10 Ide Bisnis untuk Anak Muda yang Mudah Dilakukan dan Menguntungkan

Ide bisnis untuk anak muda bisa dipilih karena mendatangkan keuntungan yang sangat potensial. Bisnis ini bahkan bisa dilakukan di rumah dengan modal kecil, dan dijadikan bisnis temporer maupun permanen.

10 Ide Bisnis untuk Anak Muda yang Mudah Dilakukan dan Menguntungkan

Siapa sih yang tidak ingin untuk segera hidup mandiri secara finansial, apalagi dengan memiliki bisnis sejak dini. Hal ini seringkali dijadikan sebagai salah satu goal anak muda masa kini.

Di tengah masa modern yang beranggapan bahwa bisnis bisa dijalankan siapa saja tanpa harus memandang latar belakang pendidikan maupun status sosial, banyak yang mencari ide bisnis untuk anak muda, kemudian mencobanya.

Kemudahan memulai bisnis pun semakin terasa berkat adanya teknologi maju yang memungkinkan pemasaran produk melalui cara online. Sehingga jumlah wirausaha meningkat, meskipun rasionya masih belum terlalu banyak dibandingkan dengan jumlah masyarakat Indonesia.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari ide bisnis untuk anak muda, rekomendasi ini mungkin bisa membantu dan dijadikan referensi pilihan. Berikut daftar lengkapnya.

1. Jual Baju Bekas (Thrift Shop)

Ide bisnis untuk anak muda yang pertama adalah menjual baju bekas alias membuka thrift shop. Saat ini, sudah banyak anak muda yang menjual baju bekas berkualitas, dengan merk terkenal dan tampilan yang bagus.

Kamu bisa coba mencari stok baju bekas dengan mendatangi pasar baju bekas terdekat di kotamu, atau mengambil paket usaha baju bekas secara borongan. Untuk mencari pemasok baju bekas juga tidak terlalu rumit, sebab ada banyak pemasok yang menjadi distributor online.

2. Jual Aksesoris DIY

Selanjutnya, ide bisnis untuk anak muda yang direkomendasikan adalah berjualan aksesoris yang dibuat sendiri atau Do It Youself (DIY). Seperti menjual strap mask, konektor masker, gelang, kalung, choker, cincin, anting, dan lain sebagainya.

Bahan-bahan pembuat aksesoris seperti manik-manik atau beads, benang, dan pengait bisa kamu beli di pasar konvensional maupun toko online dengan harga yang murah.

(Baca juga: 7 Tips Sukses Bisnis Seserahan dan Hantaran untuk Hasilkan Banyak Cuan)

3. Bisnis Cake and Bakery

Ide bisnis untuk anak muda yang menjual produk makanan manis seperti kue dan roti juga bisa kamu coba. Jangan salah, keuntungan bisnis ini cukup fantastis, karena harga jual yang umum dipatok yakni dua kali lipat dari harga modal yang terpakai.

Brownies, cookies, kue kering, donat, dan roti isi bisa menjadi pilihan produk dari tokomu. Sedangkan untuk pemasaran, penjualan dengan cara konvensional yakni menitipkan produk ke toko-toko atau warung terdekat tentu sangat mudah dilakukan.

Kemudian untuk pemasaran online, manfaatkanlah platform media sosial atau membuat akun di aplikasi marketplace (Shopee, Tokopedia, dll). Sebab untuk beberapa jenis produk bisa dikirim dengan jasa kirim ekspres dan menjaga kualitas makanan itu sendiri.

4. Jual Camilan

Masih dari kategori ide bisnis untuk anak muda yang menjual makanan, kamu juga bisa membuat camilan dan menjualnya secara online maupun offline.

Anak muda pasti sangat menyukai jajanan asin sebagai kudapan di sela waktu luang. Seperti basreng (bakso goreng), kerupuk seblak kering, stik keju, dan lain sebagainya.

Resep camilan bisa didapat melalui aplikasi masak atau melalui media sosial sepeti YouTube. Bukan hanya resep, tapi di aplikasi ini juga tertera tutorial atau cara membuatnya, lho!

