8 Olahraga Pereda Stress yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Kamu sering mengalami stress? Jangan dianggap sepele! Segera lakukan olahraga pereda stress untuk mengatasinya!

Olahraga Pereda Stress

Tahukah kamu? Walaupun terdengar sepele, namun nyatanya stress dapat memicu timbulnya berbagai permasalahan kesehatan bagi tubuh lho.

Dan yang lebih berbahaya lagi, stress juga merupakan salah satu faktor seseorang mengalami depresi. Maka dari itu, jangan pernah sekali-kali mengabaikan stress.

Akhir tahun sudah tinggal hitungan hari, namun berakhirnya pandemi masih belum juga menunjukan titik terang.

Di saat bersamaan, berbagai permasalahan mulai muncul di antara masyarakat, mulai dari rasa takut akan penularan virus Corona yang begitu cepat, pemutusan hubungan kerja (PHK) yang begitu banyak, rasa bosan berkepanjangan karena terpaksa harus berdiam di rumah, hingga bagi para pekerja, rasa khawatir bahwa penghasilannya bisa saja terputus sewaktu-waktu.

(Baca Juga: 11 Lagu Penghilang Stress)

Perlu diketahui bahwa deretan masalah-masalah ini tanpa disadari bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya stress.

Walaupun saat ini kita masih belum bisa dengan bebas keluar rumah, jangan sampai stress didiamkan terlalu lama.

Kamu masih bisa kok meredakan stress tanpa harus pergi liburan. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga.

Maka dari itu, bagi kamu yang saat ini sudah mulai merasakan gejala stress ringan karena berbagai hal, yuk segera lakukan beberapa olahraga pereda stress yang akan kita bahas kali ini.

Apa Itu Stress?

Sebelum kita membahas tentang olahraga pereda stress, alangkah lebih baiknya apabila kita turut mengetahui tentang definisi dari stress itu sendiri.

Dilansir dari alodokter.com, stress merupakan reaksi tubuh yang muncul ketika seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan.

Tak hanya itu, stress juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat. Dimana, situasi tersebut akan memicu respon tubuh, baik itu secara fisik maupun mental.

Selain itu, stress juga seringkali dipicu oleh tekanan batin lho, misalkan seperti adanya masalah keluarga, hubungan sosial, patah hati, cinta tak berbalas, masalah keuangan, hingga masalah kesehatan.

Contohnya saja seperti seseorang yang baru saja didiagnosa menderita suatu penyakit berbahaya.

Meskipun dokter mengatakan bahwa penyakit tersebut masih bisa disembuhkan jika menjalankan sejumlah pengobatan, namun kondisi mental pasien yang seakan belum siap menerima kenyataan justru bisa membuat dirinya merasa stress.

Setiap orang dari berbagai kalangan, tak terkecuali anak-anak, bisa mengalami stress. Ada yang hanya berefek sementara, tetapi tak jarang pula yang justru berkepanjangan.

Nah, stress berkepanjangan inilah yang berpotensi untuk mengganggu kesehatan fisik sekaligus melemahkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya apabila stress segera diatasi secepat mungkin. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga pereda stress.

Penyebab Stress

Banyak sekali hal-hal yang menyebabkan seseorang mengalami stress, diantaranya seperti:

  • Tidak memiliki pekerjaan
  • Tekanan di tempat kerja
  • Akan menjalani wawancara kerja
  • Tak kunjung hamil padahal sudah lama menikah (ini juga bisa dipicu dari tekanan orang-orang sekitar)
  • Khawatir tidak mampu merawat anak
  • Bertengkar dengan pasangan
  • Menjadi korban pelecehan
  • Menderita suatu penyakit berat yang sulit disembuhkan
  • Dan lain-lain

Melihat dari situasi-situasi pemicunya, stress memang tergolong sulit untuk dihindari. Tidak ada satu orangpun yang ingin mengalami stress.

Maka dari itu, hal terpenting yang harus diketahui adalah bagaimana kita mengatasi stress itu sendiri.

Tak hanya sekadar mental, stress berkepanjangan juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan lho.

Benarkah Olahraga Mampu Mengatasi Stress?

Seperti yang telah sedikit disinggung sebelumnya bahwa stress dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kondisi kesehatan tubuh dari ujung kaki hingga ujung kepala.

Dilansir dari situs hellosehat.com, hampir 77 persen orang yang mengalami stress merasakan sakit kepala, insomnia, rasa cemas, peningkatan berat badan, nyeri otot, gangguan pencernaan, hingga kesulitan berkonsentrasi.

Menghilangkan stress memang sulit. Namun, mempelajari bagaimana kamu menghadapi stress itu sendiri bisa menjadi salah satu cara terbaik dalam menekan timbulnya gejala-gejala stress lainnya.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan dalam meredakan stress adalah dengan melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga.

Masih dilansir dari hellosehat.com yang mengutip dari Everyday Health, mengungkapkan bahwa ketika seseorang melakukan aktivitas fisik, maka tubuh akan memproduksi hormon endorfin, yang mampu bekerja dalam melawan stress.

Sehingga secara tidak langsung, olahraga justru mampu membebaskan pikiran seseorang dari berbagai masalah.

Tak hanya itu, gerakan badan juga membuat otot tubuh menjadi lebih aktif bekerja, yang bisa berfungsi dalam melancarkan peredaran darah.

Apalagi jika kamu melakukan latihan pernapasan sebelum dan sesudah berolahraga, hal tersebut bisa merangsang tubuh agar lebih rileks.

Olahraga Pereda Stress

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa olahraga pereda stress yang bisa kamu lakukan sendiri, yaitu adalah:

1. Jalan Kaki

Jalan Kaki - 8 Olahraga Pereda Stress yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Olahraga pereda stress yang pertama bisa kamu lakukan adalah dengan berjalan kaki. Tak perlu jauh-jauh, cukup berjalan kaki di area sekitar rumah saja setiap pagi atau sore hari sudah cukup membantu kok.

Baik itu jalan santai maupun jalan cepat, gerakan kaki berulang ini bisa membantu dalam melepaskan ketegangan pada beberapa otot, menenangkan sistem saraf, serta melatih pernapasan menjadi lebih baik.

Selain itu, jalan kaki juga bisa memanjakan mata dengan melihat hal-hal lainnya di luar rutinitas, seperti menikmati rindangan pohon di taman, menikmati angin pagi yang sejuk, matahari yang bersinar terang, dan melihat orang-orang sekitar melakukan aktivitas mereka dengan damai.

Karena hal ini, secara tidak langsung kamu akan merasa lebih santai dan tingkat stress akan mulai berkurang.

Disisi lain, sering berjalan kaki juga bisa mengurangi risiko munculnya penyakit yang berhubungan dengan stress lho, termasuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Jika kamu baru mulai melakukan olahraga pereda stress ini untuk pertama kalinya, kamu cukup melakukannya selama kurang lebih 10 menit setiap minggunya.

Nah, setelah 2-3 minggu selanjutnya, kamu bisa mulai meningkatkan intensitas berjalan kaki secara bertahap.

2. Yoga

Yoga - 8 Olahraga Pereda Stress yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Olahraga pereda stress selanjutnya tak lain adalah yoga. Sebab, konon berbagai postur yang dilakukan dalam yoga melibatkan kekuatan tubuh serta pikiran, sehingga mampu mengurangi ketegangan otot dan fisik.

Selain itu, yoga juga menggunakan teknik pernapasan yang dapat memicu respons relaksasi tubuh serta menjadi kunci untuk mengatasi stress.

Dilansir dari kompas.com, terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa yoga dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Nah, dalam rangka meredakan stress, kamu bisa melakukan yoga di rumah sendiri selama 35-40 menit per harinya ataupun mengikuti kelas yoga.

Beberapa kelas yoga yang bisa dipilih untuk meredakan stress diantaranya seperti hatha, ashtanga vinyasa, atau bikram.

3. Merenggangkan Tubuh

Merenggangkan Tubuh - 8 Olahraga Pereda Stress yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Merenggangkan tubuh juga termasuk ke dalam salah satu olahraga pereda stress. Bagi kamu yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, aktivitas ini bisa dijadikan pilihan.

Karena intinya, merenggangkan tubuh tidak memakan terlalu banyak waktu. Perlu diketahui bahwa stress dapat memberikan beban pada otot tubuh.

Sehingga, keluhan yang sering dilontarkan pada seseorang yang sedang mengalami stress adalah sakit leher atau bahu yang terasa pegal.

Nah, merenggangkan tubuh ini nyatanya dapat melepaskan ketegangan otot fisik pada tubuh. Dilansir dari kompas.com yang mengutip dari American Council for Exercise, berkurangnya ketegangan otot fisik ternyata juga bisa mengurangi ketegangan emosional.

Agar bisa meredakan stress, cobalah untuk mulai melakukan rutinitas merenggangkan tubuh setiap bangun tidur di pagi hari selama kurang lebih 10 menit.

Kamu bisa memulainya dari bagian yang terasa kaku atau tegang, seperti bahu-leher, betis, paha belakang, pinggul. Baru setelah itu, lanjutkan dengan area tubuh lainnya.

4. Berenang

Berenang - 8 Olahraga Pereda Stress yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Berenang merupakan salah satu olahraga pereda stress yang juga bisa dijadikan pilihan. Apabila kamu memiliki waktu senggang, tak ada salahnya jika kamu pergi berenang untuk menghilangkan penat dari rutinitas.

Walaupun selama ini berenang lebih dikenal sebagai olahraga yang lebih fokus pada gerakan tubuh, akan tetapi nyatanya olahraga satu ini juga bisa mempengaruhi suasana hati.

Sebab, aktivitas ini bisa merangsang otak untuk melepaskan zat kimia pengatur rasa senang. Secara bersamaan, produksi hormon pemicu stress seperti kortisol juga bisa ditekan.

Ditambah lagi dengan efek air yang ditimbulkan dari gerakan tubuhmu, ternyata juga bisa menciptakan sensasi pijatan untuk relaksasi.

