5 Perbedaan Body Lotion dan Body Butter, Jangan Sampai Keliru!

Banyak orang yang mungkin bingung mengenai perbedaan body lotion dan body butter. Padahal, keduanya memiliki manfaat yang berbeda lho.

Pariwara

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, body lotion dan body butter memang sepertinya sudah menjadi ‘senjata’ wajib yang tak boleh ketinggalan sebagai salah satu rutinitas perawatan kulit.

(Baca Juga: 7 Merk Hand and Body Lotion Terbaik)

Meskipun sama-sama bisa membuat kulit menjadi terlihat lebih lembab, namun body lotion dan body butter juga memiliki perbedaan yang perlu diketahui.

Nah, bagi kamu yang hingga saat ini masih bingung mengenai perbedaan body lotion dan body butter, yuk simak topik yang akan kita bahas kali ini.

Apa itu Body Lotion dan Body Butter?

Sebelum kita membahas tentang perbedaan body lotion dan body butter, alangkah lebih baiknya apabila kita mengetahui tentang definisi dari keduanya.

Sesuai dengan namanya, body butter memiliki tekstur yang pekat layaknya seperti butter atau mentega, sebagaimana yang dilansir dari situs sehatq.com.

Produk satu ini umumnya mengandung berbagai bahan pelembab, mulai dari minyak alami seperti minyak kelapa dan minyak zaitun, serta shea butter.

Nah, body butter ini cocok apabila digunakan untuk pemilik kulit kering bahkan hingga sangat kering.

Selain itu, penggunaan body butter juga dinilai lebih cocok untuk digunakan ketika cuaca sedang dingin.

Meskipun juga bisa digunakan ketika cuaca panas, akan tetapi teksturnya yang pekat membuat sebagian orang lebih berat di kulit.

Sementara itu, body lotion memiliki tekstur yang lebih ringan dengan kandungan minyak yang juga tidak terlalu banyak.

Dikarenakan hal itulah, body lotion bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Namun, tingkat kelembabannya umumnya tidak bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Sehingga, untuk mempertahankan kelembabannya tersebut, kamu harus mengoleskan berulang kali body lotion ke kulit.

Perbedaan Body Lotion dan Body Butter

Setelah kita mengetahui tentang definisinya, sekarang barulah kita membahas tentang perbedaan body lotion dan body butter yang mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa perbedaan body lotion dan body butter, yaitu adalah:

1. Teksturnya

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, perbedaan body lotion dan body butter yang paling terlihat ialah terletak pada teksturnya.

Sesuai dengan namanya, body butter memiliki tekstur menyerupai butter atau mentega, yaitu sedikit kasar dan pekat.

Sementara itu, body lotion justru memiliki tekstur yang lebih ringan, sehingga terasa lebih lembut ketika diaplikasikan ke tubuh.

2. Manfaatnya

Perbedaan body lotion dan body butter selanjutnya terletak pada manfaatnya. Ternyata, kedua produk skin care ini memiliki manfaat yang sedikit berbeda lho.

Manfaat Body Lotion:

  • Melembabkan Kulit

Perubahan cuaca terkadang membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan body lotion untuk menjaga kelembaban kulit.

Akan tetapi, diketahui bahwa kelembaban kulit yang diakibatkan oleh body lotion cenderung tidak bertahan lama, apabila dibandingkan dengan body butter, dan inilah perbedaan body lotion dan body butter yang paling mendasar.

  • Melembutkan Kulit

Beberapa area tubuh umumnya memiliki kulit yang lebih kasar dan tebal, seperti siku dan lutut. Nah, agar area tubuh tersebut lebih terasa lembut, maka kamu bisa mengoleskan body lotion secara rutin.

  • Mencerahkan Kulit

Manfaat terakhir yang akan kita bahas terkait body lotion adalah untuk mencerahkan kulit. Sebab, terdapat beberapa jenis body lotion yang memang bisa memberikan efek mencerahkan kulit secara instan.

Manfaat Body Butter:

  • Melembabkan dan Menghidrasi Kulit

Manfaat body butter yang pertama adalah untuk melembabkan dan menghidrasi kulit. Ketika dioleskan, body butter akan mulai membentuk lapisan di atas kulit yang akan mengunci kelembaban pada kulit.

Sehingga kulit akan dalam kondisi lembab dalam waktu yang cukup lama, meskipun kamu sudah melalui hari yang panjang dan cuaca yang tidak menentu.

  • Melindungi Kulit

Selain menjaga kelembaban kulit, lapisan yang terbentuk ketika kamu mengoleskan body butter juga akan melindungi kulit dari radikal bebas, debu, hingga komponen berbahaya tak kasat mata yang kerap ada di udara perkotaan dengan tingkat polusi yang tinggi.