5. Jasa Sewa Seserahan

Ide bisnis untuk anak muda lainnya yakni jasa menghias serta menyewakan perlengkapan seserahan. Dengan mengasah kreaifitasmu, bisnis ini akan jadi sangat potensial membawa keuntungan. Sebab permintaan pasar pun cukup besar, mengingat acara pernikahan yang selalu ada, sekalipun di masa pandemi.

Untuk memulainya, kamu hanya perlu modal kecil seperti kotak seserahan, bunga kering sebagai hiasan, pita, dan pernak-pernik lainnya.

6. Jadi Reseller atau Dropshipper

Menjadi reseller dan dropshipper juga bisa berpeluang mendatangkan keuntungan. Dengan menjual barang yang sudah dikenal merknya oleh publik, kamu jadi lebih mudah memasarkan produk yang dijual.

Akan tetapi, pastikan kamu memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan konsumen di sekitarmu. Misalnya reseller pakaian, skincare lokal, makanan, dan lain sebagainya.

(Baca juga: 5 Ide Bisnis Kreatif Modal Minim yang Cocok di Masa Pandemi)

7. Jasa Laundry Sepatu

Jika kamu hanya memiliki modal yang terbilang kecil, ide bisnis untuk anak muda seperti menjajakan jasa laundry sepatu bisa menjadi pilihan tepat.

Kebutuhan mencuci sepatu pasti selalu ada di kalangan anak muda. Inilah yang memudahkan pemasaran jasa cuci sepatu ini.

Modal yang dibutuhkan hanya ratusan ribu rupiah untuk membeli peralatan dan perlengkapan cuci sepatu, seperti detergen khusus, sikat, krim pemutih sol sepatu, cat sepatu, dan lain sebagainya.

8. Fotografer dan Videografer

Kamu punya keahlian untuk memotret, mengambil gambar video, sekaligus mengeditnya jadi terlihat estetik? Tawarkan saja keahlianmu ini sebagai fotografer dan videografer.

Saat ini, berbagai momen selalu ingin diabadikan dalam bentuk dokumentasi berkualitas tinggi. Mulai dari momen lamaran, pernikahan, ulang tahun, prewedding, liburan, melahirkan, atau foto momen kehamilan.

Tawarkan dulu jasa ini ke rekan terdekatmu, untuk selanjutnya dipasarkan meluas melalui media sosial atau promosi dri mulut ke mulut. Kamu juga bisa bergabung dengan vendor fotografer dan videografer sebagai salah sumber daya atau pekerjanya.

9. Jual Kaos Sablon

Bisnis jual kaos termasuk ide bisnis untuk anak muda yang everlasting alias tidak termakan zaman. Permintaannya selalu ada, apalagi jika kamu bisa menambahkan desain menarik yang sesuai dengan tren masa kini.

Kamu juga tidak membutuhkan modal besar, sebab model pemesanan bisa dilakukan dengan sistem pre-order (PO). Jadi, kamu baru membuat produk setelah ada pemesanan yang dibuat dalam jumlah tertentu.

10. Desainer Undangan dan Logo

Ide bisnis untuk anak muda yang terakhir adalah menjadi desainer grafis pemula yang menawarkan jasa desain undangan atau logo toko online.

Hanya dengan mengasah kemampuan melalui aplikasi desain gratis, kamu bisa meraup keuntungan yang lumayan. Sama seperti fotografer dan videografer, jasa desainer biasanya dibayar per proyek atau per pesanan, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Itu dia beberapa ide bisnis untuk anak muda yang bisa menjadi pilihanmu. Dengan modal kecil, keuntungan melimpah bisa didapat asalkan kamu berani untuk segera memulainya.

Apapun bisnis yang dipilih, kamu tak usah khawatir soal modal. Sebab kini Kredit Tanpa Agunan (KTA) cicilan ringan untuk kebutuan apa saja bisa kamu ajukan secara online via CekAja.com.

CekAja.com akan membantumu memilih produk pinjaman dari bank terbaik yang terpercaya, serta membantu proses pengajuan hanya dengan mengisi formulir online. Jadi, sudah pasti pengajuannya sangat mudah, praktis, dan cepat.

Yuk, cek produk KTA terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu serta ajukan hanya melalui CekAja.com!