6 Penyebab Penuaan Dini pada Wajah yang Patut Diwaspadai

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Ingin selalu memiliki penampilan yang fresh dan muda? Maka penyebab penuaan dini pada wajah yang akan kita bahas berikut ini sepertinya perlu diketahui.

Seiring bertambahnya usia, perubahan fisik, terutama wajah, memang seakan tak dapat dihindarkan lagi, karena sudah termasuk sebagai salah satu proses alami yang akan terjadi.

(Baca Juga: 8 Tanda Penuaan Dini)

Akan tetapi di beberapa kasus, nyatanya ada beberapa orang yang justru memiliki wajah yang terlihat lebih tua dibandingkan usianya. Lantas, apa yang menyebabkan hal ini dapat terjadi?

Sejatinya, penuaan dini dapat didasari oleh beberapa faktor. Tanpa berpanjang kata, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa penyebab penuaan dini pada wajah sekaligus cara mencegahnya. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Penyebab Penuaan Dini pada Wajah

Seiring bertambahnya usia, setiap orang akan mengalami proses internal pada tubuh, misalkan pergantian sel kulit hingga berkurangnya tingkat imunitas tubuh.

Nah, hal tersebut umumnya juga akan diiringi dengan tanda-tanda penuaan pada tubuh, seperti mulai timbulnya keriput, rambut yang mengalami kebotakan, hingga tubuh yang akan merasa lebih cepat lelah.

Akan tetapi pada kenyataannya, proses penuaan ini justru juga dapat terjadi lebih awal dibandingkan seharusnya, yang mana dapat disebut sebagai penuaan dini.

Walaupun hal ini relatif sulit untuk dihindari, bukan berarti tidak ada cara untuk mengurangi efek yang ditimbulkan lho, salah satunya seperti dengan mengetahui penyebab penuaan dini pada wajah.

Lantas, apa saja sih yang bisa menyebabkan penuaan dini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab penuaan dini pada wajah yang mungkin perlu kamu ketahui, yaitu adalah:

1. Terpapar Sinar Matahari Secara Berlebih

Penyebab penuaan dini pada wajah yang pertama adalah paparan sinar matahari. Walaupun pakar kesehatan mengungkapkan bahwa berjemur merupakan salah satu aktivitas yang menyehatkan, akan tetapi sinar matahari juga mengandung zat-zat yang ternyata dapat menimbulkan dampak negatif bagi kulit.

Sinar UV yang terdapat pada sinar matahari berpotensi untuk memberikan tanda-tanda penuaan. Hal tersebut dapat terjadi karena radiasi matahari yang merusak kolagen melalui proses oksidasi.

Perlu diketahui bahwa meskipun kamu merasa selalu melakukan aktivitas di dalam ruangan, bukan berarti tubuh akan terbebas dari paparan sinar matahari.

Sebaliknya, sinar matahari tetap bisa masuk melalui celah jendela. Oleh karena itu, mulailah membiasakan diri untuk selalu menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap sebelum melakukan aktivitas di pagi hari.

Selain itu, apabila kamu terpaksa melakukan aktivitas di luar ruangan yang berpotensi terkena paparan matahari secara langsung, maka jangan lupa untuk selalu menggunakan aksesoris yang sekiranya dapat melindungi kulit dari sinar matahari, seperti topi, payung, kacamata hitam, atau pakaian yang menutupi kulit.

2. Merokok

Penyebab penuaan dini pada wajah selanjutnya bisa terjadi dari kebiasaan merokok. Umumnya, para perokok lebih cepat mengalami penuaan dini karena adanya kerusakan jaringan tubuh oleh zat-zat beracun yang terkandung di dalam rokok itu sendiri. Sehingga, hal tersebut dapat menghambat peredaran darah ke wajah.

Nikotin yang terdapat di rokok dapat memicu sel-sel kulit menjadi kekurangan air dan kehilangan kelembabannya serta membuatnya menjadi kering.

Akibatnya, wajah akan lebih cepat keriput dan rona wajah yang menjadi kusam. Jadi, jika kamu tidak ingin mengalami penuaan dini, cobalah untuk berhenti merokok.

Tak hanya itu, rokok bahkan juga bisa mengurangi kadar vitamin A yang terdapat pada kulit wajah lho.

Padahal, vitamin A itu sendiri sangat bermanfaat sebagai antioksidan alami yang dapat membantu dalam menangkal radikal bebas di wajah.

3. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Penyebab penuaan dini pada wajah selanjutnya adalah kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Tak jauh berbeda dengan efek merokok, ternyata minuman beralkohol juga mampu merusak jaringan kulit akibat efek radikal bebas.

Selain itu, alkohol juga bisa menurunkan kadar vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C di dalam tubuh. Padahal, ketiga vitamin tersebut merupakan antioksidan yang sangat penting untuk regenerasi sel baru.

Oleh sebab itu, untuk mencegah terjadinya penuaan dini, mulailah untuk menghentikan kebiasaan dalam mengkonsumsi minuman beralkohol.

Hal ini juga sekaligus bertujuan untuk menghindari efek negatif lainnya yang disebabkan oleh minuman beralkohol pada tubuh.

4. Terlalu Stress

Pernahkah kamu mendengar orang tua mengatakan, “Jangan kebanyakan stress, nanti cepat tua”? Nah ternyata, hal tersebut ada benarnya lho.