  • Menghaluskan Kulit

Nah, manfaat body butter yang terakhir adalah untuk menghaluskan permukaan kulit. Manfaat ini didapat dari kandungan essential oil atau butter yang terdapat di dalam produk.

3. Jenis Kulit

Perbedaan body lotion dan body butter selanjutnya terletak pada jenis kulit penggunanya. Perlu diketahui bahwa untuk kamu yang memiliki jenis kulit yang kering hingga terlalu kering, maka sebaiknya menggunakan body butter dibandingkan dengan body lotion.

Sebab, body butter mengandung lebih banyak minyak, sehingga mampu menjaga kelembaban kulit dalam jangka waktu yang panjang.

Sedangkan body lotion justru memiliki tingkat cair yang lebih tinggi, sehingga lebih mudah diserap oleh kulit.

Akan tetapi, dikarenakan hal inilah, kelembaban yang dihasilkan oleh body lotion tidak terlalu bertahan lama.

Sehingga, agar kulit kamu tetap bisa lembab dan terlihat segar, kamu perlu mengoleskan body lotion lebih dari sekali.

Nah, body lotion ini lebih cocok digunakan untuk jenis kulit yang tidak terlalu kering dan normal.

4. Waktu Penggunaan

Tahukah kamu? Ternyata menggunakan body lotion dan body butter juga sebaiknya disesuaikan dengan waktu yang tepat lho, dan inilah yang juga merupakan salah satu perbedaan body lotion dan body butter yang perlu kamu ketahui.

Banyak yang menyarankan bahwa menggunakan body lotion sebaiknya sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan malam menjelang tidur.

Sebab, meskipun body lotion relatif lebih cepat menyerap ke dalam kulit, namun tingkat kelembabannya juga tidak mampu bertahan lama. Karenanya, kamu perlu menggunakannya berkali-kali agar kulit tetap lembab.

Sementara itu, untuk body butter justru lebih disarankan untuk digunakan pada malam hari saja sebelum tidur, agar kulit memiliki waktu yang cukup untuk melakukan penyerapan sehingga di pagi hari, kulit akan terasa lebih lembab dan segar.

5. Lokasi Penggunaan di Kulit

Nah, perbedaan body lotion dan body butter yang akan kita bahas terakhir adalah lokasi penggunaannya pada kulit.

Body butter sebaiknya digunakan di semua bagian tubuh yang terasa kering, seperti siku, lutut, dan kaki.

Tak hanya itu, body butter juga bisa digunakan di area kulit yang terdapat bekas luka atau stretch mark.

Sebab ternyata, bahan yang terkandung di dalam body butter umumnya bisa menyamarkan keduanya serta menunjang pertumbuhan sel kulit baru.

Sedangkan untuk body lotion, alangkah lebih baik apabila kamu menggunakannya secara menyeluruh di area tubuh, dan bukan pada bagian tubuh tertentu saja.

Lokasi tubuh yang lebih sering terpapar sinar ultraviolet seperti matahari umumnya akan lebih cepat kasar dan kering.

Sehingga, di bagian-bagian tubuh tersebut kamu perlu menggunakan pelembab secara berulang dan lebih sekali.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa body lotion memiliki tingkat kelembaban yang tidak mampu bertahan dalam jangka waktu yang panjang, sehingga untuk menjaga kulit agar tetap lembab, kamu perlu mengaplikasikan body lotion secara berulang.

Lengkapi Produk Skin Care Kamu Bersama Kartu Kredit dari CekAja.com!

Jadi, itulah beberapa perbedaan body lotion dan body butter yang perlu kamu ketahui. Jika kamu bertanya, antara body lotion dan body butter, manakah yang terbaik?

Maka jawabannya adalah, seluruhnya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sebab, body lotion dan body butter memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Namun, apapun yang ingin kamu beli, pastinya kamu ingin mendapatkannya dengan harga yang lebih hemat, bukan?

Nah, agar kamu bisa membeli body lotion dan body butter dengan harga yang lebih murah, gunakan saja kartu kredit dari CekAja.com!

(Baca Juga: 8 Skin Care Korea Terbaik)

Khususnya menjelang akhir tahun, banyak jenis-jenis kartu kredit yang menawarkan promo dan diskon menarik yang bisa membuat transaksi belanja kamu menjadi lebih hemat.

Di CekAja.com, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Tak hanya itu, di sini pendaftaran bahkan juga bisa dilakukan secara online lho, yang membuat proses pengajuan menjadi lebih cepat dan menghemat waktu.

Maka dari itu, yuk segera lengkapi produk skin care kamu dengan menggunakan kartu kredit dari CekAja.com dan nikmatilah kehematannya!

Pariwara