memanfaatkannya sebagai benih.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Kalau kamu enggan menanam cabai, kamu bisa mengurangi penggunaannya. Atau, belanja cabai seperlunya saja. Saat kamu membeli terlalu banyak, kamu harus siap membuang cabai yang busuk karena tersimpan terlalu lama.

BBM dan Pengurusan STNK

Jika kamu punya lebih dari satu kendaraan bermotor, coba pertimbangkan untuk menjual salah satu jika kamu tidak benar-benar membutuhkannya. Lumayan kan hasilnya untuk menambah tabungan atau menambah DP rumah?

Atau, manfaatkan kendaraan bermotor untuk mencari penghasilan tambahan misalnya dengan menjadi pengemudi ojek atau sopir taksi online. Opsi lain, kurangi penggunaan kendaraan bermotor, pakai bila benar-benar memerlukannya. (Baca juga: Jelang Imlek, Yuk Jelajahi Pecinan di Kota-kota Ini)

Rokok

Tarif cukai hasil tembakau sudah naik, harga rokok pun tidak menutup kemungkinan bisa naik. Kalau selama ini kamu selalu punya alasan untuk tidak berhenti merokok, mungkin ini saat yang tepat untuk merubah kebiasaanmu.

Karena itu, sebelum harganya benar-benar naik, kurangi sedikit demi sedikit konsumsi rokokmu. Kamu juga harus yakin lama kelamaan kamu bisa bisa menghentikan kebiasaan merokok. Ingat, semua demi kesehatan tubuh dan keuanganmu.

Coba bayangkan impian-impianmu yang belum terlaksana, misalnya menikah dan berlibur ke negara tetangga bersama pasangan. Ini akan jadi penyemangat agar kamu lekas berhenti merokok.

Listrik

Pemerintah mencabut subsidi untuk pelanggan listrik 900 Volt Ampere sejak 1 Januari 2017 sehingga tarifnya naik. Nah, bagi kamu yang ingin menghemat pengeluaran untuk membayar listrik, selalu ingat untuk mencabut atau mematikan peralatan yang sedang tidak terpakai, mematikan lampu jika tidak terlalu diperlukan misalnya malam hari, dan selektif dalam memilih peralatan rumah tangga, carilah yang hemat listrik.

Dapatkan kemudahan memperoleh dana tunai dengan mengajukan pinjaman online di sini

 

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.