Sebuah studi telah menemukan bahwa orang yang mengalami stress dalam jangka waktu yang panjang umumnya akan lebih cepat mengalami penuaan dini.

Tak hanya itu, mereka bahkan juga akan memiliki masalah pada sel leukosit dan telomere. Leukosit itu sendiri memiliki peran yang penting bagi sistem imunitas tubuh.

Sementara itu, telomere merupakan istilah yang merujuk pada bagian paling ujung DNA dan memiliki fungsi yang penting dalam menjaga kestabilan genom (kumpulan gen) di setiap sel serta memastikan proses replikasi DNA ketika pembelahan sel terjadi dengan sempurna.

Sehingga ketika tubuh kekurangan telomere, maka secara otomatis leukosit juga akan mengalami kendala dalam menggandakan diri.

Akibatnya, ketika seseorang mengalami stress, hal tersebut membuat leukosit akan berkurang dan memicu terjadinya penuaan dini.

5. Kurang Tidur

Jika kamu memiliki kebiasaan sering begadang, entah itu untuk bekerja, mengerjakan tugas, hingga bermain game, maka berhati-hatilah.

Sebab, kurang tidur nyatanya juga menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada wajah. Tak hanya itu, kebiasaan satu ini bahkan juga dinilai bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh lho.

Dilansir dari alodokter.com, sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang memiliki gangguan tidur kronis lebih berisiko mengalami masalah pada kulit, termasuk penuaan dini.

Selain itu, kebiasaan kurang tidur juga bisa mempengaruhi penampilan seseorang sehingga terlihat kurang segar.

Selain karena kurang tidur, perlu diketahui pula bahwa posisi tidur yang salah juga bisa menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada wajah.

Selama tidur, maka kulit akan melakukan regenerasi, yang membuat posisi tidur turut mempengaruhi kesehatan kulit.

Dilansir dari cnnindonesia.com, tidur dengan cara tengkurap atau menempelkan wajah pada bantal bisa memicu lipatan pada wajah, sehingga menyebabkan kulit mengalami keriput lebih cepat dari seharusnya.

Diketahui bahwa terlentang merupakan posisi tidur paling aman bagi regenerasi kulit wajah. Tak hanya itu, cobalah untuk mulai mengganti sarung bantal menjadi bahan satin yang lembut di kulit wajah.

6. Pola Makan yang Buruk

Nah, penyebab penuaan dini pada wajah yang terakhir akan kita bahas terakhir adalah pola makan yang buruk.

Pola makan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kondisi kulit seseorang, dan makanan dengan kandungan gizi yang buruk nyatanya bisa menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada wajah.

Hal tersebut umumnya dapat terjadi karena lemak trans yang terkandung di dalam makanan dan menimbulkan peradangan kronis pada tubuh.

Beberapa contoh makanan yang bisa memicu penuaan dini adalah karbohidrat olahan seperti roti dan pasta, serta makanan yang mengandung terlalu banyak gula.

Sebab, kedua makanan ini bisa merusak kolagen pada kulit. Selain itu, alangkah lebih baiknya jika kamu juga mulai menghindari atau membatasi beberapa jenis makanan seperti gorengan, kue-kue manis, makanan cepat saji, dan daging berlemak.

Sebaliknya, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan, yang umumnya bisa kamu temukan pada kacang-kacangan, anggur, beraneka ragam buah beri, brokoli, wortel, teh hijau, dan biji-bijian utuh.

Jadi, itulah beberapa penyebab penuaan dini pada wajah yang mungkin perlu untuk kamu ketahui. Tahukah kamu?

Beberapa penyebab yang baru saja kita sebutkan sebelumnya ternyata bukan hanya bisa berdampak pada penuaan dini lho, melainkan juga pada kesehatan tubuh.

Seiring bertambahnya usia, tingkat imunitas tubuh akan semakin menurun dan membuat tubuh menjadi lebih mudah dalam mengalami berbagai masalah kesehatan.

Di sisi lain, biaya pengobatan dan rumah sakit pun kerap terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Lantas, apa yang harus dilakukan ketika kamu tengah membutuhkan pengobatan namun belum memiliki uang yang cukup untuk membayar biaya pengobatan?

Asuransi kesehatanlah jawabannya! Melalui asuransi kesehatan, kamu bisa tetap mendapatkan fasilitas kesehatan yang mumpuni meski dengan biaya yang terjangkau. Kok bisa?

(Baca Juga: 6 Tanda Penuaan Kulit Kepala dan Rambut)

Sebab, pihak asuransi akan mengcover sebagian biaya pengobatan yang kamu butuhkan. Namun, tentunya harus disesuaikan pula dengan program yang diambil serta besaran biaya premi yang dibayarkan.

Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa hadirnya asuransi kesehatan bisa membuat biaya pengobatan kamu menjadi lebih hemat.

Akan tetapi, saat ini sudah semakin banyak jenis asuransi kesehatan terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan, sehingga terkadang hal tersebut justru membuat kamu bingung dalam memilih.

Nah, jika kamu tengah bingung dalam memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, segera kunjungi saja CekAja.com.

Sebab melalui CekAja.com kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan yang kamu cari.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga dilakukan secara online sepenuhnya lho, sehingga kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com dan nikmatilah sederet manfaatnya!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha