Daftar Negara dengan Layanan Video Call Terbaik Menurut OpenSignal

Siapa di antara kamu yang bisa menebak, negara mana saja yang masuk ke dalam daftar negara dengan layanan video call terbaik? Apakah Indonesia menjadi satu di antaranya?

Jawaban terbaik untuk pertanyaan tersebut adalah ya. Menurut laporan OpenSignal yang berjudul ‘Quantifying The Mobile Experience of Group Video Calls’, Indonesia menempati posisi ke 57 dari 75 negara, dengan nilai 24,45 dari 100.

Posisi Indonesia tersebut, tentu bukanlah posisi yang buruk. Sebab, Indonesia berada di posisi tengah, tepatnya di antara negara-negara Eropa yang mendominasi dan Asia Pasifik.

Untuk negara-negara Eropa sendiri disebut mendominasi, karena ada beberapa negaranya yang masuk ke dalam 10 besar, pada daftar negara dengan layanan video call terbaik menurut OpenSignal.

Jika kamu penasaran, negara apa saja yang masuk ke dalam 10 besar tersebut, pada artikel kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama!

Daftar Negara dengan Layanan Video Call Terbaik

Berbicara tentang daftar negara dengan layanan video call terbaik, sebenarnya ada sangat banyak.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, OpenSignal melakukan studi pada perangkat mobile di 75 negara, untuk mengukur pengalaman dan kualitas video call secara grup di perangkat seluler.

Selama masa penelitian, OpenSignal menggunakan pendekatan inovatif, untuk menganalisis seluruh video call secara grup di 75 negara, di antaranya mulai dari pengalaman pengguna di dunia nyata, hingga kualitas suara yang dihasilkan dan videonya.

Pada laporan studi tersebut, penilaian terhadap pengalaman dan kualitas group video call setiap negara, dilakukan menggunakan skala penilaian nol sampai 100.

Yang mana, skala penilaian itu menunjukkan bahwa semakin besar poin yang didapat maka semakin baik, begitu pun sebaliknya.

Hasil yang didapat dari penelitian yang dilakukan, yaitu negara Jepang, Belanda dan Korea Selatan menempati tiga posisi teratas, dengan nilai 68,7, 68,6 dan 68,2 untuk pengalaman group video call.

Tingginya nilai yang didapat ketiga negara tersebut, juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu koneksi yang memadai.

Karena dengan koneksi yang baik, maka kualitas video call dan pengalaman pengguna dalam melakukan group video call menjadi sangat baik.

(Baca Juga: Aplikasi Video Call Terbaik)

OpenSignal juga sudah menganalisis, kalau skala panggilan group video call di jam-jam tertentu sangat bervariasi.

Seperti misalnya di jam-jam sibuk, pola kemacetan pun terjadi, akibat koneksi internet yang kurang stabil.

Hasil yang diukur pun membuktikan, kalau jaringan 5G lebih tinggi dan konsisten dibandingkan 4G.

Maka dari itu, tidak heran apabila Jepang, Belanda dan Korea Selatan menduduki posisi tiga teratas, sebagai negara dengan pengalaman group video call terbaik, karena tiga negara itu sudah mendapatkan jaringan 5G.

Namun selain Jepang, Belanda dan Korea Selatan, beberapa negara lainnya yang ada di wilayah Eropa dan Asia Pasifik, juga masuk ke dalam 10 daftar negara dengan layanan video call terbaik.

Adapun beberapa negara tersebut di antaranya yaitu Belgia dan Denmark untuk negara di wilayah Eropa, serta Singapura untuk negara wilayah Asia Pasifik.

Eropa Mendominasi Posisi 20 Teratas

Nyatanya, wilayah Eropa tidak tanggung-tanggung untuk masuk ke dalam daftar negara dengan layanan video call terbaik.

Sebab, ada 12 negara di wilayah Eropa yang menduduki posisi 20 teratas, seperti Denmark, Republik Ceko, Swiss, Austria, hingga Finlandia.

Namun sayangnya, dari 20 posisi teratas tersebut, lima negara besar Eropa tidak masuk ke dalamnya, yaitu Prancis, Jerman, Italia, Spanyol dan Inggris. Mereka masuk ke posisi tengah, dengan nilai masing-masing berkisar 44,5 – 36,1.

Eropa memang diketahui mendominasi posisi 20 teratas, tetapi ada enam negara dari wilayah Asia Pasifik yang juga masuk ke dalamnya, yaitu Australia, Taiwan, Selandia Baru dan tiga negara yang sudah disebutkan di atas.

Posisi Indonesia di Daftar Layanan Video Call Terbaik

Kalau ada yang bertanya “Bagaimana dengan posisi Indonesia?”, di awal pembahasan sudah dijelaskan, kalau Indonesia menempati posisi tengah, tepatnya yaitu posisi ke 57 dari 75 negara, dengan nilai 24,45 dari 100.

Nilai yang didapat Indonesia itu, tentu bukan nilai yang buruk. Sebab, Indonesia juga belum mendapat jaringan 5G.

Sehingga rasanya sedikit mustahil, apabila menduduki posisi 10 atau 20 teratas, dan bersaing dengan negara-negara lain yang sudah mendapat jaringan 5G.

Karena, salah satu faktor yang membuat beberapa negara bisa menduduki posisi lima, 10 bahkan 20 teratas, yaitu koneksi yang memadai.

Sebab dengan koneksi tersebut, para pengguna yang ada di negara-negara itu bisa menikmati layanan video call dengan baik, serta mendapat kualitas dan pengalaman video call yang memuaskan.

Negara dengan Posisi Terbawah

Hal berikutnya yang akan dibahas, yaitu daftar negara dengan posisi terbawah. Dari 75 negara yang dipilih OpenSignal untuk penelitian, ternyata ada 10 negara yang mendapatkan posisi paling bawah.

Beberapa negara itu pun, umumnya berasal dari negara-negara yang mendapat nilai sekitar 18,7 ke bawah.

Jika penasaran, negara mana saja yang masuk ke dalam daftar tersebut, intinya negara-negara itu berasal dari negara berkembang, seperti negara dari wilayah Afrika, Amerika Selatan dan Asia Pasifik.

10 Besar Negara dengan Layanan Video Call Terbaik

Setelah mengetahui beberapa informasi seputar daftar negara dengan layanan video call terbaik, maka kini saatnya CekAja.com merangkum 10 negara dengan posisi teratas.

Kamu mungkin sudah tahu beberapa negara di antaranya, karena memang sudah sedikit disinggung di pembahasan sebelumnya.

Tetapi, agar tahu lebih jelas apa saja 10 besar negara dengan layanan video call terbaik, di bawah ini CekAja.com akan mengurutkannya dari yang tertinggi hingga terendah, beserta nilai yang didapat menurut OpenSignal.

Adapun 10 besar negara tersebut, yaitu:

  • Jepang, dengan nilai 68,7
  • Belanda, dengan nilai 68,6
  • Korea Selatan, dengan nilai 68,2
  • Belgia, dengan nilai 64,8
  • Singapura, dengan nilai 64,2
  • Denmark, dengan nilai 63,7
  • Republik Ceko, dengan nilai 61,3
  • Selandia Baru, dengan nilai 59,9
  • Swiss, dengan nilai 59,4
  • Austria, dengan nilai 58,8.

(Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi Video Call)

Itulah beberapa daftar negara dengan layanan video call terbaik menurut OpenSignal, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Jika kamu penasaran, dan ingin mencoba sendiri kualitas dan pengalaman video call di sana, kamu bisa berkunjung ke beberapa negara dengan layanan video call terbaik, seperti Jepang, Belanda atau Korea Selatan.

Apabila kamu benar-benar ingin pergi ke sana, pastikan dahulu kalau kamu sudah memiliki sejumlah uang, dan kesehatan yang fit.

Untuk kondisi kesehatan sendiri, kamu bisa memastikannya dengan melakukan swab PCR, mengonsumsi sejumlah vitamin, serta memperbaiki pola hidup agar lebih sehat.

Swab PCR sendiri penting dilakukan, untuk memastikan tubuh baik-baik saja dan tidak terinfeksi virus Covid-19, yang hingga saat ini belum usai.

Sebab jika kamu tidak memiliki kondisi tubuh yang sehat, akan sangat riskan untuk melakukan perjalanan wisata, terlebih keluar negeri.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu mulai jaga kondisi kesehatan, dan melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit, di mana saja dan kapan saja.

Jadi, buat kamu yang hingga saat ini belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, yuk segera ajukan secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaik mu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!