Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Strategi Membuat Bisnismu Punya Merk Terkenal

by Ariesta on 2 Maret, 2016

tips bisnis sukses _ pinjaman usaha - CekAja.com

Mulai dari toko online hingga bisnis kecil rumahan, beberapa strategi yang diungkapkan di artikel ini bisa diterapkan bila ingin ciptakan merk yang kamu ciptakan lebih terkenal. Mudah lho.

Apakah kamu baru saja mulai berbisnis? Kenapa tidak langsung membuat produkmu menjadi merek premium demi keuntungan berlipat? Beberapa brand telah sukses memosisikan diri di merk premium dengan harga jual yang tentu saja mahal.

Meski kamu batu pertama kali berbisnis, jangan ragu untuk menempatkan produkmu di jajaran produk kelas atas dengan pangsa pasar orang berduit. Mengapa? Karena jika sejak awal kamu sudah melabeli produkmu sebagai barang  bermerk, ke depannya produkmu akan dianggap demikian. Penasaran bagaimana tips membuat produk jadi merk premium? Simak ulasannya berikut ini.

Menetapkan harga tinggi

PSD

Ya, cara terbaik untuk memosisikan produkmu sebagai produk branded adalah dengan menetapkan harga tinggi. Harga merupakan alat psikologi yang memberikan nilai lebih pada sebuah produk. Istilah harga menentukan kualitas memang masih dianut oleh banyak orang.

Sebagai contoh, produk buatan Jepang terkenal berkualitas meskipun harganya mahal, dibandingkan dengan produk asal Tiongkok yang murah tapi cepat rusak. Masih banyak orang yang menganggap ongkos produksi dan kualitas bahan yang berkualitas menentukan harga jual produk yang bermutu tinggi. (Baca juga: 4 Ide Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dicontek)

Cara ini sudah dilakukan oleh merk Petersaysdenim. Jika dulu sebuah t-shirt bisa dibandrol mulai Rp50.000, Peter Firmansyah pemiliknya berani menetapkan harga minimal Rp200.000 untuk sepotong t-shirt. Semua orang tahu modal sebuah t-shirt berkualias paling baik hanya Rp30.000-Rp40.000. Begitu juga dengan celana jins, dia menetapkan harga di atas Rp500.000 hingga Rp1.000.000. Peter ingin line clothing-nya dikenal sebagai produk branded dan hanya kalangan bergengsi saja yang mampu membeli.

Kualitas bahan

joseph

Tapi jangan lupa, setelah kamu menetapkan harga tinggi, kamu harus menjamin bahwa produk yang kamu jual benar-benar berkualitas. Kalau kamu mengecewakan konsumen yang sudah rela membayar mahal, dijamin bisnismu langsung ambruk karena konsumen kehilangan kepercayaan. Jangan ragu untuk mencari bahan-bahan terbaik di kelasnya meskipun harganya lebih mahal.

Hal ini sudah dilakukan oleh Joseph’s Toiletries toilet paper sebagai merk mewah tisu toilet. Ya, kamu tidak salah baca. Bahkan tisu toilet pun bisa disulap sebagai barang mewah di mana hanya orang berduit yang bisa membelinya. (Baca juga: 6 Usaha Kecil Rumahan dengan Modal Pas-Pasan)

Joseph’s Toiletries toilet paper merupakan tisu yang terbuat dari selulosa hibrida yang pastinya aman untuk kulit sensitif dan ramah lingkungan. Setiap helainya dilapisi provitamin B5 dan mineral esensial. Tisu ini juga berdaya serap tinggi dengan lapisan luar yang menjaga kelembaban dan kelembutan kulit.

Mau tau harganya? Satu paket Joseph’s Toiletries toilet paper yang terdiri dari 25 kardus tisu, 10 botol gentle cleansing, dan 5 botol balancing care dijual seharga USD 956 atau Rp12.810.400 (USD 1 = Rp13.400). Tak heran, tisu ini wajib ada di kamar mandi Gwyneth Paltrow dan dijadikan bingkisan untuk para nominator Oscar 2016.

Logo dan desain interior toko

starbucks

Kalau ingin produkmu dikenal sebagai barang branded, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah serius memikirkan logo. Pelajari bagaimana desain logo produk branded luar negeri. Buat logo yang sangat mempresentasikan produkmu dan mudah diingat.

Dan kalau kamu berniat membuka store, perhatikan desain interior toko. Apakah klasik, modern, elegan, semuanya boleh-boleh saja asal jangan murahan. Sebagai contoh, kamu bisa mencontek ilmu dari logo dan desain interior outlet Starbucks di seluruh dunia. Jika kamu merasa ingin berlama-lama nongkrong di Starbucks, inilah yang harus kamu lakukan agar konsumen betah di tokomu.

Endorse orang terkenal

PSD3

Awalnya Petersaysdenim tidak begitu dikenal, sampai kemudian band-band ternama seperti  Mice & Man, We Shot The Moon, dan Before Their Eyes, dari Amerika Serikat; kemudian I am Committing A Sin, dan Silverstein dari Kanada; serta Not Called Jinx dari Jerman mengenakan produk Petersaysdenim. (Baca juga: Mengenal Jenis Kredit Pinjaman UKM Sebagai Modal Usaha)

Bahkan, kaus dan jins asli Bandung itu juga menjadi kostum manggung favorit mereka.  Para personel band tersebut bertubi-tubi menyampaikan pujiannya dalam situs Petersaysdenim. Pada situs-situs internet kelompok musik yang disebutkan tadi, label Petersaysdenim juga tercantum sebagai sponsor. Petersaysdenim pun bersanding dengan merek-merek kelas dunia yang menjadi sponsor, seperti Gibson, Fender, Peavey, dan Macbeth.

Nah, kalau ingin produkmu dikenal sebagai produk bermerk, kamu harus gigih untuk membuat orang terkenal memakai produkmu. Jangan hanya terbatas selebriti lokal, tapi juga selebriti internasional. Terbukti, cara ini menjadi branding yang ampuh.

Tentang Penulis