8 Merek Batik Lokal Terkenal, Ada yang Sampai Mancanegara!

Merek batik lokal terkenal di Indonesia dapat dikatakan cukup banyak dan beragam lho. Bagaimana tidak?

Batik itu sendiri memang merupakan salah satu warisan budaya yang sudah turun temurun hingga saat ini.

Bahkan, sejak tanggal 2009 lalu, batik telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya lisan dan Nonbendawi.

Tak hanya itu, setiap tanggal 2 Oktober pun, sudah ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional lho. Indonesia memang patut berbangga!

(Baca Juga: 6 Motif Batik Paling Populer)

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, batik bukan lagi sebagai warisan budaya saja, melainkan juga dijadikan sebagai peluang usaha dan sumber penghasilan, agar semakin banyak orang pula yang mengenal batik, tidak hanya masyarakat Indonesia, melainkan juga mancanegara.

Dilatarbelakangi dari itulah, saat ini sudah semakin banyak merek batik lokal terkenal yang memproduksi batik dengan kualitas terbaik. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak saja pembahasan kali ini.

Merek Batik Lokal Terkenal

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa merek batik lokal terkenal yang bisa kamu jadikan pilihan untuk membeli produk-produk batik berkualitas, yaitu adalah:

1. Danar Hadi

Merek batik lokal terkenal yang pertama adalah Danar Hadi, yang telah berdiri sejak tahun 1967 dan berawal dari industri rumahan dari Kota Solo.

Telah berkecimpung di dunia batik tentu membuat brand lokal satu ini memang patut masuk ke dalam jajaran merek batik lokal yang terkenal.

Brand ini didirikan oleh sepasang suami istri, Santosa Doellah dan Danarsih Hadipriyono, yang keduanya juga merupakan keturunan pengusaha batik.

Berkembang dengan baik di Solo, Danar Hadi pun mulai mengembangkan bisnisnya ke beberapa kota di Indonesia.

Bermula dari sebuah toko kecil di Kota Metropolitan Jakarta, merek batik lokal terkenal satu ini juga mulai membuka tokonya di beberapa kota besar lainnya, seperti Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan.

Selain dijadikan sebagai peluang usaha, nyatanya Danar Hadi juga tak melupakan aspek pelestarian budayanya lho.

Hal tersebut bisa dilihat dari berdirinya Museum Batik Danar Hadi yang bisa kamu kunjungi ketika tengah berada di Solo.

Kisaran Harga: Rp65.000 – Rp1.215.350
Website: www.danarhadibatik.com
Instagram: @danarhadi_id

2. Batik Keris

Merek batik lokal terkenal selanjutnya adalah Batik Keris yang bahkan sudah eksis lebih dari 90 tahun lamanya.

Berdiri sejak tahun 1946 di Sukoharjo, Jawa Tengah, merek ini bermula dari produk batik rumahan yang berkembang menjadi semakin besar dan kini sudah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Bali, Manado, Palembang, Jakarta, Balikpapan, dan Lombok.

Menawarkan beragam kombinasi warna, corak, hingga motif, masing-masing batik yang dihasilkan dari Batik Keris tentunya memiliki makna dan cerita tersembunyi, yang akan membuat siapapun terpukau.

Merek batik lokal terkenal ini menjual produk ready-to-wear yang bisa kamu padukan dengan berbagai kombinasi gaya fashion, baik itu untuk penampilan sehari-hari maupun untuk acara formal sekalipun, tanpa meninggalkan identitas budayanya itu sendiri.

Selain untuk keperluan berbusana, di Batik Keris kamu juga bisa menemukan kerajinan tangan untuk menambah koleksimu, mulai dari barang-barang yang terbuat dari kayu, keramik, rotan, tas, dan perlengkapan lainnya.