Dilansir dari situs gooddoctor.com yang mengutip dari Swim England Organization, berenang bisa memberikan sejumlah dampak positif bagi kesehatan mental, seperti menurunkan risiko depresi, memperlambat demensia, mengurangi gejala gangguan kecemasan, memperbaiki mood, hingga memperbaiki kualitas tidur.

5. Tai Chi

Tai Chi - 8 Olahraga Pereda Stress yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Olahraga pereda stress selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah Tai Chi, yang merupakan salah satu bela diri asal Tiongkok.

Bukan hanya mengandalkan gerakan tubuh, namun ternyata Tai Chi juga membutuhkan tingkat konsentrasi yang baik di setiap gerakannya.

Dikarenakan hal itulah, melakukan aktivitas Tai Chi dinilai dapat membantu dalam meningkatkan kelenturan dan stamina tubuh.

Namun tidak sekadar itu saja, olahraga pereda stress satu ini juga bertujuan untuk menenangkan pikiran dan kondisi tubuh, sehingga sangat baik untuk menghilangkan stress.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga Tai Chi diantaranya adalah menurunkan tekanan darah, membangun kepadatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga meringankan gejala penyakit, seperti gagal jantung, radang sendi, dan fibromyalgia.

6. Lari

Lari - 8 Olahraga Pereda Stress yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Tak hanya berjalan kaki, ternyata lari juga bisa dijadikan sebagai salah satu olahraga pereda stress yang bisa kamu lakukan.

Sebab, olahraga satu ini bisa melepaskan zat kimia di otak yang membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks.

Tak hanya itu, olahraga lari bahkan juga bisa membuat seseorang menjadi fokus sekaligus menjernihkan pikiran.

Namun sebelum melakukan olahraga lari, alangkah lebih baiknya apabila kamu menakar kondisi tubuh terlebih dahulu. Apalagi jika kamu memang sudah lama tidak berolahraga.

Nah, agar lebih nyaman, kamu bisa memulai aktivitas dengan berjalan kaki cepat. Barulah ketika dirasa kondisi tubuh sudah dalam kondisi siap, kamu bisa mulai berlari.

7. Bersepeda

Bersepeda - 8 Olahraga Pereda Stress yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Olahraga pereda stress selanjutnya adalah bersepeda. Dilansir dari situs gooddoctor.com yang turut mengutip dari Psychology Today, mengungkapkan bahwa aktif bersepeda bisa mempertajam kemampuan kognitif serta menstabilkan suasana hati.

Tak hanya itu, bersepeda juga bisa membantu dalam menurunkan kadar kortisol (hormon stress) di dalam tubuh dan meningkatkan serotonin dan dopamin (hormon kesenangan).

Dengan begitu, mood akan lebih terjaga dan kamu bisa terbebas dari stress. Selain itu, olahraga pereda stress satu ini juga baik untuk menjaga kesehatan organ kardiovaskular, yang bisa menurunkan risiko berbagai penyakit serius, seperti gangguan jantung dan stroke.

8. Menari

Menari - 8 Olahraga Pereda Stress yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Nah, olahraga pereda stress yang akan kita bahas terakhir adalah menari. Sepertinya banyak yang belum menyadari bahwa menari bisa menjadi salah satu olahraga yang sangat menyenangkan lho.

Sebab, gerakan tubuh yang dilakukan ketika menari ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik, mental, dan emosional.

Tak hanya itu, menarik bahkan juga bisa meningkatkan kelincahan tubuh sekaligus meningkatkan detak jantung.

Karena umumnya dilakukan bersama orang lain, maka aktivitas menari juga bisa menumbuhkan rasa kebersamaan serta memiliki hubungan yang baik dengan orang yang menari bersamamu.

Misalkan, ketika menari maka kamu akan berusaha untuk menyamakan ritme tarian agar bisa tetap kompak.

Semua itu bisa mengalihkan pikiran kamu dari berbagai masalah, sehingga secara tak langsung otak akan kembali fresh dan pikiran akan kembali jernih.

Jadi, itulah beberapa olahraga pereda stress yang bisa kamu lakukan sendiri. Tahukah kamu? Tanpa kita sadari, ternyata stress bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan lho.

(Baca Juga: Jenis Minuman Pereda Stress Alami)

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya apabila kamu mulai belajar dalam mengelola stress, agar tidak berkepanjangan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memberikan perlindungan ekstra seperti asuransi kesehatan, guna meminimalisir risiko yang bisa mengharuskan kita untuk melakukan pengobatan di rumah sakit.

Perlu diketahui bahwa biaya rumah sakit yang mahal ketika kita sangat membutuhkannya juga bisa menimbulkan stress.
Nah, dengan asuransi kesehatan, kamu tak perlu khawatir lagi terkait biaya rumah sakit.

Sebab, pihak dari asuransi akan mengcover sebagian biaya rumah sakit kamu, yang membuat pengeluaran menjadi lebih hemat.

Belum punya asuransi kesehatan? Segera ajukan saja di CekAja.com! Disini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online juga tentunya membuat seluruh proses menjadi lebih mudah dan cepat. Yuk, segera lindungi diri bersama asuransi kesehatan dari CekAja.com!