Tips Mengelola Bisnis Franchise, Baik untuk Franchisor Maupun Franchisee

Bisnis franchise menjadi salah satu tipe usaha yang banyak dipilih terutama oleh pemula. Tapi tidak boleh sembarangan, kamu bisa simak tips mengelola bisnis franchise agar terus untung!

Tips Mengelola Bisnis Franchise, Baik untuk Franchisor Maupun Franchisee

Salah satu alasan banyaknya peminat bisnis franchise adalah karena bisnis ini cenderung lebih mudah untuk dilakukan tanpa harus memutar otak dengan keras.

Selain itu, biasanya bisnis franchise memiliki lebih banyak potensi keuntungan karena namanya yang sudah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat.

Namun, bagaimana cara mengelola franchise yang tepat? Yuk simak tips mengelola bisnis franchise untuk franchisor serta franchise di bawah ini!

Tips untuk Franchisor

Sebagai pemberi franchise, atau disebut franchisor, kamu juga perlu memikirkan strategi agar produk memiliki banyak peminat. Ini dia deretan tipsnya!

1. Buat Sistem yang Efektif

Tips pertama untuk kamu yang akan memulai franchise dari bisnismu adalah dengan membuat sistem franchise yang efektif.

Kebanyakan usaha besar yang sudah memiliki banyak franchise biasanya memiliki sistemnya sendiri yang berbeda-beda satu sama lain.

Dengan adanya sistem franchise yang tepat, selain mempermudah proses pengelolaan franchise, kamu juga bisa meminimalisir kesalahan serta kerugian akibat gagal.

2. Pastikan Kualitas Produk

Tips selanjutnya harus kamu lakukan bahkan sebelum berniat menawarkan franchise yaitu memastikan produk yang kamu jual memiliki kualitas yang baik.

Ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dengan kualitas produk atau makanan yang kamu jual.

Setelah itu, jaga kualitas produk kamu, termasuk pada cabang franchise ada dari usahamu agar pelanggan tidak akan kecewa dengan perbedaan kualitas yang ada.

3. Buat Sistem Pemasaran

Tips terakhir untuk franchisor adalah dengan membuat sistem pemasaran. Ya, membuat dan mengoptimalisasikan sistem pemasaran juga tak kalah penting dengan sistem franchise itu sendiri.

Semakin banyak orang mengenali produk yang kamu jual, maka semakin besar pula kemungkinan franchise dari usahamu akan dibuat.

(Baca Juga: Bisnis Sendiri atau Franchise, Mana yang Lebih Menguntungkan? )

Tips untuk Franchisee

Sementara itu, berikut adalah tips mengelola bisnis franchise untuk kamu sebagai franchisee yang akan membeli franchise dari sebuah usaha:

1. Jangan Tergiur Harga Murah

Tips pertama yang harus kamu lakukan saat akan membuka franchise adalah untuk tidak tergiur penawaran franchise dengan harga murah.

Karena, franchise yang murah belum tentu memiliki sistem franchise yang baik sehingga bukannya akan untung, kamu malah bisa mendapatkan banyak kerugian.

Untuk itu, lakukan juga analisis riset mengenai bisnis usaha franchise yang akan kamu lakukan.

2. Teliti Memilih Franchise

Riset mengenai bisnis franchise yang dilakukan sebelumnya tak hanya membantu kamu untuk menghindari kerugian dari franchise yang sepi, namun juga dapat membantu kamu memilih franchise agar terhindar dari penipuan waralaba yang masih ada hingga saat ini.

Sebagai tambahan, kamu juga dapat mencari ulasan dari berbagai client yang sudah membuka franchise usaha yang juga akan kamu buka.

3. Merencanakan Pendanaan

Tips terakhir untuk franchisee adalah dengan merencanakan pendanaan yang matang sebelum membuka bisnis franchise.

Pikirkan terlebih dahulu jumlah uang yang harus kamu keluarkan dan darimana uang tersebut berasal.

Karena walaupun terdapat penawaran franchise yang sudah termasuk dengan mesin, inventory, dan juga training, masih terdapat biaya lain yang harus kamu keluarkan.

Salah satunya adalah biaya sewa atau beli tempat yang akan kamu gunakan sebagai toko franchise kamu.

(Baca Juga: Harga Franchise Menantea, Bisnis Minuman Kekinian Pasti Cuan! )

Itulah tips yang dapat kamu lakukan saat akan memulai bisnis franchise baik untuk franchisor dan juga franchisee.

Kamu tertarik menjadi franchisee tetapi masih mengalami kesulitan dengan pendanaan? Jangan khawatir, ajukan kredit tanpa agunan melalui CekAja.com sebagai solusinya!

Di CekAja.com, kamu dapat memilih KTA mana yang paling sesuai dengan kebutuhan modal franchise! Berikut rekomendasinya:

Proses pengajuan KTA dengan CekAja.com juga mudah, cepat, dan aman. Kamu hanya perlu untuk mengisi formulir yang tersedia di situs CekAja.com.

Jadi tunggu apalagi? Segera ajukan KTA kamu melalui CekAja.com untuk memulai bisnis usaha franchise!