Kisaran Harga: Rp85.000 – Rp1.500.000
Website: www.batikkeris.co.id
Instagram: @batikkerisindo

3. Batik Semar

Merek batik lokal terkenal selanjutnya adalah Batik Semar, yang telah berhasil mempertahankan eksistensinya sebagai salah satu ciri khas Solo sejak tahun 1966.

Pada awalnya, merek batik ini hanya memiliki koleksi berupa batik tulis yang diperuntukan bagi golongan menengah hingga menengah atas saja.

Akan tetapi, seiring dengan meningkatnya popularitas, salah satu merek batik lokal terkenal satu ini juga mulai memproduksi berbagai jenis batik lainnya, sebagai bentuk permintaan pelanggan, seperti batik cap, batik kombinasi, hingga batik sablon, yang tentunya dengan corak yang beragam pula.

Kisaran Harga: Rp50.000 – Rp4.500.000
Website: www.batik-semar.com
Instagram: @batik-semar

4. Alleira Batik

Seiring dengan semakin meningkatnya minat wanita Indonesia akan batik, membuat Lisa Mihardja termotivasi untuk meluncurkan brand batiknya pada bulan Oktober 2005 silam, yang diberi nama Alleira Batik.

Berawal dengan modal sekitar Rp30 juta, Lisa pun membuka workshop kecil di garasi rumahnya, yang saat ini sudah berkembang menjadi lebih besar dengan omset mencapai ratusan juta.

Karakteristik dari merek batik lokal terkenal satu ini terletak pada permainan warna serta gradasi kontemporernya, sehingga membuat setiap produk yang ditawarkan terlihat unik sekaligus mewah.

Sementara itu untuk motifnya, Alleira Batik cenderung lebih banyak memadukan antara budaya Timur dan Barat, dan selalu mengeluarkan motif-motif tertentu setiap tahunnya yang mencerminkan daerah di Indonesia.

Setelahnya, motif-motif tersebut diolah menjadi produk fashion yang disesuaikan dengan trend berbusana masa kini.

Kisaran Harga: Rp99.000 – Rp10.950.000
Website: www.alleiraplaza.com
Instagram: @alleira_batik

5. Batik Iwan Tirta

Iwan Tirta telah mendedikasikan hidupnya untuk memperkenalkan batik kepada dunia. Bahkan, ia juga merupakan maestro batik yang cukup terkenal dengan koleksinya yang melegenda.

Dikarenakan hal itulah, tak heran apabila Batik Iwan Tirta juga turut masuk ke dalam jajaran merek batik lokal terkenal.

Selain menawarkan desain yang terlihat begitu mewah, brand ini pun juga kerap menyelenggarakan pagelaran busana yang megah yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Tercatat bahwa Iwan Tirta telah mendesain lebih dari 10 ribu batik orisinil selama hidupnya, yang mana sebagian besar bahkan juga sudah dikenakan oleh public figure, baik itu dari Tanah Air dan internasional, selebriti, hingga ditampilkan di sejumlah majalah besar, seperti Vogue, Harper’s Bazaar, hingga National Geographic.

Selain berkecimpung di dunia fashion, Batik Iwan Tirta juga turut memproduksi inovasi-inovasi lainnya, seperti beragam furniture, tas, dan perhiasan, agar dapat menggaet pangsa pasar yang lebih luas, hingga ke mancanegara.

Kisaran Harga: Rp35.000 – Rp1.999.999
Website: www.iwantirtabatik.com
Instagram: @iwantirta_batik

6. Batik Chic

Berhenti menjadi karyawan kantoran pada tahun 2009, membuat Novita Yunus mulai menekuni dunia mode.

Ketika itu, ia memposting foto karyanya berupa tas batik tulis yang dipadukan dengan elemen-elemen lainnya di laman akun Facebook, hingga mendapatkan pesanan dari banyak teman-temannya.

Dan sejak itulah, Novita membangun brandnya sendiri, yang diberi nama Batik Chic. Berawal dari tas, salah satu merek batik lokal terkenal ini juga turut menjual produk-produk lainnya, seperti pakaian hingga aksesoris.

