Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Solusi Selain Gadai Ijazah Jogja

by lhmdi on 17 Maret, 2016

pendidikan tinggi_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Dikenal sebagai kota pendidikan, mungkin menjadi salah satu kenapa banyak masyarakat yang mencoba untuk gadai ijazah Jogja untuk mendapatkan sejumlah uang dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Banyaknya pendatang yang bersekolah atau untuk memulai berbagai macam usaha di kota gudeg ini juga ikut mendorong tingginya pinjaman uang dengan cara menggadaikan ijazah. Apalagi tingkat pertumbuhan ekonomi yang tergolong baik namun tidak besar, membuat gadai ijazah menjadi hal yang lumrah.

Secara umum menggadaikan ijazah di Jogja melalui bank atau lembaga keuangan resmi lainnya yang diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK memang tidak akan mendapatkan pinjaman uang. Namun, saat ini mulai banyak bermunculan berbagai macam layanan pinjaman uang dengan gadai ijazah Jogja yang menawarkan berbagai macam pencairan dana, bahkan hanya dalam waktu singkat.

Selain ijazah, beberapa item lainnya seperti BPKB serta sertifikat tanah pun juga menjadi alat “barter” untuk mendapatkan sejumlah uang. Tapi tidak semua tempat peminjaman uang dengan jaminan yang mudah ini bisa ditemui.

Di Jogja sendiri terdapat sebuah tempat dengan nama Samdede yang memang dikenal memiliki layanan pinjaman uang hanya dengan menggadaikan ijazah. Namun, jumlah pinjaman pun tidak terlalu besar, dan hanya hadir dalam jumlah terbatas. Memang jumlah pinjaman yang tidak besar rasanya pun pas dengan jumlah pengeluaran yang tidak terlalu besar ketika berada di Jogja.

Namun, tentunya menggadaikan ijazah di tempat-tempat ini harus waspada, karena sering kali ditemukan dokumen asli berupa ijazah dijual kembali kepada orang lain. Alternatif lainnya yang bisa dilakukan menggadaikan ijazah di Pegadaian. Sebagai lembaga keuangan resmi milik pemerintah, tentunya menggadaikan ijazah masih dapat dilakukan di beberapa tempat Pegadaian. Namun, sayangnya nominal pinjaman uang yang diberikan pun tidak terlalu besar.

Jika sudah berada dalam situasi ini, namun kamu membutuhkan pinjaman uang untuk memenuhi kebutuhan atau untuk kebutuhan produktif lainnya ada beberapa solusi yang bisa dicoba selain gadai ijazah Jogja.

  1. Patungan dengan teman

Bagi kamu yang hendak mendirikan usaha namun mengalami kendala dengan modal, maka pinjaman menjadi solusinya. Selain gadai ijazah untuk mendapatkan pinjaman solusi pertama yang bisa kamu coba adalah “patungan” dengan teman-teman untuk mendapatkan dana dalam jumlah besar. Cara ini setidaknya menghindarkan diri sendiri mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar, sekaligus belajar bagaimana mengelola bisnis bersama teman-teman dengan cara yang lebih jitu. Kamu bisa belajar mengendalikan uang dengan bijak, dan sesuai dengan kebutuhan usaha yang akan kamu jalankan.

  1. Menjual atau menggadaikan barang-barang bernilai

Ketika kamu sedang membutuhkan dana segar, namun belum siap untuk mengajukan pinjaman, maka menjual atau menggadaikan beberapa barang kesayangan yang sudah tidak terpakai lagi bisa menjadi pilihan berikutnya. Sebagai contoh barang yang dititipkan di pegadaian bisa mendapatkan sejumlah yang yang rasanya cukup untuk dijadikan sebagai sumber modal atau uang yang akan digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Pilihan lainnya adalah dengan menjual barang yang akan dijadikan sebagai sumber pinjaman pun bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Selain cara menggadaikan ijazah di bank, gadai ijasah Jogja juga identik dengan samdede jogja, yakni tempat gadai ijazah di jakarta.

  1. Cari lewat online

Pinjaman uang yang bisa dilakukan berikutnya adalah dengan mencari melalui layanan online. Pilihannya pun semakin beragam sekarang. Ada layanan online yang meminjamkan uang dengan persyaratan yang mudah, namun jumlahnya terbatas. Begitu pula waktu pembayaran cicilannya.

Berikutnya, terdapat juga layanan yang memberikan gambaran tentang perbandingan peminjaman uang di bank. Layanan ini tentunya sangat bermanfaat sebelum kamu mengambil keputusan untuk mengajukan pinjaman di bank atau lembaga keuangan.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami