5 Ide Bisnis Kreatif Modal Minim yang Cocok di Masa Pandemi

Sudah setahun #dirumahaja, tapi tetap mau punya penghasilan? Tenang, ide bisnis kreatif modal minim ini, cocok dilakukan di masa pandemi, dan bisa hasilkan keuntungan yang cukup besar. Jadi, meski #dirumahaja, kamu tetap bisnis berbisnis, dan mendapatkan banyak uang!

Advertisement

Terlebih semenjak pandemi menyerang, banyak orang yang mengalami pemutusan kerja, PHK, dan lain sebagainya. Sehingga, berbisnis menjadi salah satu solusi bagi mereka, untuk mendapatkan penghasilan.

Namun, ternyata tidak sedikit dari mereka korban PHK, yang beralih profesi menjadi pebisnis atau wirausaha. Sehingga, persaingan di dunia bisnis pun menjadi lebih ketat.

Tidak hanya masalah di ide persaingan, masalah modal usaha juga sering menjadi halangan, untuk mereka yang kekurangan modal bisnis.

(Baca Juga: 9 Usaha Rumahan Tanpa Modal)

Nah, disinilah ide-ide kreatif harus muncul, demi membuat bisnis yang berbeda, unik, modal kecil, dan mampu bersaing. Tapi, jangan khawatir!

Karena buat kamu yang sudah bingung, mau bangun bisnis apa, yuk intip deretan ide bisnis kreatif modal minim berikut ini.

Ide Bisnis Kreatif Modal Minim

1. Menciptakan Produk Daur Ulang

Ide bisnis kreatif modal minim yang pertama adalah dengan berbisnis produk daur ulang. Terlebih, di ide bisnis ini kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal.

Tidak hanya itu, isu sampah plastik yang kian banyak diperbincangkan, memang nyatanya semakin banyak menimbulkan masalah, untuk lingkungan.

Nah, agar bisnismu bisa sekaligus menyelamatkan lingkungan, maka ide bisnis kreatif ini, bisa kamu jadikan referensi. DI sini kamu bisa melakukan mendaur ulang sampah plastik, sekaligus mengurangi sampah plastik.

Ada banyak jenis produk daur ulang, yang jika sudah jadi, akan menjadi produk yang bernilai. Mulai dari tas anyaman, dudukan lampu, tempat sampah, tempat pensil, tas belanja, pajangan, dan lainnya.

Jika sampah-sampah plastik tersebut sudah berubah bentuk menjadi produk yang bagus, maka kamu bisa menjualnya dengan harga yang tinggi.

Bahkan, bisnis ini bisa dibilang, merupakan bisnis dengan modal terkecil, namun bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

2. Hampers Gift Box

Ide bisnis kreatif modal minim selanjutnya adalah bisnis hampers gift box. Mengapa dibilang bisnis modal minim? Karena semua kebutuhan bisnis ini, cukup murah namun bisa menghasilkan untung yang cukup besar.

Terlebih buat kamu yang suka hal-hal berbau aesthetic, dan bisnis kreatif ini bisa dijadikan pertimbangan kamu.

Pasalnya, kamu hanya cukup membeli kemasan berupa kardus ringan (berbagai dimensi dan ukuran), lalu kertas roti, tali goni, hingga bunga kering, dengan jumlah yang sekaligus banyak.

Karena, jika kamu membeli bahan-bahan tersebut dalam jumlah banyak, maka harganya akan semakin murah.

Untuk isi hampersnya, kamu bisa ikutin request pelanggan terlebih dahulu, selanjutnya kamu baru bisa isi gift box tersebut.

Adapun, isi atau kategori gift box ada bermacam-macam. Kamu bisa sediakan gift box isi kosmetik, make up, perlengkapan kesehatan, makanan, baju, alat sholat, alat makan, dan lain-lain.

3. Bisnis Dessert Jar atau Box

Kamu suka masak? Masakanmu enak dan disukai banyak orang? Mengapa kamu tidak menerapkan ide bisnis kreatif modal minim, berupa usaha dessert jar atau box?

Pasalnya, bisnis makanan tidak selalu membutuhkan modal besar. Beberapa jenis makanan, khususnya dessert ada yang hanya menggunakan bahan-bahan popular, murah dan mudah ditemui di supermarket.

Sebut saja seperti kue banoffee, puding regal, oreo cheese cake, dan masih banyak lagi. Kue-kue tersebut, hanya membutuhkan bahan seperti Oreo, Milo, Regal dan lainnya.

Bahkan, kamu juga bisa membuat resep dessert sendiri, agar rasa dan keunikannya lebih berbeda, dari penjual dessert box lainnya.

4. Jual Sayur dan Buah Online

Di pandemi seperti ini, kebutuhan sayur dan buah organik, sangat tinggi. Menjual sayur dan buah organik, juga bisa dijadikan ide bisnis kreatif modal minim loh. Terlebih, buat kamu yang hobi bercocok tanam.

Terlebih, kini harga cabe mahal, sehingga di sini kamu bisa memanfaatkan kesempatan, untuk menjual sayur dan buah.

Tidak hanya menjual sayur dan buah secara offline, kamu juga bisa menjual sayur dan buah secara online.

Ketika semua tanaman telah panen, kamu bisa langsung menjajakannya melalui media sosial, atau marketplace.

Jika kebun mu sudah bisa menghasilkan sayur dan buah, dengan skala besar maka kamu bisa ajukan kerjasama dengan pedagang di pasar, hingga di situs-situs jual sayur dan buah online.

Modalnya pun tidak harus memiliki lahan tanah yang luas, karena kamu bisa bercocok tanam di berbagai media. Seperti polybag, pipa, dan lainnya.

5. Menjadi Agensi Kreatif Online

Meski sedang pandemi, kamu tetap bisa menyalurkan ide-ide kreatifmu melalui agensi kreatif. Dengan ikut menjadi agensi kreatif online, kamu bisa menawarkan jasa untuk pembuatan iklan, bagi pelaku bisnis atau perusahaan, yang membutuhkannya.

Di dalam agensi kreatif, biasanya terdapat divisi creative director, art director, designer, photo atau videographer, serta copywriter.

Nah, di masa pandemi seperti ini, iklan online/online marketing sangat gencar dilakukan para perusahaan bisnis.

Jika kamu masuk menjadi bagian dari agensi kreatif, maka kamu bisa menawarkan jasa pembuat iklan, dengan berbagai paket lengkap.

Mulai dari konten iklan di media sosial, televisi, google, dan media lainnya. Selain itu, ide bisnis ini, juga tidak terlalu mengeluarkan banyak modal.

Karena yang paling dibutuhkan di bisnis ini adalah skill atau keahlian. Di sini kamu bisa bekerja sama dengan teman yang memiliki skill tertentu, untuk membentuk suatu team agensi.

Selain itu, agensi kreatif juga tidak memerlukan bangunan kantor, karena pekerjaan ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kapan lagi bisa buat kantor sendiri?

Cara Memasarkan Produk secara Kreatif

Nah, jika kamu sudah menemukan rekomendasi ide bisnis kreatif modal minim, selanjutnya yang harus dilakukan adalah, cara memasarkan produk mu secara kreatif juga.

Yuk, yang belum tahu tipsnya, berikut cara memasarkan produk dengan cara kreatif, agar produk mu bisa cepat laku di pasaran:

  • Membuat akun khusus bisnis, di media sosial yang sedang banyak digunakan, seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan lain-lain.
  • Buat media sosialmu sebagus mungkin, dengan desain yang ciamik.
  • Minta bantuan teman-teman, untuk mempromosikan di akun sosial media pribadi mereka.
  • Cari endorse influencer yang gratis.
  • Lakukan foto shoot produk sebagus dan semenarik mungkin.
  • Berikan promosi kepada pelanggan kamu, seperti diskon, giveaway, atau gift.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait ide bisnis kreatif modal minim, yang bisa kamu pilih. Zaman sekarang, uang saja tidak cukup untuk membangun bisnis. Buktinya banyak kafe mewah yang akhirnya tutup, karena langkah pengelolaan yang kurang tepat.

(Baca Juga: 6 Rekomendasi KTA Kilat Terbaik Cicilan)

Karena, di sini kamu juga butuh hal-hal baru, kreatif, unik, inovatif, fresh, agar bisnis tersebut berjalan konsisten.

Namun, bukan berarti uang, dana, atau modal tidak penting. Modal usaha sangat penting, guna memenuhi kebutuhan bisnis.

Bahkan, banyak pebisnis kreatif yang memiliki segudang ide, namun tidak bisa merealisasikan bisnisnya, karena terhalang modal.

Nah, jika kamu termasuk pebisnis yang memiliki masalah demikian, tidak perlu khawatir. Karena, kamu bisa mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan (KTA), secara online, dengan praktis, salah satunya melalui CekAja.com.

CekAja.com sendiri, menyediakan banyak produk KTA terbaik, dari berbagai perusahaan perbankan, ternama di Indonesia.

CekAja.com juga bisa membantu merekomendasikan produk KTA yang cocok dan tepat, untuk kamu. Pastinya, akan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu.

Terlebih, semua produk KTA di CekAja.com, juga dijamin aman dan terpercaya, karena sudah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan KTA terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.

Advertisement