8 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Mudah, Cepat dan Bebas Kilap

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Kamu memiliki keluhan wajah berminyak? Nggak perlu risau, karena ada cara mengatasi wajah berminyak dengan mudah, cepat, dan membuat wajah bebas kilap seharian. 

8 cara mengatasi wajah berminyak dengan mudah, cepat , dana bebas kilap

Kenali 3 Jenis Kulit Wajah

Terlebih, setiap manusia memang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda, sebelum membahas cara mengatasi wajah berminyak, yuk kenali jenis wajah satu per satu, berikut ini agar mengenali jenis wajahmu sendiri: 

  • Kulit Wajah Normal

Jenis kulit wajah yang pertama adalah kulit normal. Jenis kulit ini bisa disebut memiliki keseimbangan antara jumlah air dan minyak. Sehingga tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. 

Untuk jenis kulit wajah normal, umumnya jarang sekali memiliki masalah kulit dan lebih mudah dirawat, tidak terlalu sensitif, terlihat bercahaya, dan pori-pori pun hampir tak terlihat. 

  • Kulit Wajah Kering

Selanjutnya, untuk jenis kulit kering biasanya terjadi akibat tingkat kelembapan di lapisan kulit terluar wajah. Hal yang biasanya terjadi pada kulit kering adalah mudah pecah-pecah, terlihat retakan kecil pada permukaan kulit, pori-pori hampir tak terlihat, permukaan kulit kasar, dan lebih mudah terjadi iritasi.  

(Baca Juga: Skin Care Brand Lokal Terbaik 2020)

  • Kulit Wajah Berminyak

Nah, untuk jenis kulit yang satu ini cenderung memiliki permukaan yang licin dan kilap akibat produksi minyak atau sebum di wajah yang berlebihan. Dengan adanya produk sebum yang berlebih, biasanya akan menyebabkan kulit berminyak, kulit kusam, pori-pori tersumbat, komedo, hingga berjerawat. 

Bagi masyarakat Indonesia, jenis wajah berminyak mungkin sudah sering ditemukan, baik wanita maupun pria. Namun, perlu kamu tahu juga bahwa jenis kulit juga bisa berubah-ubah karena berbagai faktor. 

Ada beberapa faktor penyebab, yang memungkin seseorang memiliki kulit wajah berminyak dan berbagai cara mengatasi wajah berminyak berikut ini:

Penyebab Wajah Berminyak

  • Hormon
  • Pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi
  • Faktor genetik
  • Tingkat stres

Nah, meski faktor-faktor demikian masih menjadi penyebab utama produksi sebum meningkat, kamu tetap bisa kok mengatasi kulit berminyak dengan mudah, cepat, dan bebas kilap seharian, dengan cara berikut ini.

Dilansir dari laman sehatq.com, dan telah ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri, berikut cara mengatasi wajah berminyak dengan mudah, cepat, dan bebas kilap, agar produksi sebum dapat terkontrol. 

8 Cara Mengatasi Wajah Berminyak

1. Rutin Membersihkan Wajah dengan Sabun

Cara mengatasi wajah berminyak yang pertama adalah tentu dengan rutin membersihkan wajah, dengan sabun muka atau facial foam. Sabun muka dan air, bisa bantu menghilangkan minyak di wajah, dan membuat wajah bebas kilap. 

Kamu bisa membersihkan wajah dengan sabun minimal dua kali sehari, pagi dan sore. Jika aktivitas di luar padat, maka kamu bisa membersihkan ketikan wajah terasa cukup berminyak, misal setelah olahraga atau setelah berkendara. 

Selain itu, jangan gunakan sabun muka yang mengandung wewangian yang kuat, karena bisa menyebabkan kulit terlampau kering dan iritasi. Ganti produk sabun cuci muka, yang memiliki bahan yang lembut dan aman.

Setelah membersihkan wajah dengan sabun, pastikan cara mengeringkan wajah juga harus dilakukan dengan benar. Kamu bisa mengeringkan dengan cara menepuk-nepuk pakai handuk, dan jangan menggosoknya, apalagi dengan kencang. 

2. Menggunakan Toner

Cara mengatasi wajah berminyak yang selanjutnya, adalah dengan menggunakan toner. Tidak sembarang toner, hindari menggunakan toner yang mengandung alkohol, karena bisa membuat wajah kering. 

Kamu bisa menggunakan toner, yang mengandung bahan alami. Karena toner alami bisa menenangkan kulit dan mengatur produk sebum lebih baik dan terkontrol.

3. Menggunakan Pelembab

Sebelum beraktivitas yang bisa membuat wajahmu berminyak, gunakan pelembab terlebih dahulu. Karena, hal tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi wajah berminyak. Bukannya pelembab malah bikin wajah tambah berminyak?

Beberapa orang mungkin akan menganggap pelembab bisa membuat wajah berminyak. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu memilih pelembab yang tepat, yakni pelembab tanpa kandungan minyak. 

Kamu juga bisa menggunakan pelembab dari bahan alami, misalnya seperti gel lidah buaya. Dengan begitu, kulitmu jadi terasa lebih lembut, menenangkan, dan tetap terjaga kelembabannya. 

Namun, jika kebetulan kamu tidak kemana-mana, kamu bisa menggunakan pelembab alami lainnya, untuk perawatan di rumah. Mulai dari pelembab dari madu, alpukat, mentimun, yogurt, dan oatmeal lainnya.

4. Menggunakan Krim Tabir Surya (Sunscreen)

Cara mengatasi wajah berminyak yang selanjutnya adalah menggunakan krim tabir surya atau sunscreen. Dalam memilih krim tabir surya, kamu juga perlu memperhatikan kandungannya, dan memilih produk yang tidak menambah minyak pada kulit. 

Sunscreen bisa membantu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Pilihlah produk sunscreen yang bisa digunakan oleh kulit normal maupun berminyak. 

Sunscreen yang bagus, umumnya memiliki kandungan SPF sampai dengan 30/PA++, ditambah berbagai vitamin seperti B5, E, C, dan vitamin lainnya. Sehingga bisa digunakan saat beraktivitas sehari-hari.

5. Menggunakan Kertas Minyak (Blotting Paper)

Cara mengatasi wajah berminyak yang paling cepat dan paling praktis berikutnya adalah dengan menggunakan kertas minyak. Selain mudah dibawa dan diaplikasikan, kertas minyak juga cukup ampuh hilangkan kilap di wajah. 

Karena tugasnya hanya menghilangkan minyak di permukaan wajah, sehingga kamu tidak bisa mengandalkan kertas minyak untuk mengontrol produksi sebum.

Jadi, kamu bisa gunakan kertas minyak jika dalam keadaan mendesak saja, atau jika ingin wajah tidak terlihat kilap, yang bisa menyebabkan wajah kusam dan mudah berjerawat.

6. Menggunakan Masker Lumpur

Masker lumpur di sini sangat berperan untuk membantu mengurangi dan mengangkat produksi minyak berlebih di wajah. Cara mengatasi wajah berminyak ini juga bisa mengurangi kilap di wajah lebih lama. 

Pasalnya, masker lumpur sangat baik untuk mengurangi minyak karena kandungan mineral, seperti smectite atau bentonite. Kamu bisa gunakan masker lumpur ini rutin seminggu sekali, agar hasil maksimal.

7. Rutin Melakukan Eksfoliasi di Rumah

Cara mengatasi wajah berminyak, juga bisa dilakukan dengan cara rutin eksfoliasi di rumah. Apa itu eksfoliasi? Eksfoliasi wajah merupakan salah satu cara untuk mengangkat sel-sel kulit mati. 

Eksfoliasi juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, menyamarkan kerutan, dan mencegah pori-pori tersumbat, akibat produksi minyak berlebih. 

Tidak sembarang, dalam melakukan eksfoliasi, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal berikut, seperti gunakan alat sesuai jenis, melakukan gerakan yang lembut, rutin, hingga menggunakan bahan alami.

8. Hindari Menyentuh Wajah Sebelum Mencuci Tangan

Cara mengatasi wajah berminyak yang terakhir adalah menghindari sentuhan ke wajah, sebelum kamu mencuci tangan. Terlebih, kini juga musim Covid-19, di mana virus sangat mudah masuk, salah satunya lewat pori-pori wajah. 

Sehingga, tidak hanya membuat menyebarkan kuman penyebab jerawat, sentuhan tangan yang kotor juga bisa menyebarkan virus. 

Jadi biasakan, cuci tangan sebelum menyentuh wajah. Hilangkan juga kebiasaan menyentuh wajah sembarangan. 

Itu dia beberapa cara mengatasi wajah berminyak dengan mudah dan cepat, yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Adapun, jika wajah berminyak kamu hiraukan dan meremehkan cara mengatasi wajah berminyak di atas, besar kemungkinan masalah lain pada kulit wajah kamu, akan bertambah. 

(Baca Jug: Urutan Skincare Terbaik untuk Jerawat)

Tak Rajin Atasi Wajah Berminyak, Bisa Timbulkan Masalah Lain

Terutama munculnya jerawat membandel yang sulit hilang. Minyak yang dibiarkan dan tidak segera diatasi, akan menyumbat pori-pori, sehingga hal tersebut menghambat fungsi pori-pori untuk mengeluarkan keringat dari tubuh dan tempat keluarnya keringat. 

Nah, ketika pori-pori yang sudah tersumbat ini tidak dibersihkan, maka debu dan kotoran dapat menempel. Minyak di wajah dan kotoran akan tercampur, dan tambah menyumbat pori-pori. 

Di sini lah kuman akan bersarang dan muncul jerawat. Masalah jerawat yang terjadi pada jenis wajah berminyak, biasanya akan sulit untuk sembuh. Dimana jerawat akan lebih mudah meradang, dan akan menjadikannya masalah baru. 

Mulai dari kulit kemerahan, peradangan jerawat, dan lain-lain. Setelah terjadinya hal ini, cara mengatasi wajah berminyak saja tidak cukup. Karena, kamu perlu datang ke dokter spesialis kulit. 

Jika, kamu sudah mencapai masalah tersebut, akan lebih baik rutin konsultasikan ke dokter spesialis kulit terbaik. Ada banyak dokter spesialis kulit yang bagus, dalam mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat. 

Banyak Promo Menarik dari Kartu Kredit untuk Perawatan di Klinik Kecantikan 

Agar lebih praktis dan sebagai pasien bisa mendapatkan keuntungan ganda, jangan lupa gunakan kartu kredit, sebagai jenis pembayarannya. Klinik dokter kulit, juga sering memberikan banyak promosi, dengan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit tertentu. 

Seperti promo cicilan 0 persen untuk perawatan kulit, belanja produk skin care di klinik dokter kulit, diskon, hingga harga khusus. 

Yuk, ajukan kartu kredit terbaik terlebih dahulu hanya di CekAja.com, sebelum mantap melakukan perawatan di klinik dokter kulit, agar kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Mendapatkan wajah bersih dan promo menarik. 

Segera kunjungi situs CekAja.com, dan dapatkan kartu kredit terbaik pilihanmu!