Dengan moto “Keep Heritage Alive”, Batik Chic telah memiliki puluhan outlet, yang sebagian besar merupakan kombinasi dari toko berkonsep galeri.

Sehingga, ketika kamu berkunjung ke sana, kamu tidak hanya dihadapkan dengan koleksi-koleksinya yang dapat dibeli, melainkan juga berbagai tempat lainnya untuk melakukan kegiatan lain sembari berbelanja.

Kisaran Harga: Rp100.000 – Rp3.500.000
Website: www.novitayunus.com
Instagram: @batik_chic

7. Batik Bateeq

Walaupun masih terbilang baru di dalam industri busana batik, namun nyatanya Batik Bateeq juga sudah layak masuk ke dalam jajaran merek batik lokal terkenal.

Diluncurkan pertama kali pada tahun 2013, brand satu ini konsisten untuk memproduksi berbagai busana batik dengan sentuhan yang segar serta corak yang juga inovatif.

Mulai dari dress, kaos, kemeja, blouse, hingga celana bisa kamu temukan di sini untuk mendukung penampilan sehari-hari.

Tak hanya itu, setiap tahunnya Bateeq juga memproduksi kurang lebih 24 koleksi dengan tema yang unik-unik lho, diantara seperti perpaduan batik dengan karakter My Little Pony dan Hello Kitty.

Kisaran Harga: Rp55.000 – Rp2.555.000
Website: www.bateeqshop.com
Instagram: @bateeqshop

8. Sogan Batik

Memadukan antara agama Islam dan budaya Indonesia sepertinya menjadi karakteristik dari karya-karya yang diciptakan oleh Iffah M. Dewi, yang merupakan salah satu fashion designer muslimah yang juga merupakan pendiri dari Sogan Batik Rejodani, sejak tahun 2001 silam.

Rejodani itu sendiri merupakan nama sebuah kampung tempat dimana Iffah menghasilkan karya-karya terbaiknya tersebut.

Menjadi salah satu merek batik lokal terkenal, Sogan Batik juga terus konsisten di ranah busana muslim dengan teknik batik tulis dan batik cap.

Menariknya lagi, batik-batik yang dihasilkan juga memiliki nilai-nilai filosofis bernuansa islami dengan kearifan lokal lho.

Beberapa koleksi yang bisa kamu dapatkan di Sogan Batik di antaranya adalah seperti dress, kemeja lengan panjang pria, tunik, blouse, blazer, vest, dan masih banyak lagi.

Kisaran Harga: Rp205.000 – Rp1.285.000
Website: www.soganbatik.com
Instagram: @soganbatik.com

Jadi, itulah beberapa merek batik lokal terkenal yang tak hanya dijadikan sebagai peluang usaha, namun juga untuk melestarikan budaya Indonesia, baik itu dalam ranah nasional hingga internasional.

Apakah kamu termasuk salah satu yang gemar dengan batik? Karena ini merupakan budaya yang sudah turun-temurun, tentu peluang usaha yang dihasilkan akan selalu menjanjikan dengan jangka waktu yang panjang.

Nah, di tengah pandemi seperti saat ini, membangun usaha batik bisa dijadikan sebagai salah satu peluang yang patut dicoba lho.

(Baca Juga: 15 Jenis dan Makna Motif Batik di Indonesia)

Akan tetapi, tentu saja dalam membangun sebuah bisnis, kamu akan membutuhkan modal usaha untuk menjalankannya.

Apabila kamu belum memiliki modal usaha yang cukup, janganlah khawatir! Sebab, CekAja.com hadir untuk membantumu.

Tanpa membutuhkan persyaratan yang muluk, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online, sehingga kamu tidak perlu lagi repot meluangkan waktu untuk ke luar rumah.

Mudah banget kan! Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman modal usahamu hanya di CekAja.com dan buatlah bisnis impianmu menjadi kenyataan.