Beberapa Opsi Pinjaman Online Untuk Mahasiswa, Simak Artikelnya!

Salah satu masalah utama yang harus dihadapi oleh mahasiswa adalah kekurangan uang. Terutama pada mahasiswa yang jauh dari tempat tinggal.

pinjaman online untuk mahasiswa

Walaupun ada yang sambil bekerja, biasanya penghasilan yang didapatkan masih belum maksimal. Terutama karena waktu dan konsentrasinya harus terbagi.

Kebutuhan mendesak yang paling sering dialami mahasiswa adalah untuk membayar uang kas ataupun untuk biaya hidup pada saat uang kiriman yang belum datang atau gaji belum cair.

Meski begitu, saat ini sudah banyak tersedia sumber pembiayaan atau pinjaman yang tak membutuhkan persyaratan yang banyak dan ribet sehingga cocok digunakan oleh mahasiswa.

Salah satu opsi pembiayaan yang bisa dimanfaatkan mahasiswa adalah melalui pinjaman online.  Sebelum mengajukan pinjaman online yang cocok untuk mahasiswa, kamu perlu memperhatikan beberapa hal utama. Salah satunya adalah legalitas aplikasi pinjaman online.

Pertimbangan Menggunakan Pinjaman Online

Mahasiswa juga perlu memastikan rekam jejak dan review dari aplikasi pinjaman online. Apakah sering menggunakan data pribadi nasabahnya dengan semena-mena tanpa tanggung jawab. Beberapa pertimbangan menggunakan pinjaman online untuk mahasiswa antara lain:

  • Jumlah limit pinjaman apakah bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  • Penggunaan dana pinjaman bisa disesuaikan
  • Cicilan atau angsuran tetap dan tidak mengikuti suku bunga yang berlaku
  • Proses cepat dan singkat sehingga pinjaman cepat cair hanya dalam beberapa jam saja

(Baca Juga: 5 Tips Menghemat Uang buat Mahasiswa Rantau)

Fasilitas lain yang ditawarkan seperti cicilan tanpa biaya tambahan juga harus dipertimbangkan untuk mempermudah pembayaran pinjaman.

Perhatikan pula waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan persyaratan pengajuan pinjaman serta proses pencairan agar dana bisa didapatkan tepat waktu.

Jangka waktu pinjaman juga penting untuk diperhatikan agar tidak semakin memberatkan kondisi keuangan kedepannya.

Mahasiswa yang belum memiliki penghasilan tetap memang menjadi masalah untuk pengembalian pinjaman.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya memulai untuk mengambil pekerjaan paruh waktu untuk mempermudah pengembalian dana pinjaman.

Opsi Pinjaman Online yang Cocok untuk Mahasiswa

Nah setelah mengetahui pertimbangan tersebut, berikut ini beberapa aplikasi pinjaman online yang mungkin cocok sebagai sumber pembiayaan mahasiswa:

1. Julo

Salah satu opsi pinjaman online untuk mahasiswa adalah aplikasi Julo. Akan tetapi, Julo mengharuskan calon nasabah memiliki pekerjaan atau sumber penghasilan tetap.

Tenor pinjaman yang ditawarkan aplikasi ini hingga 9 hari dengan minimal jumlah pinjaman Rp500 ribu hingga Rp15 juta.

Selain digunakan untuk mendapatkan pinjaman yang dapat ditarik tunai, pinjaman Julo juga dapat digunakan untuk top-up uang digital!

Persyaratan umum pengajuan pinjaman dari Uang Teman antara lain berusia 21-50 tahun serta memiliki penghasilan minimal Rp4 juta.

2. Dana Rupiah

Opsi pinjaman online untuk mahasiswa selanjutnya adalah aplikasi Dana Rupiah. Pengajuan pinjaman di Dana Rupiah diajukan melalui aplikasi dengan kelebihan proses pencairan pinjaman bisa dilakukan dalam waktu cepat.

Kamu juga bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp400 ribu hingga Rp25 juta. Persyaratan untuk pengajuan pinjaman di Dana Rupiah berupa berusia minimal 18 tahun, memiliki rekening bank di Indonesia atas nama sendiri, serta memiliki KTP.

3. Kredit Pintar

Opsi pembiayaan melalui pinjaman online lain untuk mahasiswa selanjutnya adalah aplikasi Kredit Pintar. Di Kredit Pintar, kamu bahkan tak harus menyertakan slip gaji untuk mendapatkan pinjaman.

Kredit Pintar menawarkan pinjaman dengan tenor hingga 12 bulan dengan jumlah pinjaman hingga Rp20 juta.

Persyaratan yang harus dipenuhi antara lain peminjam harus warga negara Indonesia, berusia 18-55 tahun, memiliki KTP dan rekening bank pribadi, serta berdomisili di Indonesia.

4. Kredivo

Aplikasi pinjaman online yang satu ini mungkin sudah banyak didengar oleh kalangan mahasiswa. Di Kredivo, kamu bisa mendaftar di akun basic yang hanya memerlukan KTP saja.

Dengan akun basic, kamu bisa mendapatkan pinjaman maksimal Rp3 juta dengan tenor 30 hari dan tanpa bunga!

5. TunaiKu

Aplikasi pinjaman lain yang bisa dicoba adalah TunaiKu yang menawarkan pinjaman mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta dengan tenor pinjaman mulai dari 6 hingga 20 bulan.

Namun, serupa dengan Julo, pinjaman TunaiKu juga mewajibkan kamu memiliki penghasilan tetap. Selain itu ,harus memenuhi persyaratan yaitu berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun, warga negara Indonesia, memiliki KTP, dan memiliki rekening bank pribadi.

Opsi pinjaman melalui aplikasi pinjaman online yang disampaikan di atas cocok untuk mahasiswa yang membutuhkan dana darurat.

Seluruh opsi di atas merupakan pinjaman online legal yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Sehingga kamu tak perlu ragu untuk mengajukan pinjaman.

Selain opsi-opsi di atas, masih banyak sumber pembiayaan online lain yang cocok untuk pengajuan pinjaman bagi mahasiswa.

Namun, tetap berhati-hati saat memilih pinjaman online karena masih banyak pinjaman online ilegal yang berkeliaran!

(Baca juga: 4 Aplikasi Buat Bantu Mahasiswa Baru Cari Kos)

Mahasiswa juga bisa memanfaatkan KTA

Selain melalui pengajuan online melalui aplikasi pada layanan financial technology peer to peer lending, kamu juga bisa memanfaatkan sumber pembiayaan dari perbankan melalui produk Kredit Tanpa Agunan.

Selain untuk dana darurat, Kredit Tanpa Agunan sangat cocok digunakan sebagai modal usaha bagi mahasiswa yang ingin sambil memulai bisnis.

Pengajuan KTA juga kini sudah dapat dilakukan secara online sehingga memudahkan kamu untuk mendapatkan dana. Tertarik dengan pinjaman KTA? Jangan lupa untuk cari tahu lebih lanjut ya!

Itulah opsi pinjaman online yang dapat kamu pilih sebagai mahasiswa beserta alternatif pinjaman KTA. Ingin mengajukan salah satunya? Ajukan melalui CekAja.com karena prosesnya yang mudah, cepat, dan aman!

Dengan mengajukan pinjaman melalui CekAja.com, kamu juga bisa menikmati berbagai promo yang ditawarkan khusus untuk pengguna CekAja.com!